Kontraktor Konstruksi Industri Karawang, Solusi Tepat untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Kawasan Industri

Apakah anda sedang mencari jasa konstruksi? Pastikan anda tidak melewatkan artikel ini. Kali ini kita akan membahas mengenai kontraktor konstruksi industri Karawang yang tidak hanya menyediakan jasa konstruksi bangunan, namun menyediakan jasa maintenance gedung pabrik juga. Sehingga, informasi ini penting bagi anda yang sedang mencari jasa kontraktor industri.

Apa Itu Jasa Konstruksi?

Jasa konstruksi adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan jasa berupa kegiatan pembangunan. Kegiatan pembangunan tersebut bisa berupa perencanaan, pengawasan, hingga pemeliharaan. Sehingga, jasa konstruksi memiliki cakupan kerja yang sangat luas.

Orang-orang yang bekerja di bidang konstruksi bertanggung jawab pada setiap proses pembangunan proyek. Proses pembangunannya tidak hanya dilihat dari bentuk fisiknya saja, namun jasa konstruksi sudah mulai bekerja sejak konsultasi desain hingga perencanaan.

Ruang Lingkup Kerja Jasa Konstruksi

Ruang lingkup kerja jasa konstruksi sangat luas. Proyek yang dikerjakan bisa berupa konstruksi bangunan gedung pabrik, rumah, jalan raya, jalan tol, bandar udara, dan pembuatan bendungan.

Jasa konstruksi juga berhubungan dengan jasa instalasi listrik, distribusi minyak dan gas, dan pemasangan jasa telekomunikasi. Ruang lingkup ini menyebabkan banyaknya perusahaan jasa kontraktor bangunan yang memiliki keahlian tertentu. Namun, ada juga yang menyediakan jasa konstruksi lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa.

Kualifikasi Jasa Konstruksi

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai kualifikasi jasa konstruksi berdasarkan Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2017. Adapun kualifikasi jasa konstruksi ini penting untuk anda ketahui sebagai dasar yang bisa digunakan dalam memilih jasa konstruksi yang sesuai untuk anda.

Kualifikasi jasa konstruksi ditentukan berdasarkan kemampuan usaha yang dimiliki perusahaan konstruksi. Anda pun bisa melihat kualifikasi ini pada kontraktor konstruksi industri Karawang. Beberapa kualifikasi dalam jasa konstruksi, sebagai berikut:

1. Kualifikasi Kecil

Kualifikasi kecil berhubungan dengan pelaksanaan kerja yang sederhana. Menggunakan alat kerja yang tidak rumit dan sederhana. Biasanya pekerjaan ini tidak membahayakan lingkungan dan keselamatan umum.

Pengerjaan konstruksi dengan kualifikasi kecil memiliki risiko yang kecil. Bahkan, biayanya pun tidak terlalu besar. Pekerjaan ini, misalnya pemasangan interior bangunan yang sederhana.

2. Kualifikasi Menengah

Selanjutnya, kualifikasi menengah mencakup kegiatan konstruksi yang menggunakan banyak tenaga dan peralatan. Bahkan, alat-alat yang digunakan berupa alat berat yang dapat membahayakan keselamatan umum.

Selain itu, kualifikasi konstruksi tingkat menengah ini memerlukan pengamanan yang cukup ketat karena dapat berisiko merusak lingkungan. Sehingga, pada tingkat ini biaya yang dibutuhkan juga tergolong mahal, namun masih terjangkau. Tingkat menengah ini biasanya dilakukan jasa kontraktor rumah saat membangun rumah anda.

3. Kualifikasi Besar

Kualifikasi konstruksi besar mencakup pada pengerjaan konstruksi dengan menggunakan alat-alat berat. Bahkan, pengerjaan ini menggunakan banyak teknologi canggih. Selain itu, kualifikasi konstruksi di tingkat ini memerlukan tenaga kerja yang banyak yang diatur dalam suatu struktur perusahaan konstruksi.

Pengerjaan konstruksi tingkat ini memerlukan biaya yang besar dan risiko yang besar pula. Pengerjaannya dapat membahayakan keselamatan umum dan dapat merusak lingkungan. Contohnya yaitu proyek pembangunan jalan tol dan bandar udara.

Jenis-Jenis Jasa Konstruksi

Berdasarkan ruang lingkup yang besar, maka terdapat berbagai klasifikasi jasa konstruksi yang perlu anda ketahui. Klasifikasi jasa konstruksi tersebut dapat dibedakan berdasarkan fungsi dan peranannya. Jenis-jenis jasa kontruksi ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 , sebagai berikut:

1. Jasa Konsultan Konstruksi

Jenis ini menyediakan jasa berupa perencanaan, pengawasan dan manajemen konstruksi. Sehingga, kegiatan ini bisa dilakukan baik oleh perorangan ataupun perusahaan dalam mengatur proses konstruksi di tahap perencanaan dan pengawasan.

