13 Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu dan Diantisipasi

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

2018 telah berakhir, kami kontraktor di Karawang melalui website ini telah menyajikan bayak informasi konstruksi untuk Anda. Ada apa ini tahun 2019 ini? Berikut inilah 13 proyek konstruksi 2019 paling ditunggu – tunggu. Banyak proyek-proyek berikut ini telah berjalan selama bertahun-tahun, mengalami awal yang salah dan penundaan yang membuat frustasi. Proyek konstruksi adalah pekerjaan dengan profesi yang bergantung secara signifikan kepada investasi modal jangka panjang dan belum lagi perubahan politik.

Dengan pasang surut iklim investasi dan konstelasi politik yang memusingkan, bukan sekedar kebetulan saja, beberapa proyek konstruksi arsitektural 2019 berikut ini tetap hadir dengan kesamaan dan harmoni.

Qatar, di negara ini pada tahun-tahun mendatang akan mengalami pertumbuhan cepat di sektor arsitektur. Hal itu dikarenakan statusnya sebagai tuan rumah acara-acara arsitektural dunia seperti Expo2020 dan Piala Dunia 2022.

Sejumlah proyek-proyek arsitektural biasanya menyelaraskan kebutuhan kultural modern, tetapi ada fokus khusus dan bersama pada warisan nasional yang tidak boleh diabaikan. Menariknya, pengembangan proyek konstruksi modern tidak lagi mempedulikan pentingnya warisan nasional yagn harus dipertahankan ketika semuanya diukur dengan uang dan nafsu politik tak terkendali.

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

1. Taipei Performing Arts Centre oleh OMA

Mengapa OMA Taipei Performing Arts Center? Proyek ini telah menjadi proyek arsitektur paling diantisipasi dengan panas sejak saat diumumkan sebagai pemenang kompetisi internasional untuk proyek ini pada tahun 2009. Konstruksi 2019 paling ditunggu ini merupakan perpaduan yang mencolok antara geometri sederhana dan niat kompleks, meski 10 tahun telah lewat, proyek ini masih terlihat sangat futuristik.

ArchDaily berbicara dengan David Gianotten, mitra OMA yang bertanggung jawab atas proyek tersebut, pada upacara puncak gedung pada tahun 2014.  “Kami kadang-kadang masih mengatakan, ‘apakah ini nyata?'” Ia menjelaskan, “karena itu berjalan begitu harmonis dan dengan kecepatan yang terjadi pada kejutan kami sendiri.”

Belum ada tanggal resmi yang ditetapkan untuk pembukaan, tetapi semua mata tertuju kuat pada Taipei pada 2019.

2. Taipei Pop Music Centre oleh Reiser Umemoto

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Investasi Taipei di bidang seni terus berlanjut dengan membangun Pusat Musik Pop bernama Reiser Umemoto. Proyek ini masih sedang dikerjakan dan merupakan satu dari sekian megaproyek Taipei

Fokus unik pengembangan ini adalah untuk menjadi fenomena lokal utama. Hal ini terbukti dengan popularitas dan pengaruh global didapatkan di awal-awal royek ini diumumkan.

Salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini mencakup ruang pertunjukan untuk menampung ribuan orang. Dengan demikian gedung ini menawarkan area lantai seluas 62.600 m² yang memukau. Jika selesai nantinya akan menjadikannya museum terbesar keempat di dunia.

3. Vessel oleh Heatherwick Studio

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Perancang Inggris yang produktif menyebabkan sedikit kegemparan pada tahun 2016 ketika proyek ini pertama kali diumumkan. Dipuji sebagau “Menara Eiffel New York” sekaligus dicemooh sebagai “keranjang sampah terbesar di New York”, salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini mendominasi feed Instagram terlepas dari gelombang opini publik yang berubah.

Pembukaan dijadwalkan pada musim semi 2019, tetapi pengunjung yang tertarik lebih baik jika merencanakan perjalanan dari sekarang. Tiket gratis sudah tersedia untuk reservasi; penerima yang beruntung akan diberitahukan pada bulan Februari dengan slot waktunya.

4. The Shed oleh Diller Scofidio + Renfro

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

The Shed yang berbentuk rumah kaca berlapis yang dapat diperluas di sepanjang High Line ini adalah salah satu ruang budaya menarik dari sekian banyak ruang budaya di kota ini. Yang dimaksud Shed di sini mungkin merujuk kepada penutup dengan 8 tingkat guna menarik turis dan penduduk lokal.

Yuk kita nantikan kesuksesan salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini yang akan dibuka pada musim semi 2019 bersama dengan Vessel.

5. Tank Shanghai oleh Open Architecture

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Tiongkok, setelah bertahun-tahun memukau dunia dengan struktur-struktur baru yang membingungkan, tampaknya mengalihkan pandangan ke arah pembentukan kembali lanskap-lanskap industri sebelumnya.

