Masalah-Masalah Yang Sering Muncul Pada Pekerjaan Pelapisan Epoxy

Masalah-Masalah Yang Sering Muncul Pada Pekerjaan Pelapisan Epoxy

Apa saja masalah-masalah yang sering muncul pada pekerjaan pelapisan epoxy? Jika memiliki pengalaman yang besar bekerja dengan menggunakan lapisan epoxy seperti kami, PT Nikifour Kontraktor di Karawang, anda akan tahu jika penggunaan lapisan epoxy ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak isu yang mungkin muncul pada saat pemasangan lapisan epoxy. Hal ini sangat berkebalikan dengan pendapat yang ada di masyarakat dimana banyak yang berpikir bahwa pelapisan epoxy dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Di luar sana banyak orang yang berpikir bahwa penggunaan epoxy resin bisa dilakukan hanya dengan memberikan lapisan pada lantai kemudian membiarkannya mengeras. Jika anda sudah pernah mengerjakan pekerjaan dalam dunia lapisan epoxy resin ini, anda pasti tahu bahwa ada banyak faktor yang perlu diperhatikan ketika akan membuat lapisan pada sebuah permukaan dengan menggunakan epoxy resin. Jika tidak dilakukan dengan baik dan profesional, lapisan epoxy tidak akan berhasil dalam pengaplikasiannya.

Beberapa faktor yang tidak diperhatikan dengan baik, bisa menyebabkan masalah-masalah pada lapisan epoxy anda. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering muncul pada lapisan epoxy yang tidak di kerjakan dengan teliti.

Lapisan Epoxy yang Mengelupas

Salah satu masalah yang sering muncul ketika pengaplikasian lapisan epoxy tidak dilakukan dengan tepat adalah pengelupasan dari lapisan epoxy yang sudah kering. Lapisan epoxy merupakan lapisan yang harus diaplikasikan pada waktu yang tepat dan pada permukaan yang tepat. Ketika anda tidak mengaplikasikan cairan epoxy pada waktu yang tepat, lapisan epoxy dapat dengan mudah mengelupas. Pengelupasan lapisan epoxy, sering terjadi ketika anda mengaplikasikan cairan epoxy ketika ia terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Selain itu pengaplikasian cairan epoxy harus dilakukan pada permukaan yang tepat. Sebuah permukaan yang akan dilapisi dengan menggunakan cairan epoxy, perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Jika anda tidak bisa mempersiapkan permukaan dengan tempat, hasil akhir epoxy tidak akan maksimal. Salah satunya adalah ia menjadi lebih mudah mengelupas. Akan sangat disayangkan bukan? Mengingat pekerjaan pelapisan epoxy bukan hal yang murah.

Kelembaban yang Terjebak di Bawah Lapisan Epoxy

Ketika anda menggunakan pelapisan epoxy, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan tingkat kelembaban yang dimiliki oleh bahan yang akan anda lapisi. Perbedaan suhu yang terlalu tinggi pada lapisan epoxy dan lapisan beton, dapat menyebabkan penguapan kelembaban udara diantara kedua bahan tersebut. Apalagi jika sebelum dipasang beton yang anda miliki belum benar-benar kering.

Penggunaan lapisan epoxy beton yang belum terlalu kering, akan menyebabkan beberapa masalah. Masalah pertama adalah munculnya gelembung-gelembung udara pada lapisan epoxy anda. Hal ini dapat menyebabkan tampilan dari lapisan epoxy anda menjadi kurang menarik. Masalah lainnya yang akan muncul adalah mengenai kesatuan antara lapisan epoxy dengan beton. Ketika beton yang anda miliki belum cukup kering, suhu yang terlalu tinggi dari lapisan epoxy akan mengeringkan air yang ada di dalam beton. Air ini kemudian akan menguap menjadi udara dan menyebabkan lapisan beton dan lapisan epoxy tidak bisa bersatu.

Lalu bagaimana caranya untuk menghindari hal ini? Untuk menghindarinya anda bisa melakukan testing untuk melihat kelembaban beton yang akan anda lapisi dengan menggunakan cairan epoxy. Akan lebih baik bagi anda untuk menggunakan jasa yang sudah profesional seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang, sehingga mereka tidak akan melakukan kesalahan mengenai waktu aplikasi lapisan epoxy pada permukaan beton anda.