Klasifikasi umum dari jenis jasa konsultan konstruksi, yaitu arsitektur, rekayasa, rekayasa terpadu, dan arsitektur lanskap serta perencanaan wilayah. Sedangkan, untuk klasifikasi spesialisnya terdiri dari pengujian analisis teknis dan konsultasi ilmiah teknis.

Peran jasa konsultan konstruksi yaitu memberikan saran terkait dengan proses pembangunan yang akan anda lakukan. Misalnya, anda ingin berkonsultasi terkait dengan desain interior, maka anda bisa melakukan konsultasi dengan jasa kontraktor interior khususnya di bidang arsitektur bangunan.

2. Pekerjaan Konstruksi

Jenis kedua yaitu jasa konstruksi yang menyediakan layanan berupa pengerjaan konstruksi secara langsung. Pekerjaannya terdiri dari, pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan. Perusahaan yang menawarkan jasa ini semakin banyak, sehingga anda tidak akan sulit menemukannya.

Terdapat pekerjaan konstruksi umum yang bisa anda temukan, yaitu pengerjaan bangunan gedung dan bangunan sipil yang biasanya dikerjakan oleh jasa konstruksi. Sedangkan, untuk pekerjaan konstruksi spesialis, terdiri dari pengerjaan konstruksi khusus, konstruksi prefabrikasi, penyewaan peralatan, instalasi, persiapan pembangunan, dan penyelesaian bangunan.

3. Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi

Jenis yang ketiga yaitu pekerjaan konstruksi terintegrasi yang merupakan gabungan antara konsultasi konstruksi dan jasa pekerjaan konstruksi. Sehingga, proses pekerjaannya lengkap dan dapat mempermudah proses pembangunan anda. Jenis konstruksi ini terdiri atas bangunan gedung dan bangunan sipil.

Peran Penting Jasa Konstruksi

Peran penting perusahaan kontraktor terkait dengan kegiatan konstruksi yaitu sebagai penunjang segala kegiatan pembangunan. Jasa konstruksi akan memberikan pelayanan maksimal terhadap segala hal yang dibutuhkan dalam proses pembangunan. Sehingga, anda hanya perlu mengawasi kinerjanya, segalanya sudah ada dan tinggal dikerjakan dengan persetujuan anda.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan jasa konstruksi untuk pemeliharaan bangunan yang telah dibangun. Khususnya, pemeliharaan gedung pabrik yang bisa dikerjakan secara baik dan dengan prosedur yang tepat. Sehingga, anda tidak perlu khawatir mengenai perawatan gedung.

Jika anda berencana untuk membuat konstruksi bangunan ataupun pabrik, terdapat solusi yang tepat untuk anda. Anda bisa mencoba mengunjungi nikifour.co.id untuk mendapatkan pelayanan jasa konstruksi dan maintenance gedung dengan kualitas terbaik.

Tahapan Pemeliharaan Gedung oleh Jasa Konstruksi

Supaya anda lebih memahami kinerja pekerjaan kontraktor dalam melaksanakan tugas pemeliharaan gedung. Maka, akan dijelaskan mengenai tahapan-tahapan yang biasanya dilakukan dalam proses tersebut. Hal ini penting untuk anda ketahui supaya memudahkan anda saat melakukan pengawasan.

Jika anda memiliki pengetahuan mengenai tahapan-tahapan ini, maka anda tidak akan mudah terperdaya oleh jasa konstruksi yang tidak bekerja secara profesional. Selain itu, pengetahuan ini juga membantu anda dalam memilih jasa konstruksi yang memiliki kualitas terbaik.

Beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam proses pemeliharaan gedung ataupun bangunan oleh jasa konstruksi, sebagai berikut:

1. Tahap Perencanaan

Anda perlu tahu bahwa tahap pemeliharaan bisa juga dilakukan pada tahap perencanaan, yaitu pada saat pengerjaan fisik belum dilaksanakan. Tahapan pemeliharaan pertama yang perlu dilakukan pada proses perencanaan yaitu membuat anggaran pemeliharaan yang tepat. Anggaran tersebut dapat digunakan untuk memberikan pelayanan dan pelatihan tim pemeliharaan untuk mendukung proses pembangunan.

Tahapan pemeliharaan yang kedua yaitu mengevaluasi tekno-ekonomis terhadap barang dan alat konstruksi. Hal yang paling penting adalah melakukan pemeliharaan pada alat-alat yang digunakan serta menjaga kondisi material pembangunan agar bebas rayap dan tidak rusak.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa kegiatan pemeliharaan memiliki peranan yang penting sejak awal proses konstruksi. Sehingga, tidak hanya dilakukan ketika gedung telah berdiri. Sejak awal jasa konstruksi telah melakukan pemeliharaan konstruksi dengan baik.