Salah satu contohnya adalah Tank Shanghai, sebuah proyek oleh OPEN Architecture yang berbasis di Beijing yang akan mengubah serangkaian tangki minyak bekas menjadi galeri seni yang dihubungkan oleh lanskap publik yang luas.

Salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini adalah proyek landmark yang akan menjadi rujukan dalam studi kasus untuk tahun-tahun mendatang. Dijadwalkan selesai pada Maret 2019 dan orang-orang di kota hanya perlu naik Metro Jalur 11 (halte Yunjin Road) untuk mengunjunginya.

6. Al Wakrah Stadium oleh Zaha Hadid Architects

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Qatar akan segera menjadi tempat bagi sejumlah karya arsitektur besar. Tidak ketinggalan karya terakhir Zaha Hadid. Stadion Al Wakrah ini adalah pencapaian arsitektural dengan hampir semua ukuran:

  • Menampung lebih dari 40.000,
  • Menampilkan kayu struktural yang direkayasa tinggi,
  • Atap dapat ditarik utuh dan dipanjangkan dalam waktu kurang dari 30 menit.

Stadion Al Wakrah ini pernah memusingkan kepala Zaha Hadid sejak diumumkan:

  • Pada tahun 2014 arsitek dipaksa untuk menolak laporan yang mengatakan bahwa desain stadion menyerupai alat kelamin wanita, kejadian lucu dan memalukan ini diliput banyak media, termasuk Izebel hingga Guardian;
  • Pada tahun yang sama Hadid menggugat laporan yang mengatakan dia tidak peduli dengan hak dan ketentuan pekerja proyek.

Masalah -masalah tersebut telah mereda bertahun-tahun semenjak itu, dan kini adalah saatnya menunggu hari pembukaan salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini.

7. National Museum of Qatar oleh Ateliers Jean Nouvel

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Jean Nouvel telah lama dikenal karena proyeknya yang dramatis dan menarik perhatian yang memenangkan Pritzker pada tahun 2008. Pada 2012 One Central Park-nya menetapkan standar baru untuk desain berkelanjutan; Louvre Abu Dhabi-nya yang telah memesona dunia lebih dari setahun yang lalu.

Berharap akan kemeriahan serupa di tahun 2019 ini ketika desainer Perancis secara resmi membuka Museum Nasional Qatar. Diumumkan pada 2010, proyek ini didominasi oleh motif disc yang saling terkait yang terinspirasi oleh formasi kristal lokal yang disebut ‘mawar gurun.’

Museum ini nantinya akan menampilkan banyak hal hingga ke tentang sejarah negara kecil (termasuk makanannya) dan juga akan menampung fasilitas penelitian, laboratorium, dua restoran, dua toko, dan sebuah kafe. Belum ada tanggal resmi yang diumumkan untuk pembukaannya, jadi kita tunggu saja pengumumannya di awal tahun ini.

8. Under oleh Snohetta

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

UNDER ini adalah jenis proyek yang sepertinya cuma ada di film-film futuristik atau James Bond. Tapi, ini adalah restoran bawah laut (dikatakan sebagai yang pertama di Eropa) yang menyerupai pemecah gelombang besar dan akan menampilkan dinding beton tahan tekanan yang tebalnya hampir satu meter. Struktur ini juga akan berisi ruang khusus untuk studi kelautan, kemungkinan membuatnya menjadi laboratorium paling mencolok di dunia juga.

Terletak di dekat Lindesnes, sebuah desa kecil di Norwegia dengan populasi lebih dari 4.000 penduduk, dan lokasi yang keras dan terpencil ini dipilih dengan sengaja oleh perancang.

“Pengalaman yang paling menarik adalah mengunjungi restoran selama cuaca buruk,” jelas Rune Grasdal, seorang arsitek senior di Snøhetta, kepada Forbes.

9. 1000 Trees oleh Heatherwick Studio

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

ini bahkan belum selesai tetapi telah banyak dibanding-bandingkan dengan Taman Gantung Babylon yang legendaris. Terletak di Shanghai, proyek seluas 300.000 meter persegi itu dikandung sebagai “sepotong topografi” yang berbentuk “dua gunung yang tertutup pohon” yang dihuni oleh “400 teras” dan “1000 kolom struktural.” Megaproyek ini terletak di Jalan Moganshan Shanghai, dekat dengan Distrik Seni M50 kota.

Tidak ada pengumuman resmi mengenai kapan dibuka, tetapi foto-foto konstruksi yang sedang berlangsung menunjukkan penyelesaiannya akan berkisar pada pertengahan hingga akhir tahun 2019 ini.