Warna yang Tidak Konsisten

Salah satu masalah yang sering muncul pada pemasangan epoxy adalah warna yang tidak konsisten. Warna yang tidak konsisten pada pengaplikasian lapisan epoxy bisa disebabkan karena beberapa hal. Apa saja penyebab dari warna yang tidak konsisten pada lapisan epoxy anda? Berikut ini adalah alasannya. 

Kesalahan dalam Proses Mixing

Salah satu penyebab dari warna yang tidak konsisten pada hasil akhir pemasangan lapisan epoxy adalah karena kesalahan pada proses mixing. Sebelum diaplikasikan ke rumah epoxy harus dicampur dengan beberapa bahan. Jika pencampuran tidak dilakukan dengan tepat, ada banyak efek yang mungkin terjadi. Mulai dari cairan epoxy yang tidak mau mengental dan kering hingga cairan epoxy yang memiliki hasil dengan warna yang tidak konsisten.

Proses Persiapan Permukaan yang Tidak Dilakukan Dengan Benar

Selain disebabkan karena proses mixing yang salah, warna pada hasil akhir pelapisan epoxy bisa juga tidak konsisten karena proses persiapan permukaan lantai tidak dilakukan dengan tepat. Sebuah permukaan lantai yang akan di peroleh dengan menggunakan lapisan epoxy harus dipersiapkan terlebih dahulu. Proses persiapan ini dilakukan dengan membersihkan dan juga mengamplas bagian permukaan yang ingin anda lapisi dengan epoxy. Pembersihan permukaan, ditunjukkan untuk menghilangkan kotoran baik debu hingga minyak pada permukaan lapisan beton. Keberadaan minyak pada lapisan beton akan menyebabkan warna akhir dari pekerjaan epoxy anda menjadi tidak konsisten. Selain itu jika kondisi permukaan tidak dipersiapkan dengan baik, lapisan epoxy juga tidak bisa menempel dengan maksimal pada lapisan beton anda.

Penempatan Epoxy yang Salah

Lapisan epoxy bisa digunakan untuk banyak kebutuhan. Salah satunya adalah untuk melapisi lantai baik lantai yang ada di dalam ruangan maupun lantai yang ada di luar ruangan. Sayangnya ketika anda menggunakan lapisan epoxy di luar ruangan, hal ini bisa menyebabkan warna dari lapisan epoxy menjadi tidak konsisten. Penggunaan lapisan epoxy di luar ruangan, akan menyebabkan lapisan epoxy terpapar sinar ultraviolet dalam waktu yang lama. Sinar UV merupakan salah satu jenis sinar yang paling berbahaya di dunia bukan hanya mengubah warna dari lapisan epoxy, sinar UV juga dapat menyebabkan perubahan warna pada perkakas lain. Oleh karena itu, jangan tanya jika lapisan epoxy yang anda pasang di luar ruangan mengalami perubahan warna ya!

Solusi untuk Masalah Masalah yang Mungkin Muncul pada Pengerjaan Epoxy

Dilihat dari uraian di atas kita sudah tahu bahwa ada banyak sekali masalah yang mungkin muncul pada pekerjaan epoxy. Masalah-masalah di atas sesungguhnya bisa diatasi dengan mudah. Solusi untuk mengatasi masalah di atas antara lain adalah:

Melakukan Persiapan Permukaan Lantai dengan Benar

Persiapan permukaan lantai yang akan dilapisi dengan epoxy adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena pelapisan permukaan lantai dengan menggunakan epoxy, tidak akan berhasil jika anda tidak mempersiapkan lantai anda dengan baik. Oleh karena itu, sebelum anda melakukan pekerjaan pelapisan ini, pastikan anda pelajari terlebih dahulu mengenai cara yang paling benar dalam mempersiapkan permukaan lantai anda.

Menggunakan Jasa yang Profesional

Jasa yang profesional merupakan solusi utama yang bisa kami berikan. Dengan menggunakan jasa pemasangan lantai epoxy yang profesional, anda bisa mendapatkan solusi dari segala masalah yang kami sebutkan sebelumnya. Jasa yang profesional hanya akan menggunakan cairan epoxy yang berkualitas sehingga ketika dipasang diluar ruangan mereka tidak akan mudah berubah warna. Selain itu masalah mixing dan juga masalah pengaplikasian bukan masalah yang besar bagi mereka. Jika anda ingin menggunakan jasa yang sudah profesional, PT Nikifour Kontraktor di Karawang bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..