Kelebihan dan Kekurangan Struktur Beton Bertulang

Posted by purnosidi
on 26/07/2015
Kelebihan dan Kekurangan Struktur Beton Bertulang

Kelebihan dan kekurangan struktur beton bertulang. Karena fungsinya yang banyak sekali pada hampir semua jenis konstruksi, beton bertulang merupakan material paling penting. Beton bertulang pada umumnya digunakan sebagai struktur konstruksi hampir pada semua jenis bangunan, jembatan, bendungan, tunnel, pengerasan jalan, viaduct, drainase, pengairan, dan sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan struktur beton bertulang

Pada pekerjaan konstruksi, beton bertulang berfungsi sebagai penahan beban yang bekerja karena sifatnya yang tahan terhadap getaran, tidak termakan karat, serta tahan terhadap gempa. Artikel ini adalah informasi dasar seputar kelebihan dan kekurangan struktur beton bertulang.

Kelebihan lain dari beton bertulang adalah hampir tidak memerlukan pemeliharaan serta bisa dibentuk sesuai kebutuhan konstruksi yang berbeda-beda.

Dibandingkan dengan baja, penggunaan beton bertulang pada tanah dasar yang kurang baik tidak akan menemui kesukaran.

Selengkapnyanya tentang kelebihan beton bertulang sebagai bahan konstruksi utama pekerjaan teknik sipil adalah sebagai berikut:

  1. Kuat tekan beton bertulang relatif lebih tinggi dari bahan lain konstruksi lain.
  2. Memiliki ketahanan yang tinggi terhadap api dan air. Tidak berkarat karena air dan pada kasus kebakaran dengan intensitas rata-rata, struktur dengan ketebalan penutup beton tertentu hanya mengalami kerusakan pada permukaannya saja.
  3. Struktur beton bertulang sangat kokoh.
  4. Biaya pemeliharaan beton bertulang hampir sangat rendah
  5. Durabilitas yang tinggi. Beton bertulang lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan bahan lain. Normalnya sebuah struktur beton bertulang dapat digunakan sampai jangka waktu yang sangat lama dengan tidak kehilangan kemampuan menahan bebannya. Hal tersebut karena hukum kimia proses pemadatan semen yang semakin lama akan semakin membatu.
  6. Untuk bahan pondasi tapak, dinding basement, tiang tumpuan jembatan, dan semacamnya, beton bertulanglah pilihan paling hemat biaya.
  7. Beton bertulang bisa dibuat dalam banyak bentuk untuk beragam fungsi dan kegunaan, seperti bentuk pelat, balok. dari bentuk sederhana seperti kolom hingga berbentuk atap kubah yang rumit.
  8. Material beton bertulang bisa dibuat dari bahan-bahan lokal yang murah seperti pasir, kerikil, dan air dan relatif hanya membutuhkan sedikit semen dan tulangan baja.
  9. Dibanding struktur baja, pembuatan dan instalasi konstruksi beton bertulang lebih mudah dan cukup dengan tenaga berkeahlian rendah.

Masih tentang kelebihan dan kekurangan struktur beton bertulang; meski demikian banyak kelebihan-kelebihan beton bertulang, masih ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dan perlu dipertimbangkan dalam kondisi pekerjaan konstruksi tertentu. Di antara kekurangan beton bertulang adalah sbb;

  1. Kuat tarik yang sangat rendah karenanya diperlukan penggunaan tulangan tarik.
  2. Waktu pengerjaan beton bertulang lebih lama.
  3. Kualitas beton bertulang variatif bergantung pada kualifikasi para pembuatnya
  4. Dibutuhkan bekisting penahan pada saat pengecoran beton agar tetap di tempatnya sampai beton tersebut mengeras. Berat beton sendiri sangat besar (2,4 t/m3), sehingga konstruksi harus memiliki penampang yang besar.
  5. Diperlukannya  penopang sementara untuk menjaga agar bekisting tetap berada pada tempatnya sampai beton mengeras dan cukup kuat untuk menahan beratnya sendiri.
  6. Biaya bekisting reltif mahal hingga sepertiga atau dua pertiga dari total biaya sebuah struktur beton.
  7. Rendahnya kekuatan per satuan berat dari beton mengakibatkan beton bertulang menjadi berat. Ini akan sangat berpengaruh pada struktur-struktur bentang-panjang dimana berat beban mati beton yang besar akan sangat mempengaruhi momen lentur.
  8. Bervariasinya sifat-sifat beton dan proporsi-campuran serta pengadukannya.
  9. Proses penuangan dan perawatan beton tidak bisa kontrol dengan ketepatan maksimal, berbeda dengan proses produksi material struktur lain.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan struktur beton bertulang yang bisa kami hadirkan sebagai informasi dasar pengetahuan konstruksi. Kami dari Nikifour siap memberikan konsultasi terbaik konstruksi beton bertulang untuk kebutuhan pengerjaan konstruksi bangunan Anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id