Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Epoxy

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Epoxy

Tak bosan-bosan kami selalu mendengungkan kelebihan dan kekurangan menggunakan lantai Epoxy. Jika Anda membuat lantai, kebanyakan pasti berfikir menggunakan ubin keramik. Tapi tahukah Anda bahwa pilihan lain seperti epoxy sekarang ini sudah terkenal sebagai pilihan. Bagi banyak orang di Indonesia, lantai tipe ini mungkin tidak umum. Walaupun begitu, Anda sebenarnya sudah bisa menemukan lantai ini dibanyak tempat.

Kebanyakan penggunaan epoxy sebagai material lantai lebih sering ditemukan di gedung kantor, lantai laboratorium, bangunan gudang, rumah sakit, pabrik dan ruang produksi serta garasi rumah. Tapi untuk kebutuhan pada umumnya, banyak orang tidak tahu karena tidak mengerti. Untuk memastikan Anda bisa menentukan menggunakan lantai epoxy ini dengan bijaksana, mari bahas bersama kelebihan dan kekurangan menggunakan jenis lantai yang satu ini!

Kelebihan Menggunakan Lantai Epoxy

Banyak orang penasaran tentang alasan mengapa lantai ini mulai naik daun dan banyak digunakan. Jika Anda juga penasaran, lebih baik bahas bersama dulu kelebihan lantai dari epoxy ini:

1. Memiliki Penampilan Unik

Salah satu hal yang membuat banyak orang menggunakan lantai epoxy adalah penampilan yang unik. Lantai dengan bahan ini bisa dibuat dengan penampilan yang cukup fantastis. Jika ingin melihat contoh – contohnya, beberapa lantai bar dan club malam di luar negeri bisa jadi contoh yang menarik. Tampilan epoxy bening dengan dasar lukisan lautan bisa membuat tampilan ruangan seperti di atas air. Tampilan unik ini tentu tidak bisa didapat jika menggunakan ubin keramik.

2. Harga yang Cukup Terjangkau

Harga dari epoxy bisa dibilang cukup murah Jika dibandingkan dengan material lantai lain, lantai jenis ini bisa lebih murah per meternya. Tentu ketebalan lantai akan mempengaruhi hal ini, tapi untuk penggunaan standar akan jauh lebih murah.

3. Memiliki Kekuatan Melawan Bahan Kimia

Dari banyak tes yang dilakukan, lantai epoxy bisa menahan banyak bahan kimia lain dibandingkan dengan lantai keramik. Hal inilah yang membuat penggunaannya lebih banyak di area industri, laboratorium dan rumah sakit. Bahan kimia berbahaya yang bisa bereaksi dengan lantai keramik bisa menyebabkan masalah yang bahaya.

Kelebihan lain dari kekuatan melawan bahan kimia ini adalah lantai yang lebih mudah dibersihkan. Bahan kimia seperti oli kotor bahkan bisa di lap biasa. Untuk suhu hal ini juga berlaku. Bahan kimia mendidih yang jatuh ke lantai keramik bisa menyebabkan keretakan, tapi dengan lantai bahan epoxy, hal ini tidak masalah.

4. Daya Tahan Tinggi Dalam Menjaga Bentuk

Banyak bahan lantai yang bisa berubah bentuk karena penggunaan yang lama. Contoh saja keramik yang memuai dan menjadi pecah, lantai semen yang menjadi tidak rata dari tahun ke tahun adalah dua contoh yang paling sering terlihat. Tapi jika menggunakna lantai epoxy, Anda bisa melihat bentuk yang sama datarnya dari tahun ke tahun. Kelebihan inilah yang membuat banyak pabrik dan gudang menggunakan lantai ini. Tekanan dari mesin ataupun barang – barang berat bisa mempengaruhi bentuk lantai, tapi jika pakai epoxy, hal ini tidak terlalu berpengaruh.

5. Memiliki Umur Panjang

Umur panjang pada lantai epoxy ini berhubungan dengan kemampuannya menjaga bentuk dan melawan bahan kimia. Lantai dengan bahan lain biasanya harus sering di maintenance untuk menjaga tampilan dan kekuatannya, tapi untuk lantai epoxy, hal ini tidak perlu terlalu sering.

