Kesalahan Konsep Mengenai Penggunaan Bahan Epoxy Sebagai Pelapis Lantai

Kesalahan Penggunaan Bahan Epoxy

Epoxy dapat menjadi salah satu cara yang digunakan untuk membantu mentransformasi sebuah lantai yang biasa menjadi lebih istimewa. Lantai yang dibuat dengan menggunakan beton dapat dengan mudah mengalami kerusakan. Mulai dari kerusakan seperti retak, noda dan juga penampilan yang tidak menyenangkan. jika anda ingin mendapatkan manfaat ini, maka menggunakan jasa terpercaya seperti kami, PT Nikifour Kontraktor di Karawang untuk pengerjaan pelapisan epoxy adalah hal yang paling tempat untuk dilakukan. 

Akan tetapi dengan menggunakan lapisan epoxy, anda bisa mendapatkan lantai yang lebih sehat, lebih indah, lebih aman dan pastinya lebih tahan lama. Sayangnya ada banyak orang yang hingga saat ini tidak berani menggunakan bahan ini karena adanya beberapa miskonsepsi mengenai penggunaan epoxy ini. Beberapa kesalahan pemahaman mengenai bahan ini antara lain adalah:

Lapisan epoxy harus sering di aplikasikan ulang

Banyak orang salah beranggapan bahwa lapisan epoxy adalah lapisan yang lemah. Padahal lapisan epoxy merupakan lapisan yang sesungguhnya sangat kuat. Apalagi jika lapisan ini diaplikasikan oleh mereka yang profesional dan dirawat dengan baik. Lapisan epoxy yang diaplikasikan oleh mereka yang profesional, dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun.

Daya tahan dari lapisan epoxy ini, dapat bertahan dari jejak pejalan kaki, jejak mobil, jejak kendaraan berat atau bahkan pesawat terbang. Jika lapisan epoxy dirawat dengan baik, daya tahan yang dimilikinya juga akan lebih maksimal. Oleh karena itu, jika anda ingin melapisi lantai dengan menggunakan bahan epoxy, pastikan anda menggunakan jasa yang profesional dan juga mengetahui cara yang tepat dalam perawatan lapisan epoxy ini.

Lantai dengan epoxy biasanya licin

Satu lagi kesalahan orang-orang umum mengenai lantai yang dilapisi dengan epoxy adalah mengenai permukaan yang licin. Lantai yang telah dilapisi dengan bahan epoxy memang memiliki permukaan yang terlihat bening dan mengkilap. Dibandingkan dengan lantai mengkilap yang lain, lantai yang dilapisi dengan epoxy memiliki tingkat kelicinan yang lebih rendah. Bahkan jika anda mau, ada juga beberapa jenis lapisan epoxy yang hasil akhirnya memiliki permukaan yang tidak rata sehingga meningkatkan keamanan penggunaannya. 

Dengan menggunakan lapisan epoxy, lantai akan menjadi lebih mengkilap, lebih indah dan pastinya lebih aman. Oleh karena itu, penggunaan lapisan epoxy ini sangat populer pada bidang bidang usaha yang membutuhkan pergerakan yang cepat. Salah satu contohnya adalah penggunaan pada lantai rumah sakit. Rumah sakit di bagian ruang instalasi gawat darurat membuat semua orang harus bekerja dengan cepat. Oleh karena itu, memasang lapisan epoxy pada lantai rumah sakit merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk dilakukan.

Pekerjaan pelapisan epoxy membutuhkan biaya yang tinggi

Pengerjaan pelapisan epoxy memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Akan tetapi penggunaan pelapisan epoxy ini mahal karena memiliki sifat investasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lapisan epoxy dapat membantu lantai beton anda menjadi lantai beton yang lebih kuat dan tahan lama. Dibandingkan dengan lantai beton yang tidak memiliki lapisan, lantai beton yang dilapisi dengan epoxy dapat bertahan lebih lama dari keretakan dan noda. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan lapisan epoxy dari lantai anda bisa dianggap sebagai salah satu cara untuk investasi pada bangunan anda.

Lapisan epoxy sama saja dengan lapisan cat

Selanjutnya yang sering kali salah kaprah di dalam masyarakat adalah mengenai kemampuan perlindungan yang diberikan oleh lapisan epoxy. Banyak orang beranggapan bahwa kemampuan dari lapisan epoxy untuk melindungi sama saja dengan kemampuan perlindungan yang diberikan oleh lapisan cat.

