Mau Pakai VPN? Harus Tahu Dulu Beberapa Hal Penting Ini!

Panduan Menggunakan VPN

Mau Pakai VPN? Harus Tahu Dulu Beberapa Hal Penting Ini! Isu dan berita tentang penggunaan VPN baru-baru ini banyak dibicarakan di media social. Klaimnya sebagai salah satu cara untuk mendapatkan jaringan yang berbeda dari jaringan internet pada umumnya. Benarkah? Hal ini kemudian memunculkan banyaknya permintaan pemasangan VPN, layaknya yang dialami oleh salah satu jasa jaringan, PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Kemudahan akses di Indonesia sebenarnya tak perlu diragukan lagi. Bisa dilihat dari adanya sumber wifi dimana-mana, dan hamper ada di semua tempat,seperti mall, rumah makan, bahkan rumah sakit. Tak heran memang jika isu mengenai VPN, menjadi sesuatu yang segar dibicarakan oleh para pengguna internet saat ini. Hal ini karena memang sekarang orang awampun sangat bisa menggunakan internet dengan bebas. Namun sebenarnya selain bahasan mengenai pemasangan dan penggunaan VPN, ada banyak hal lain yang harus diketahui, agar para pengguna tak salah langkah. Nah, dalam artikel ini akan dibahas secara detail dan lengkap mengenai VPN, fungsinya, pemasangan, hingga keuntungan dan kerugian penggunaannya. Disimak sampai akhir ya!

Apa yang dimaksud dengan VPN?

Awalnya, tren penggunaan VPN ini muncul di kalangan perusahaan besar. Sesuai dengan namanya yaitu Virtual private network, atau sama dengan jaringan virtual yang sifatnya private atau pribadi,penggunaan VPN ini sebenarnya diniatkan oleh perusahaan untuk bisa mendapatkan jaringan dan sistem internet yang aman, terfokus, dan terpercaya. Karena itu dibangunnya sistem internet yang kemudian hanya bisa diakses secara private. Namun seiring perkembangan zaman, ternyata penggunaan VPN saat ini bukan hanya ditujukan sebagai salah satu solusi dalam perusahaan atau bidang pekerjaan, melainkan banyak juga digunakan dan dinikmati sebagai kebutuhan personal, entah itu untuk kegiatan hiburan, mencari informasi, dan lain-lain. VPN memungkinkan perlindungan, dan penyembunyian data-data dan aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Itulah yang membuat jaringan ini ternyata digunakan, dan masih laris sampai saat ini.

VPN memungkinkan kamu untuk mengakses jaringan dalam jalur yang berbeda. Misalnya saja kamu berada di kota Jakarta. Kamu terhubung dengan pusat server VPN yang berada di daerah Bandung. Kamu yang awalnya hanya bisa menikmati akses data di daerah Jakarta saja, menjadi bisa mengakses informasi di kota bandung, karena bantuan jaringan VPN yang kamu gunakan. Ini juga berlaku untuk Negara lain, bukan hanya kota dalam regional Negara yang sama.

Bagaimana cara kerja dari jaringan VPN?

Kalau mengakses konten keseharian, misalnya seperti social media, lalu asyik-asyikan di Google, dan lainnya, yang tidak mengandung rahasia penting, mungkin penggunaan VPN tak akan terlalu kamu rasakan manfaat dan perbedaannya. Namun ini akan menjadi 100% berbeda ketika kamu harus berinteraksi dengan data-data rahasia dan penting. Bagaimana caranya agar data tak terbaca pihak luar? Bagaimana tahapannya agar data bisa ditransaksikan tanpa harus takut dipotong jalurnya oleh hacker? Nah, salah satunya adalah dengan sistem vpn. Adanya sistem VPN ini memungkinkan terjadinya enkripsi data yang kamu miliki, untuk kemudian diteruskan secara aman ke tujuan atau pusat VPN.

