Kebutuhan Besi Sesuai Perhitungan dan Mencegahnya Berkarat

Posted by purnosidi
on 01/02/2018
Kebutuhan Besi Sesuai Perhitungan dan Mencegahnya Berkarat

Bagaimana cara mengetahui kebutuhan besi sesuai perhitungan dan mencegahnya berkarat? Dalam proses pengaplikasiannya besi beton ini memang multifungsi dan bisa digunakan untuk beragam kebutuhan pembangunan dengan kelebihan yang dimilikinya. Maka anda bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan bangunan yang penting terutama untuk gedung atau konstruksi yang membutuhkan dukungan penopang yang kuat. Namun memperhitungkan kebutuhannya tentu juga harus dilakukan dengan tepat agar tidak sampai salah dan menimbulkan kerugian.

Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton

Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk menentukan jumlah besi beton yang dibutuhkan untuk pembangunan yang dilakukan. Namun akan lebih mudah jika anda mengaplikasikan langkah yang tepat dalam melakukan perhitungan kebutuhan besi beton. Bahkan anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi excel dengan mudah tanpa harus pusing untuk memperhitungkannya dengan cara manual yang rawan akan kesalahan perhitungan.

Sebelum mengetahui lebih jauh kebutuhan besi sesuai perhitungan dan mencegahnya berkarat, maka untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan maka anda membutuhkan bantuan dari aplikasi yang valid. Dengan begitu tidak akan ada kesalahan perhitungan dan meminimalisasi kerugian yang mungkin terjadi jika anda salah dalam memperkirakan kebutuhan penggunaan besi beton pada bangunan tersebut. Berikut beberapa langkah mudah dalam melakukan perhitungan kebutuhan besi beton:

  • Anda bisa membuat sheet excel dengan isi nomor, tipe konstruksi, panjang ekivalen, kebutuhan tulangan, berat tulangan dan kebutuhan informasi lainnya yang bisa anda modifikasi sesuai kebutuhan masing-masing.
  • Pada panjang ekivalen anda tinggal mengganti sesuai kebutuhan dalam satuan meter, sedangkan pada kolom kebutuhan tulangan dan diameter bisa disesuaikan dengan kebutuhan sesuai pengukuran yang telah dilakukan. Sehingga pada kolom berat tulangan akan langsung terganti sendiri tentu untuk itu anda membutuhkan fungsi sendiri.
  • Setelah semua data sudah diinput dengan baik maka anda tinggal memperhitungkan kebutuhan sengkangnya yang pada input lebar dan tingginya harus dikurangi dengan tabel selimut beton.
  • Untuk menghitung volume beton maka anda hanya tinggal mengalikan antara tinggi, panjang dan lebarnya kemudian hasil dari perhitungan tersebut dikalikan dengan jumlah lonjor per meter kubik. Sehingga akan ditemukan hasil berapa jumlah lonjor besi yang akan digunakan dan harus anda beli.

Cara tersebut tentunya sangat mudah untuk digunakan karena bisa anda aplikasikan dengan baik. Beragam kebutuhan perhitungan pembangunan juga bisa anda lakukan menggunakan bantuan dari aplikasi excel tersebut. Sehingga anda tidak perlu melakukan perhitungan secara manual lagi atau menggunakan aplikasi yang rumit. Dengan menggunakan cara cepat dan mudah dalam mengetahui kebutuhan besi sesuai perhitungan dan mencegahnya berkarat tentu akan menghemat waktu anda dalam melakukan tahap perencanaan dengan baik.

Trik Mengatasi Besi Tulangan Beton yang Berkarat

Sama halnya dengan jenis logam lainnya yang dalam paparan keadaan tertentu maka akan muncul korosi atau karat pada permukaannya. Namun jika anda menggunakan besi beton tulangan maka tidak perlu khawatir karena adanya karat tersebut bisa diatasi dengan cara khusus yang mudah untuk diaplikasikan. Dengan begitu anda bisa menggunakan besi beton tersebut secara baik dan maksimal tanpa ada gangguan apapun. Mempertahankan kekuatan dari besi beton terbilang cukup mudah jika anda mengetahui caranya dengan baik, apalagi jika kualitasnya memang sudah optimal maka hanya tinggal menggunakannya dengan tepat saja.

Biasanya orang akan takut jika melihat besinya mulai berkarat karena akan menjadi rapuh dan kekuatannya tidak lagi sama atau berkurang seiring berjalannya waktu. Maka akan lebih baik jika anda melakukan perawatan yang tepat pada besi beton tersebut dan teliti jika sampai muncul karat pada permukaannya. Teknik mengatasi karat memag ada banyak, namun anda bisa memilih yang paling mudah dan cepat untuk diaplikasikan. Berikut beberapa trik untuk mengatasi masalah karat pada penggunaan besi beton tulangan :

  • Menggunakan bahan kimia yang dijual di pasaran memang khusus untuk menghilangkan karat pada besi beton. Anda hanya tinggal menyemprotkan bahan kimia tersebut pada besi sehingga bisa lebih awet dan tahan lama.
  • Campuran soda dan cuka bisa menjadi bahan mudah dan murah untuk digunakan dalam mengatasi masalah karat pada besi. Anda bisa merendam besi tersebut semalaman dan tinggal digosok keesokan harinya sehingga akan terlihat maksimal hasilnya.
  • Menggosok permukaan besi beton tersebut dengan amplas, bisa menggunakan amplas manual atau amplas listrik. Sehingga anda bisa dengan mudah menghilangkan karat tersebut dengan baik dan besi bisa kembali digunakan tanpa ada masalah korosi.
  • Gerinda listrik bagian kepalanya diganti wire brush cukup ditekan dan diaplikasikan pada bagian besi yang berkarat hingga karatnya rontok atau hilang. Menggunakan alat listrik maka akan lebih memudahkan pekerjaan anda dengan hasil lebih optimal tentunya.

Dalam melakukan berbagai upaya untuk membersihkan karat dari besi beton anda maka harus memperhatikan keselamatan diri terlebih dahulu. Menggunakan sarung tangan adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan lebih dulu. Sehingga tangan anda aman tidak sampai terkena bahan kimia penghilang karat atau rontokan karat yang dibersihkan. Selain itu memastikan semua alat yang digunakan sudah aman dan terpasang dengan baik untuk meminimalisasi adanya hal tidak diinginkan dari kegiatan tersebut. Setelah anda memastikan semua tingkat keamanannya maka akan lebih mudah dan aman untuk anda melakukan penghilangan karat dari besi beton tersebut.

Sekarang Anda telah mengetahui kebutuhan besi sesuai perhitungan dan mencegahnya berkarat

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id