2. Tahap Pelaksanaan

Selanjutnya, tahap pemeliharaan juga dilaksanakan pada saat proses konstruksi. Tindakan pemeliharaan pertama yang dilakukan pada tahap ini yaitu pengamatan inventarisasi peralatan pemeliharaan.

Kedua, yang perlu diperhatikan oleh pemelihara yaitu tersedianya buku-buku petunjuk penggunaan pada alat-alat pembangunan. Hal ini penting supaya operator alat dapat mempelajari menggunakan alat tersebut dengan baik. Sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar dan tidak membahayakan proses konstruksi.

Ketiga, tim pemelihara perlu memperhatikan material yang terbuat dari kayu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya material tersebut tidak terserang rayap. Jadi, tim pemelihara harus teliti dalam memperhatikan setiap material agar tetap aman dan tidak rusak.

3. Tahapan Pasca Pelaksanaan

Setelah proses pembangunan terdapat beberapa tahapan pemeliharaan yang dilakukan.

  • Tahapan pertama yaitu pembuatan daftar kebutuhan bahan-bahan cadangan yang digunakan untuk proses pemeliharaan supaya bisa berjalan secara efisien. Misalnya, cat dinding, genteng, pemeliharaan anti rayap, dan sebagainya.
  • Tahapan kedua, yaitu proses pengkajian dan peninjauan kembali kondisi bangunan secara berkala. Hal ini perlu dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan pada bangunan menjadi semakin parah. Sehingga, pemeriksaan kondisi gedung perlu dilaksanakan secara rutin.
  • Tahapan ketiga, yaitu melakukan tindakan pemeliharan seperti pengecatan dinding, pengecatan kusen pintu, pemeliharaan lantai, dan penggantian atap secara berkala. Semua proses tersebut harus diperhatikan supaya tidak terlambat, sehingga menyebabkan gedung mengalami kerusakan yang parah.

Selain ketiga tahapan tersebut terdapat beberapa hal lain yang perlu dilakukan oleh Tim Pemelihara untuk melancarkan proses pemeliharaan gedung, sebagai berikut:

1. Mengendalikan Penggunaan Gedung Setelah Selesai Dibangun

Dalam hal ini tim pemeliharaan gedung perlu memeriksa volume pekerjaan yang dilakukan dan volume pengunjung maupun penghuni yang bekerja dalam gedung tersebut. Hal ini penting supaya aktivitas dalam gedung tersebut tidak melebihi kapasitas yang ditentukan.

2. Memperhatikan Fungsi Manajemen Penggunaan Bangunan Gedung

Selanjutnya, tim pemeliharaan juga perlu untuk mengidentifikasi dan mengkaji elemen bangunan gedung. Selain itu, penting bagi tim pemelihara melakukan pemeriksaan pada peralatan yang digunakan di gedung tersebut.

3. Memperkirakan Biaya Pemeliharaan Gedung

Dalam hal ini tim pemeliharaan bertanggung jawab untuk membuat anggaran biaya pemeliharaan gedung. Mulai dari penganggaran biaya hingga evaluasi anggaran. Biaya tersebut digunakan untuk kegiatan pemeliharaan berupa persiapan alat dan biaya petugas pemeliharaan gedung.

4. Membuat SOP Pekerjaan

Tim pemelihara juga perlu membuat SOP pekerjaan, misalnya proses pemeliharaan gedung tidak mengganggu aktivitas kantor. Sehingga, dilakukan setelah pekerja kantor telah selesai beraktivitas. Selain itu, petugas pemelihara gedung wajib menjaga kebersihan dalam pelaksanaan pekerjaannya.

Hal yang paling penting bahwa petugas pemeliharaan gedung harus memakai seragam dan tanda pengenal. Hal ini penting untuk menjaga keamanan kantor. Sehingga, tidak sembarangan orang dapat memasuki lingkungan kantor anda.

Demikianlah, pembahasan mengenai kontraktor konstruksi industri Karawang sebagai salah satu solusi jitu untuk proses konstruksi dan pemeliharaan gedung pabrik anda. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan mengenai konstruksi dan ruang kerjanya. Sehingga, anda bisa mendapatkan pencerahan dalam memilih jasa konstruksi yang tepat. Pastinya, jangan lupa untuk mengunjungi nikifour.co.id solusi tepat untuk kegiatan konstruksi anda.

Referensi:

  1. https://www.sertifikasi.biz/jasa-konstruksi
  2. https://www.situstekniksipil.com/2018/11/tahapan-pelaksanaan-pemeliharaan.html
  3. https://pp-presisi.co.id/jasa-konstruksi-pp-presisi
  4. https://www.sertifikasi.biz/kualifikasi-usaha-jasa-konstruksi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.