Jika dibandingkan sebelum di aplikasikan, lapisan cat dan lapisan epoxy memang memiliki penampilan yang mirip. Akan tetapi ketika sudah diaplikasikan, mereka akan melindungi dengan cara yang berbeda. Sebuah lapisan cat yang diaplikasikan, hanya akan berada di bagian luar atas dari lantai beton. Beda dengan lapisan epoxy. Ketika diaplikasikan, lapisan epoxy akan menyatu dengan lantai beton anda dan akan memberikan perlindungan 100% dari ancaman noda dan abrasi yang terjadi ketika lantai dilalui oleh banyak orang atau kendaraan.

Dapat dipasang tanpa bantuan profesional

Satu lagi kesalahan persepsi mengenai epoxy adalah mengenai pemasangannya. Banyak orang yang berpikir bahwa pemasangan epoxy bisa dilakukan sendiri. Hal ini disebabkan karena ada banyak produk yang mengatasnamakan dirinya sebagai produk epoxy do it yourself. Karena keberadaan produk ini banyak orang beranggapan bahwa pemasangan lantai epoxy di rumah mereka bisa dilakukan tanpa bantuan dari pihak profesional. 

jika memang anda hanya akan melakukan pelapisan untuk area yang kecil maka mengerjakannya tanpa bantuan profesional mungkin untuk dilakukan. Tapi jika area luas, harus ada pihak profesional yang memperhatikan anda dalam pemasangan lapisan epoxy ini. Jangan pernah mudah percaya pada produk yang mengatasnamakan dirinya adalah produk epoxy yang bisa dikerjakan sendiri, hal ini disebabkan produk epoxy yang beredar di pasaran dan bisa digunakan secara mandiri biasanya memiliki grade yang jauh di bawah grade yang digunakan oleh pihak pemasang lapisan epoxy yang profesional seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Selain produk yang dikenakan oleh jasa profesional memiliki grade yang lebih tinggi, pengerjaan pelapisan epoxy jika memiliki kelebihan lainnya. Kelebihan lain yang dimiliki oleh jasa profesional adalah mengenai proses preparasi yang dilakukannya. Banyak orang berpikir bahwa sebelum melakukan pelapisan epoxy, preparasi yang perlu dilakukan hanyalah membersihkan lantai dari debu kotoran dan juga minyak. Hal ini salah besar, proses preparasi lantai sebelum dilapisi dengan epoxy memerlukan perhatian khusus. Jika lantai tidak dipersiapkan dengan baik, lapisan epoxy mungkin tidak akan menempel dan memberikan perlindungan 100% pada lantai anda. Oleh karena itu, menggunakan jasa profesional untuk memberikan lapisan epoxy pada lantai anda merupakan pilihan yang terbaik.

Jasa terbaik untuk membantu pelapisan epoxy pada lantai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa menggunakan jasa profesional untuk memberikan lapisan epoxy pada lantai merupakan pilihan yang terbaik. Selain dapat membantu anda memberikan hasil lapisan yang lebih baik dan lebih maksimal, penggunaan jasa profesional dalam memberikan lapisan epoxy pada lantai anda juga memberikan keuntungan lainnya. Penggunaan jasa profesional untuk memberikan lapisan epoxy dapat membantu lapisan anda bertahan lebih lama. Jika anda melakukan kesalahan dalam pemasangan lapisan epoxy, bukan hanya lantai ada yang akan rusak tapi uang yang anda keluarkan untuk membuat lapisan epoxy ini juga akan terbuang sia-sia.

Salah satu jasa profesional yang bisa anda gunakan untuk memberikan lapisan epoxy pada lantai rumah anda adalah Nikifour.co.id. Nikifour.co.id merupakan sebuah jasa profesional yang bekerja di bidang bangunan. Ada banyak pekerjaan bidang bangunan yang mereka lakukan, mulai dari membangun sebuah bangunan, melakukan renovasi memasang kelistrikan, memasang jaringan internet, melakukan pekerjaan di bidang pelapisan epoxy. Setiap bidang pekerjaan dilakukan oleh jasa-jasa yang profesional dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. 

Pada pengerjaan lapisan epoxy, bahan-bahan yang digunakan oleh Nikifour.co.id hanyalah bahan-bahan yang memiliki grade yang paling tinggi. Dengan bahan yang berkualitas dan pekerja yang terbaik, PT Nikifour Kontraktor di Karawang akan memberikan hasil terbaik untuk setiap pekerjaan pelapisan epoxy di bangunan anda.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by