Membuat Lantai Lebih Indah dengan Epoxy

Posted by purnosidi
on 17/09/2016

Membuat lantai lebih indah dengan Epoxy? Bagaimana cara dan tips tepatnya? Epoxy lantai atau lebih dikenal dengan epoxy flooring merupakan salah satu cara untuk menjaga lantai tetap indah. Epoxy lantai sendiri adalah suatu metode finishing lantai menggunakan lapisan epoxy yang terdiri dari campuran beberapa zat, yaitu epoxy resin dan hardener dengan komposisi yang telah ditentukan.

Epoxy lantai biasanya digunakan pada lantai suatu bangunan pabrik, rumah pribadi, work shop, bengkel, gudang, dan bangunan lain yang tidak membutuhkan perawatan gedung terlalu sering.

Apa itu Epoxy ?

Sebelum jauh berkenalan tentang epoxy lantai dan mengetahui cara membuat lantai lebih indah dengan Epoxy, epoxy sendiri adalah suatu bahan polymer yang tahan degradasi unsur kimia padat. Nah lantai yang telah diberikan dengan campuran epoxy resin dan hardener akan menjadi lantai yang bebas pollutant dan kontaminasi yang dapat merusak struktur lantai dikarenakan oleh reaksi kimia campuran kedua zat tersebut.

Seperti yang dijelaskan di atas, epoxy lantai memiliki dua komponen utama, yaitu resin yang bersifat ringan, transparan dan tidak membuat bau, lalu hardener atau sebuah zat komponen pengeras yang memiliki warna gelap dan agak berbau. Pada dasarnya permukaan lantai yang bisa dilapisi oleh epoxy bermacam-macam, antara lain beton, kayu, logam, ubin, dan masih yang lain yang bisa dilapisi oleh epoxy. Epoxy lantai selain tahan akan pollutant dan kontaminasi seperti reaksi bahan kimia yang bersifat korosif seperti alkali, thinner, bensin, dan lain-lain, juga sangat tahan terhadap abrasi yang kemungkinan bisa terjadi.

Epoxy lantai biasanya memiliki tebal kisaran 2000 micron, untuk ketebalan yang lebih tips misalnya 500 sampai 1000 micron disebut dengan epoxy coating. Umumnya untuk waktu pengeringan epoxy lantai yang tebalnya diatas 1000 micron bisa mencapai 1 hingga 2 hari, hal ini tergantung juga dengan kondisi yang ada pada lapangan, seperti suhu udara, kelembaban udara, sirkulasi udara, dan sebagainya.

Jenis-jenis Epoxy Lantai

Melakukan pelapisan permukaan lantai agar membuat lantai lebih indah dengan Epoxy pastinya harus menentukan ketebalan dari epoxy itu sendiri, nah berdasarkan tingkat ketebalan, epoxy lantai dibagi menjadi berbagai macam, antara lain :

1. Epoxy Coating yang merupakan pengaplikasian epoxy dengan cara melapiskan ke permukaan lantai pada tingkat ketebalan 300 sampai 500 micron.

2. Epoxy Floor Coating yang merupakan pelapisan pada permukaan lantai dengan tingkat ketebalan 1000 hingga 3000 micron.

3. Epoxy Mortar yang merupakan Pelapisan yang dilakukan hingga mendapat ketebalan 3 mili hingga 5 milimeter.

Selain ketiga jenis epoxy lantai berdasarkan tingkat ketebalan yang telah disebutkan, ada juga jenis lainnya, seperti epoxy micro seal, epoxy injection, urethane coating, epoxy water proofing dan fiber meet.

Keuntungan Menggunakan Epoxy Lantai

Selain menjadi lebih indah, menggunakan epoxy lantai juga memiliki keuntungan lain, seperti tidak repot untuk dibersihkan, keuntungan lain menggunakan epoxy lantai, antara lain:

1. Menambah daya ikat pada permukaan yang dilapisi oleh epoxy sehingga menjadikan permukaan tidak mudah retak dan kuat.

2. Mempunyai tingkat korosit yang rendah karena epoxy tidak menyerap polutan serta zat lain.

3. Memberikan daya tambahan jika permukaan diberi beban.

4. Tahan terhadap panas.

5. Mempunyai daya rekat yang sangat kuat.

6. Mudahnya mengaplikasikan epoxy ke permukaan lantai.

7. Epoxy merupakan zat yang tahan terhadap reaksi kimia, sehingga sangat baik untuk diterapkan pada ruangan yang sering digunakan untuk penelitian yang menggunakan bahan-bahan kimia.

Penggunaan Epoxy lantai sangat baik untuk diaplikasikan di sebuah gedung yang tidak memiliki cost terlalu besar untuk perawatan. Lantai gudang, lantai pabrik produksi, lorong pada rumah sakit, laboratorium percobaan sangat dianjurkan untuk memakai epoxy lantai.

Demikianlah setidaknya bagaimana cara membuat lantai lebih indah dengan Epoxy. Serahkan proyek pengerjaan epoxy lantai Anda pada Nikifour. Kami telah berpengalaman dengan pengaplikasian epoxy hampir pada banyak bidang area industri.

Berikut ini beberapa contoh hasil aplikasi Epoxy Flooring yang kami ambilkan dari: Elite Crete Systems Canada

1. Epoxy pada Lantai Garasi

Membuat lantai lebih indah dengan Epoxy

2. Garage Floors – Flake Broadcast

garage-floors-flake-broadcast

3. REFLECTOR™ Enhancer Flooring – Living Room 1

Membuat lantai lebih indah dengan Epoxy

4. KBS Coatings – REFLECTOR™ Enhancer Bath

Membuat lantai lebih indah dengan Epoxy

5. Traditional Patio

Membuat lantai lebih indah dengan Epoxy

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id