10. Leeza SOHO oleh Zaha Hadid Architects

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Dijadwalkan dibuka pada awal hingga pertengahan 2019, Leeza SOHO telah menarik perhatian publik semenjak dua tahun lalu ketika perusahaan itu merilis gambar menara yang menampilkan atrium berkilauan yang menjulang tinggi.

Nantinya Leeza SOHO diharapkan menjadi gedung tertinggi di dunia. Leeza SOHO bukan sekedar kelihaian memainkan pertunjukan arsitektur, tapi lebih merupakan hasil dari pengekangan situs yang menantang.

Menara ini berada di atas jalur kereta bawah tanah; menara di atas, untuk menghindari tekanan lebih lanjut pada terowongan, terbagi menjadi dua bagian yang memutar dan terhubung di sekitar atrium. Hal tersebut ditujukan untuk mendapatkan akreditasi LEED Gold dan menjadi bagian dari strategi berkelanjutan.

Pelat lantai yang diputar berfungsi untuk memungkinkan cahaya memasuki ruang interior kapan saja.

11. Ruby City for Linda Pace Foundation oleh Adjaye Associates

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Ini adalah proyek inspiratif David Adjaye untuk yayasan Linda Pace. Selesai dalam 10 tahun, gedung ini dibuat dengan geometri lipat dan terbalut warna ruby yang melambangkan semangat filantropis. Sangat menonjol dan mencuri perhatian siapa saja.

Pada dasarnya, warna merah adalah nada yang sangat sulit bersanding dengan beton. Untuk itulah arsitek eksekutif Arsitek Alamo bermitra dengan ahli beton Pretesca. Foto konstruksi yang diambil sepanjang tahun 2018 menunjukkan hasil fantastis kerjama itu. Dan kini tampilah museum itu berupa batu rubi besar.

Konstruksi dilaporkan selesai pada akhir 2018, dan bangunan akan dibuka untuk umum pada 2019.

12. Pearling Path Visitor Centre oleh Valerio Olgiati

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Pusat Pengunjing Pearling Path ini adalah pusat budaya yang dikerjakan oleh arsitek Valerio Olgiati. Menjadi situs warisan yang dilindungi di Kerajaan Bahrain, Pearling Path ini yang berfungsi sebagai tempat penelitian sejarah budaya dan ekonomi kawasan itu pada jaman industri mutiara.

Terdiri dari lebih dari 15 situs berbeda (dan 17 komponen arsitektur) di sepanjang rute berkelok-kelok melintasi kota, Path akan memungkinkan pengunjung menyelami tradisi yang mendominasi wilayah ini dari pra-sejarah hingga awal 1900-an.

Pearling Path, salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini merupakan realisasi komprehensif dari memori budaya bersama, dan salah satu situs pertama yang dibangun di Bahrain. Struktur bangunan secara teknis telah selesai, dan akan segera resmi menyambut pengunjung pada tahun 2019.

13. Grand Egyptian Museum oleh Heneghan Peng Architects

Proyek Konstruksi 2019 Paling Ditunggu

Hampir 100 tahun dunia tergila-gila dengan segala sesuatu terkait Mesir. Kini Mesir akan mengakomodasi semua kegilaan ini dengan menyediakan tempat khusus untuk meneliti dan mempelajari semua tempat-tempat bersejarah termasuk piramida dan harta karun Fir’aun, serta aneka peninggalan bersejarah lainnya. Tidak saja tempat itu untuk mengenali lebih dalam sejarah kuno Mesir, juga sekaligus menjadi tempat pelestarian. Lalu untuk itu sebuah kompetisi diadakan pada tahun 2003. Ada 2.000 peserta dari 83 negara yang ambil bagian mengajukan proposal proyek.

Adalah desain yang diajukan oleh Heneghan Peng adalah yang paling menonjol saat itu. Heneghan Peng mengajukan desain dengan integrasi layar digital dalam arsitektur untuk menunjukkan banyak artefak penting secara permanen.

Museum, yang akan berlokasi di dataran tinggi gurun yang berdekatan dengan Piramida Giza dan Kairo, akan menjadi koleksi tunggal artefak Mesir terbesar dan dengan luas 100.000 m2, museum ini akan menjadi salah satu museum terbesar di dunia.

Museum yang menjadi salah satu proyek konstruksi 2019 paling ditunggu ini akan mencakup ruang galeri yang luas, fasilitas konferensi, perpustakaan, dan fasilitas penelitian di samping ruang luas yang didedikasikan untuk pemrograman publik. Pembukaan parsial diharapkan pada tahun 2019, dan secara penuh akan resmi dibuka pada 2020 atau hingga 2022.

Sumber: https://www.archdaily.com/908459/the-most-anticipated-projects-of-2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.