6. Pilihan Jenis yang Banyak

Epoxy bisa dibilang sangat banyak pilihannya. Mulai dari tampilan datar warna satu, tampilan mengkilat, tampilan gabungan beberapa warna campuran, tampilan seperti lukisan dan bahkan transparan bisa didapatkan. Pilihan ini tentu masih bisa dikombinasikan dengan imajinasi dan desain yang Anda pilih. Karena itu, Anda bisa dapatkan lantai unik yang tidak bisa disamai oleh pihak lain.

7. Tingkat Keamanan Lebih Terjamin

Epoxy adalah bahan yang rekat dan kuat, hal ini memastikan tidak akan kebocoran yang terjadi dari lantai. Semisal diparbik ada besi panas yang jatuh, lantai tetap akan bertahan dan menghindari besi panas ini untuk masuk ke pori lantai dan jadi sulit dibersihkan.

Untuk beberapa kasus lain, epoxy bisa memantulkan cahaya, jadi membuat ruangan lebih terang. Saat malam mati lampu di rumah sakit dan menyalakan lampu emergency, tingkat visibility masih akan bagus karena kemampuan memantulkan cahaya ini.

Kekurangan Menggunakan Lantai Epoxy

Walaupun memiliki banyak kelebihan, epoxy tentu memiliki sisi yang kurang baik. Mengenal sesuatu tentu harus lengkap, jika hanya kenal baiknya saja, Anda tidak bisa mengurangi sisi lemahnya. Untuk membantu Anda memutuskan akan menggunakan lantai epoxy atau tidak, mari bahas kelemahan menggunakan lantai ini terlebih dahulu:

1. Bersifat Permanen dan Sulit Dibongkar

Epoxy yang sudah dipasang, sayangnya sangat sulit dibongkar. Jika ingin membongkar lantai ini, Anda harus melalui proses yang lebih lama dibandingkan ubin keramik. Jadi jika Anda memiliki rencana renovasi rumah dan mengganti layout denah rumah, lebih baik jangan pakai lantai epoxy. Hanya gunakan lantai ini jika Anda yakin tidak akan menggantinya dalam waktu lama.

2. Mudah Menjadi Licin

Lantai epoxy yang halus dan rata memang baik, tapi masalah akan muncul saat ada situasi basah. Lantai epoxy yang basah lebih licin daripada lantai marmer ataupun keramik. Jadi Anda harus lebih hati – hati jika melihat tanda lantai di bersihkan di kantor dengan lantai epoxy. Ada kemungkinan besar lantai benar – benar licin dan bisa menyebabkan kecelakaan.

3. Proses Aplikasi yang Lebih Sulit

Epoxy harus diaplikasikan dengan lebih hati – hati. Waktu kering bahan ini lebih lama daripada material bangunan lainnya. Proses aplikasi bahan ini bertahap satu layer tipis dulu dan menunggunya samlai kering. Hal ini memakan waktu lebih lama dan tentunya harus hati – hati. Jika saat belum kering ada cacat, prosesnya harus diulang lagi karena cacat ini bisa jadi permanen.

4. Perlu Tenaga Khusus Untuk Mengaplikasikannya

Karena prosesnya yang lebih rumit ini, biasanya Anda memerlukan tenaga kerja yang sudah berpengalaman dengan alat yang tentunya khusus. Menggunakan tukang yang sudah biasa membangun lantai epoxy tentu akan memastikan hasil akhir dari lantai Anda sesuai dengan desain. Untuk hal alat – alat, sebenarnya tidak mahal, tapi jika Anda harus membelinya sendiri, tentu tetap jadi beban. Jika sewa jasa bangunan yang sudah memiliki alat ini dan juga tenaga kerja yang sudah baik, tentu hal ini lebih baik daripada menyewa tukang biasa dan mengajarkannya mengaplikasikan epoxy. Jadi walaupun Anda harus berusaha sedikit mencari tukang yang pas, hal ini lebih baik daripada kecewa dengan hasil akhir lantai Anda.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kelemahan lantai epoxy kebanyakan terletak seputar aplikasi saja. Selama Anda bisa memastikan aplikasinya baik, masalah menggunakan lantai ini tidak akan muncul kembali. Karena itu, sangat disarankan menggunakan jasa tukang membangun lantai terpercaya seperti yang disediakan oleh PT Niki Four.

Menggunakan peralatan khusus dan juga tenaga kerja ahli berpengalaman, Anda pastinya bisa dapatkan lantai epoxy yang berkualitas. Jika sudah dibuat dengan hati – hati dan juga dengan skill yang baik, kesalahan aplikasi tidak lagi menjadi masalah. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi kami untuk kebutuhan lantai epoxy Anda!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..