Kelebihan Baja Ringan untuk Rangka Rumah Tinggal

Posted by purnosidi
on 28/01/2018
Kelebihan Baja Ringan untuk Rangka Rumah Tinggal

Sebenarnya berapa banyak kelebihan baja ringan untuk rangka rumah? Tentu sangat banyak sekali. Hampir semua orang pasti setuju dengan pernyataan bahwa baja itu kuat dan tahan lama. Makanya jangan heran lagi kalau baja menjadi material utama barang-barang yang sangat membutuhkan ketahanan dan kekuatan seperti bangunan, kendaraan, senjata, dan mesin.

Baja sudah ditemukan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Namun karena proses produksinya yang ribet serta biaya pembuatannya yang mahal, baja hanya digunakan secara terbatas saja. Kecuali orang kaya, jarang sekali orang berniat membangun rumah atau gedung dengan baja sebagai material struktur rangkanya. Barulah setelah proses Bessemer ditemukan pada abad ke-19, baja menjadi populer sebagai material rangka rumah dan bangunan. Apalagi sekarang ada baja ringan yang membuat proses pembuatan rumah bisa disingkat waktunya.

Apa itu baja ringan?

Disebut dengan Cold Formed Steel, komposisi baja ringan sama dengan baja biasa yaitu terbuat dari campuran besi (Fe) dan karbon (C). Bedanya hanya di ketipisan dan berat baja saja. Baja ringan jelas lebih ringan dan lebih tipis dari baja biasa. Soal kualitas tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Proses pembuatan baja ringan tidak melibatkan panas sama sekali makanya baja ringan disebut juga dengan julukan baja canai dingin (cold-formed steel). Justru proses pembuatan yang tidak memakai panas inilah yang menyebabkan nilai tegangan tarikannya tinggi sehingga baja yang tercipta menjadi lebih ringan dan tipis. Semakin tinggi nilai tegangan tarikannya maka semakin besar beban yang bisa ditopang baja. Contohnya untuk rangka bangunan, baja ringan yang diperlukan harus bisa bertahan saat dikenai tegangan tarikan minimal 550 Mpa, sedangkan untuk peralatan rumah tangga baja ringan sudah bisa digunakan jika bisa bertahan saat dikenai tegangan tarikan sebesar 250-300 Mpa.

Nilai tegangan tarikan merupakan salah satu faktor penyebab mengapa baja ringan bisa lebih tipis dari baja biasa. Tapi jangan lantas mengira baja yang tipis ini ringkih dalam menopang beban. Baja ringan tetap bisa menopang beban berat seperti baja biasa. Baja ringan setebal 1 mm memiliki kekuatan dan ketahanan yang sama dengan baja konvensional yang memiliki ketebalan 3 mm lebih. Lempengan atau kerangka baja ringan umumnya dilapisi oleh zinc alloy untuk melindungi baja dari korosi atau karatan yang disebabkan cuaca lingkungan sekitar. Hal ini akan membuat baja ringan bisa bertahan sampai puluhan atau bahkan ratusan tahun lamanya.

8 Kelebihan Baja Ringan untuk Rangka Rumah

Mengapa kita perlu menggunakan baja ringan sebagai struktur bangunan?

1. Proses pemasangan baja terdiri dari beberapa opsi

Ada dua metode pemasangan baja ringan untuk konstruksi bangunan. Metode pertama yaitu pre-fabrikasi yang mana baja ringan sudah dibentuk dan diukur di pabrik. Jadi di lokasi bangunan baja tinggal dipasang saja. Ini berarti baja ringan lebih efisien dalam hal biaya. Kelebihan lainnya dari metode pre-fabrikasi ini adalah tidak adanya sisa-sisa baja yang tidak terpakai di lokasi bangunan. Proses pembuatan bangunan pun jadi lebih cepat karena para teknisi dan buruh bangunan tidak perlu lagi melakukan pengukuran dan pemotongan di lokasi proyek yang mengonsumsi banyak waktu.

Metode kedua yaitu semi-fabrikasi yang mana sebagian baja diukur dan dipotong di lokasi bangunan didirikan. Kelebihan dari metode semi-fabrikasi ini adalah baja ringan yang dipakai bisa dipastikan pas dengan kebutuhan rancangan.

2. Proses konstruksi lebih cepat

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada metode pre-fabrikasi yang memungkinkan para tukang untuk langsung memasang baja karena sebelumnya baja ringan sudah dihitung dan dirancang secara komputerisasi sesuai kebutuhan masing-masing bagian rumah.

3. Lebih ringan dan tipis

Tegangan tarikan tinggi yang dikenakan pada proses produksi baja membuat baja yang dihasilkan menjadi lebih ringan sekaligus lebih tipis. Ringan dan tipis bentuknya bukan berarti baja ringan tidak sekuat baja biasa. Baja ringan tetap bisa menjadi kolom penyangga rumah ataupun sebagai kuda-kuda penyangga bangunan. Ukurannya yang lebih ringan membuat baja lebih mudah ditangani. Alat-alat berat sudah tidak dibutuhkan lagi karena para tukang bisa menghandelnya langsung.

4. Aman

Baja merupakan material yang tahan terhadap api serta guncangan akibat bencana alam. Ini berarti baja ringan lebih aman dari material kayu yang mudah terbakar dan material batu yang mudah runtuh akibat gempa bumi. Bangunan yang terbuat dari baja ringan bisa didirikan di area mana pun baik itu di area rawan gempa atau di area dengan potensi angin topan tinggi.

5. Kualitas tinggi

Baja ringan bisa bertahan hingga puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun lamanya. ini adalah Kelebihan baja ringan untuk rangka rumah yang luar biasa. Proses pemeliharaan struktur baja ringan juga lebih mudah dari material lainnya.

6. Fleksibel

Struktur tipis serta nilai tegangan tarikan yang tinggi membuat baja ringan mudah dipotong, dilebur, dibentuk, diketok, dipahat, dan dipindah-pindah sesuai keinginan.

7.  Ramah lingkungan

Baja ringan merupakan material yang bisa didaur ulang saat sudah tidak digunakan lagi. Dengan menggunakan material baja ringan, ini berarti Anda sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

8. Biaya lebih efisien

Biaya pembelian baja ringan memang lebih mahal dari material bangunan lainnya. Tapi baja ringan bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama, pemasangannya mudah, perawatannya juga mudah. Jadi secara keseluruhan biaya baja ringan lebih efisien dari baja biasa ataupun material lainnya.

Demikianlah 8 kelebihan baja ringan untuk rangka rumah. Sekarang Anda telah mengetahui tentang kelebihan baja ringan untuk rangka rumah, kami NIkifour siap membantu Anda mendiskusikan segala sesuatu tentang proyek bangun baru dan renovasi rumah Anda. Hubungi kami untuk konsultasinya.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id