Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan sebagai Material Konstruksi

Kuda-kuda Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan (Sumber: Premium Rooftop)

Inilah kami dari perusahaan konstruksi, kontraktor baja ringan di Karawang, mari kita pelajari segala sesuatu tentang konstruksi bangunan baja ringan. Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakna material baja ringan.

Konstruksi baja ringan pada prinsipnya sangat mirip dengan konstruksi rangka kayu – bagian rangka kayu diganti dengan bagian baja tipis. Bagian baja yang digunakan di sini disebut bagian bentukan dingin, artinya bagian tersebut dibentuk, atau diberi bentuk pada suhu kamar. Ini berbeda dengan bagian canai panas yang lebih tebal, yang dibentuk saat baja sedang meleleh panas.

Baja bentukan dingin dibentuk dengan memandu lembaran baja tipis melalui serangkaian rol, setiap rol mengubah bentuknya sangat sedikit, dengan hasil bersih mengubah lembaran baja datar menjadi bagian berbentuk C atau S.

Baja yang digunakan di sini dilapisi dengan seng (disebut galvanis) atau campuran seng dan aluminium (disebut zincalume atau galvalume oleh beberapa orang) untuk melindunginya dari korosi. Ketebalan lapisan ini dapat divariasikan untuk menyesuaikan dengan berbagai lingkungan. Biasanya, lingkungan laut membutuhkan perlindungan paling besar, dan wilayah kering dan paling sedikit gersang.

Ketebalan baja yang digunakan di sini berkisar dari sekitar 1 hingga 3mm untuk bagian struktural, dan 1 hingga 2mm untuk bagian non-struktural. Ukuran member secara kasar sesuai dengan member kayu: 2 “x4” dan 2 “x6” adalah ukuran umum.

Seperti pada konstruksi rangka kayu, terlebih dahulu dibuat kerangka member baja, dan kemudian dilapisi dengan lembaran kering di kedua sisinya untuk membentuk dinding penahan beban. Konstruksi dengan baja mengikuti sistem rangka platform bangunan rumah. Sambungan antara anggota dibuat dengan sekrup pengeboran sendiri yang dapat disadap sendiri.

Kontraktor biasanya akan memesan bagian yang telah dilubangi sebelumnya – bagian dengan lubang buatan pabrik di dalamnya – sehingga kabel dan pipa ledeng dapat dengan mudah melewati dinding. Celah antar member diisi dengan isolasi.

Bentuk konstruksi ini juga dapat digunakan untuk rangka non-struktural, seperti partisi interior atau penutup luar. Sebenarnya bentuk konstruksi ini pada awalnya dikembangkan untuk partitons interior di perkantoran.

Keuntungan konstruksi baja ringan

Struktur baja ringan memiliki banyak keunggulan dari struktur berbingkai kayu ringan:

  1. Baja ringan ringan, dan memungkinkan pembangunan cepat tanpa alat atau peralatan berat. Setiap komponen dapat dengan mudah dibawa dengan tangan – sebuah rumah seperti pekerjaan pertukangan dalam skala yang lebih besar. Alat utama adalah pistol sekrup genggam ringan. Karena baja kuat, struktur LGS lebih ringan daripada struktur rangka kayu dengan kekuatan yang setara.
  2. Kekuatan baja ringan yang lebih tinggi memungkinkan jarak antar member yang lebih besar jika dibandingkan dengan konstruksi rangka kayu: sekitar 24 “(600mm) untuk
    Baja ringan vs. sekitar 16 “atau 20” (400 atau 500mm) untuk kayu. Lebih sedikit anggota berarti waktu konstruksi lebih cepat.
  3. Baja ringan mampu membentuk dirinya sendiri dalam bentuk apapun, dan dapat dilapisi serta diisolasi dengan berbagai macam bahan.
  4. Baja ringan mudah untuk mengubah atau memodifikasi konstruksi ini kapan saja selama masa pakainya.
  5. Ada berbagai macam sistem dan produk yang melayani jenis konstruksi ini.
  6. Struktur baja ringan tidak mudah terbakar, yang merupakan persyaratan kode untuk beberapa jenis struktur. Karena baja kehilangan kekuatannya dengan mudah dalam kebakaran, baja harus dilindungi dari api dengan lembaran pengenal api.
  7. Tidak seperti kayu, baja ringan memiliki struktur  yang tidak akan membusuk, menyusut, melengkung, atau membusuk. Selain itu, baja ringandapat digunakan di area terdapat serangan rayap.

KEKURANGAN KONSTRUKSI BAJA RINGAN

Struktur baja ringan memungkinkan lewatnya suara lebih mudah daripada konstruksi pasangan bata yang lebih kokoh.

Baja ringan akan kehilangan kekuatannya dengan munculnya api. Proteksi kebakaran yang memadai harus digunakan. Bentuk proteksi kebakaran yang paling mudah adalah membalut baja dengan lembaran tahan api atau drywall.

Nah , segera hubungi kami untuk konsultasi penggunaan baja ringan untuk konstruksi, dan jasa maintenance dan bangun atau pengembangan gedung bangunan Anda. Kami PT Nikifour melayani area Karawang, KIIC Suryacipta hingga Cikarang Bekasi.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?