Cara kerja VPN ini memungkinkana danya akses dan olah data tanpa bisa ketahuan oleh jaringan internet umum, yang biasanya digunakan oleh orang kebanyakan. Singkatnya VPN ini seperti terowongan rahasia di bawah jalan umum. Jika orang biasanya menggunakan jalanan umum tersebut, maka kamu menggunakan terowongan rahasia, sehingga pergerakan dan aktivitasmu tidak akan ketahuan.

Jadinya, apa manfaat pakai VPN?

Setelah membaca penjelasan mengenai VPN, kamu mungkin sudah mulai bisa menggambarkan beberapa keuntungan yang biasanya didapatkan oleh pengguna VPN. Yang pertama adalah pastinya keamanan aktivitas selama menggunakan internet. Hal ini memang didukung oleh teknologi canggih, yang memyngkinkan untuk menciptakan terowongan rahasia dalam sistem internet yang sangat luas dna transparan. Hampir semua data dan informasi pribadi orang lain bisa kita dapatkan melalui internet, namun lewat penggunaan VPN, ternyata masih ada celah untuk menggunakan internet dengan rahasia.

Keuntungan yangs elanjutnya adalah adanya kesempatan bagi kamu untuk mengakses jaringan dan konten di daerah yang berada di luar teritorial. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, misalnya kamu adalah penduduk Jakarta, yang tak bisa menikmati jaringan dari kota lainnya, jika menggunakan jaringan internet biasa. Lalu kamu memutuskan untuk menggunakan VPN, yang memiliki pusat di beberapa kota lain, maka secara otomatis kamu akan mendapatkan otorisasi atau izin untuk mengakses informasi dan konten yang beredar di wilayah tersebut. Hal ini sering disebuts ebagai bypass, atau kemungkinan melewati batas-batas geografi dalam mengakses internet.

Keuntungan lainnya adalah ketatnya penjagaan data. Ini berlaku jika kamu menggunakan VPN untuk kebutuhan kolektif ataupun personal. Teknologi pengaman yang ada akan menampilkan identitasmu sebagai anonim, atau tidak terdeteksi, hal ini akan memungkinkan rahasia mu terjaga, begitu juga dengan identitasmu, yang tak bisa diakses orang lain, tanpa izin.

Lalu apa kekurangan penggunaan VPN?

Setelah mengetahui kelebihan VPN, kekurangannya sebenarnya terletak di beberapa aspek. Yang pertama adalah mengenai kecepatan dan stabilitas jaringan. Karena memang menggunakan jaringan yang sistemnya beda dari jaringan internet pada umumnya, menyebabkan jaringan VPN lebih rentan untuk menjadi tidak stabil. Hal ini juga diikuti dengan kemungkinan koneksinya yang lebih lelet, jika dibandingkan dengan internet yang digunakan secara public. Hal ini tentu saja akan memberikan gangguan bagi kamu yang memerlukan bekerja dalam koneksi yang gesit tiap harinya.

Kesulitan yang kedua adalah terletak pada instalasi dan proses konfigurasi VPN. Hal ini biasanya hanya dilakukan oleh profesional saja, sebab memang akan jadi ribet jika dilakukan oleh yang belum benar-benar memahami jalan kerja dan instalasi VPN. Namun mengenai ini kamu tak perlu khawatir, sebab saat ini sudah banyak kok jasa pemasangan VPN yang bisa kamu andalkan, salah satunya adalah PT Nikifour Kontraktor di Karawang, yang memberikan pelayanan dalam kosnultasi sekaligus pemasangans egala jaringan internet, dari VPN, hingga LAN, WAN, dan MAN.

Apakah penggunaan VPN ini aman?

Sebenarnya masalah ini tergantung lagi dari instalasi dan konfigurasi tadi. Biasanya jalur yang aman memang dikerjakan oleh ahlinya, sehingga tidak memunculkan resiko kebocoran data. Karena itulah bagi kamu yang berniat untuk mencoba menggunakan VPN, sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemasangan, layaknya PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan VPN, akan sangat baik jika kamu menyesuaikan dulu pola penggunaan internet dan juga kebutuhanmu, apakah memang membutuhkan penggunaan VPN atau tidak.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?