Kelebihan Baja Profil untuk Struktur Bangunan dan Kekurangannya

Baja struktural terutama digunakan sebagai bahan tulangan untuk melawan kekuatan tarik dan keuletan beton yang rendah. Apasajakah kelebihan baja profil untuk struktur bangunan dan apa saja kekurangannya?

Apa itu Baja Profile

Baja profil adalah kategori baja yang digunakan untuk membuat bahan konstruksi dalam berbagai bentuk. Kebanyakan bentuk baja profil, seperti balok-I, memiliki momen luas kedua yang tinggi, yang berarti sangat kaku sehubungan dengan luas penampang dan dengan demikian dapat menopang beban tinggi tanpa kendur yang berlebihan.

Saat ini, hampir semua industri memiliki aplikasi utama baja struktural. Dari peralatan industri hingga produk jadi, baja struktural digunakan di mana-mana. Bangunan, jembatan, gedung bertingkat dan gudang dibuat menggunakan bagian baja struktural.

Pakar industri lebih memilih penggunaan baja struktural daripada bahan bangunan lain untuk konstruksi. Hal ini terutama karena manfaat baja struktural yang tak terhitung banyaknya. Tapi seperti semua hal lain di dunia ini, ada beberapa kelemahan menggunakan baja struktural dalam struktur bangunan.

Di sini kita akan fokus pada kelebihan dan kekurangan Struktur yang Menggunakan Baja Profil.

Keuntungan Struktur yang Menggunakan Baja Profil

1. Baja bersifat tarik.

Ini memiliki rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi yang berarti memiliki kekuatan tinggi per satuan massa. Jadi tidak peduli seberapa besar struktur keseluruhannya, bagian baja akan menjadi kecil dan ringan, tidak seperti bahan bangunan lainnya.

2. Mudah dalam Produksi Besar-besaran

Baja dapat dengan mudah dibuat dan diproduksi secara masif. Bagian baja dapat diproduksi di luar lokasi di lantai toko dan kemudian dirakit di lokasi. Ini menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi proses konstruksi secara keseluruhan.

3. Sangat Fleksibel

Baja struktural sangat fleksibel. Anda dapat membentuknya menjadi bentuk apa pun, tanpa mengubah propertinya. Anda dapat mengubahnya menjadi lembaran atau mengubahnya menjadi kabel sesuai desain.

4. Relatif Murah

Baja profil relatif murah dibandingkan bahan bangunan lainnya.

5. Sangat Tahan Lama

Struktur yang menggunakan baja profil sangat tahan lama. Struktur yang menggunakan baja profil dapat menahan tekanan eksternal seperti gempa bumi, badai petir, dan siklon. Struktur baja yang dibangun dengan baik dapat bertahan hingga 30 tahun jika dirawat dengan baik.

Kerugian dari Struktur Baja Struktural

1. Baja adalah paduan besi.

Sehingga membuatnya mudah mengalami korosi. Masalah ini dapat diselesaikan sampai batas tertentu dengan menggunakan aplikasi anti korosi.

2. Biaya perawatan tinggi

Struktur yang menggunakan baja profil memiliki biaya perawatan yang tinggi karena harus dicat agar tahan korosi.

3. Biaya Fireproofing yang Ekstensif

Ada banyak biaya tahan api yang terlibat karena baja tidak tahan api. Dalam suhu tinggi, baja kehilangan sifatnya.

4. Melintir

Menekuk dan melintir adalah masalah struktur baja. Semakin panjang kolom baja maka peluang menekuk dan melintir juga meningkat.

5. Masalah dengan perubahan suhu

Baja memiliki tingkat ekspansi yang tinggi dengan perubahan suhu. Ini dapat merusak keseluruhan struktur.

Jika Anda sedang mencari perakit baja struktural, hubungi kami di awal. Di Nikifour Kontraktor Baja Karawang, kami adalah tim perakit baja struktural yang sangat berpengalaman. Kami melayani pembangunan rumah, perumahan, dan perumahan, pembangunan gedung industri dan juga perawatan.

Sumber:

  1. northern-weldarc
  2. Wikipedia
  3. Aisc

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?