Bagaimana Perkembangan Infrastruktur dan Konstruksi Indonesia? Perkembangan infrastruktur yang ada di Indonesia memang semakin mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun.  Dengan semangat Indonesia untuk menjadi negara maju maka sejumlah inovasi pun dilakukan untuk meningkatkan sektor infrastruktur. Walaupun demikian, bisa dibilang apabila infrastruktur yang ada di Indonesia memang mengalami sedikit keterlambatan.

Tetapi dibalik itu apakah anda sudah mengetahui lebih jauh lagi mengenai infrastruktur ataupun konstruksi yang ada? Untuk memahami mengenai konstruksi yang ada di Indonesia, maka anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini bersama dengan PT Nikifour di Karawang. Ini merupakan salah satu perusahaan kontraktor yang dijamin akan membuat kegiatan konstruksi semakin mudah.

 Apa itu pengertian konstruksi? 

Konstruksi sendiri merupakan salah satu kegiatan membangun sarana maupun prasarana baik itu di dalam sebuah bidang arsitektur maupun teknik sipil. Sebuah konstruksi ini sendiri biasanya juga dikenal sebagai bangunan ataupun satuan infrastruktur yang terdapat pada suatu area maupun beberapa area. 

Secara singkat, kontruksi ini sendiri didefinisikan sebagai objek keseluruhan dari bangunan yang terdiri dari beberapa bagian struktur. Kontruksi ini  ternyata juga masih dibedakan menjadi beberapa jenis. untuk lebih jelasnya anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini mengenai jenis-jenis konstruksi

  1. Konstruksi jalan

Jenis konstruksi yang pertama adalah konstruksi jalan. Kontruksi ini sendiri merupakan suatu proyek yang meliputi penggalian, pengerasan jalan, pengurukan hingga konstruksi jembatan serta adanya struktur drainase. Jenis konstruksi yang satu ini biasanya juga direncanakan oleh para departemen pekerjaan umum.

Hal ini jelas berbeda dengan konstruksi bangunan dimana dari segi aktivitas antara pemilik,  perencana serta kontraktor yang berbeda.

  1. Konstruksi gedung

Jenis konstruksi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Kontruksi ini sendiri bisa terjadi di semua kawasan baik itu di perkotaan maupun kota kecil.  Mulai dari adanya konstruksi fasilitas umum berupa bangunan institusional, tempat rekreasi hingga pendidikan.

Sebuah konstruksi gedung ini sendiri biasanya direncanakan oleh para arsitek maupun insinyur sipil. Sedangkan untuk material yang dibutuhkan biasanya juga lebih ditekankan pada aspek aspek arsitektural

  1. Konstruksi berat

Adapun yang termasuk ke dalam jenis konstruksi berat merupakan proyek proyek utilitas di suatu negara seperti bendungan, jalur transportasi selain jalan raya, pemasangan pipa, transportasi air hingga udara. Jenis konstruksi yang satu ini biasanya akan dibiayai oleh pemerintah dan kerjasama yang terjadi antara pemerintah dan pihak swasta.

  1. Konstruksi industri

Adapun jenis konstruksi lainnya adalah konstruksi industri. Konstruksi industri ini sendiri biasanya merupakan proyek industri yang membutuhkan spesifikasi maupun persyaratan khusus seperti kilang minyak, nuklir, pertambangan dan masih banyak lagi. Untuk perencanaan maupun pelaksanaan nya biasanya akan membutuhkan ketelitian maupun keahlian yang cukup bagus serta adanya teknologi yang cukup spesifik. 

 Tahap-tahap pelaksanaan konstruksi

Setelah mengetahui bagaimana jenis-jenis konstruksi maka anda juga harus mengetahui bagaimana tahapan dalam proyek konstruksi tersebut. Hal ini tentu sangat berguna apabila anda tengah merencanakan pembangunan sebuah bidang konstruksi agar bisa mempunyai prosedur yang tepat, cepat dan berkualitas. 

Adapun tahapan di dalam konstruksi yang perlu anda pahami lebih jauh diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Tahap perencanaan

Untuk anda yang ingin membangun sebuah proyek konstruksi di Indonesia maka tahap pertama yang wajib untuk anda lewati adalah tahap perencanaan atau planning. Pada tahap inilah biasanya akan dimulai dari gagasan maupun rencana proyek konstruksi tersebut sesuai dengan kebutuhan dari pihak yang terlibat

  1. Tahap studi kelayakan

Tahap berikutnya adalah apabila pemilik proyek tersebut sudah melakukan tahap studi kelayakan. Di Dalam tahap ini sendiri biasanya akan melibatkan beberapa hal seperti bagaimana penyusunan proyek yang akan dilaksanakan, apa saja manfaat yang akan diperoleh, menyusun analisa kelayakan proyek hingga apa saja dampak bagi lingkungan yang terjadi. 

  1. Tahap penjelasan

Tahap berikutnya adalah tahap penjelasan dimana pemilik proyek biasanya akan menjelaskan bagaimana fungsi proyek dan biaya yang akan diizinkan sehingga para konstruksi perencanaan bisa dengan tepat melakukan penafsiran keinginan pemilik. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan di tahap ini diantaranya adalah menyusun rencana kerja, menyiapkan ruang lingkup kerja hingga membuat sketsa

  1. Tahap perencanaan

Di tahap inilah para pemilik proyek biasanya akan melakukan perencanaan desain yang lebih detail sesuai dengan kebutuhan pemilik. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan di antaranya adalah mengembangkan ikhtisar proyek menjadi penyelesaian akhir, lakukan pemeriksaan masalah teknis hingga meminta persetujuan akhir dari pemilik proyek.

 Lebih mudah dengan jasa konstruksi

Untuk anda yang tengah merencanakan kegiatan konstruksi tersebut, maka pekerjaan anda tersebut akan semakin mudah apabila menggunakan jasa konstruksi. Kendati demikian, perusahaan konstruksi yang menyediakan jasa tersebut memang tidak mudah anda temukan.  Untuk itulah, anda wajib untuk berhati-hati ketika memilih jasa konstruksi tersebut.

Agar anda tidak tertipu dan menyesal, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih jasa konstruksi tersebut

Pastikan memilih jasa yang sudah berpengalaman

Tips pertama yang dijamin akan membantu anda untuk menemukan jasa konstruksi dengan mudah adalah melihat dari pengalaman yang dimiliki oleh jasa tersebut. Jasa konstruksi yang berpengalaman tentu mempunyai banyak klien yang mendapatkan kepuasan setelah bekerja sama.

Tidak hanya itu saja, reputasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan konveksi tersebut juga wajib untuk anda perhatikan. Untuk mengetahui bagaimana reputasi dari perusahaan konstruksi tersebut, anda bisa langsung melihat dari rezeki yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya

Cobalah untuk membaca portofolio

Tidak hanya itu saja, untuk mengetahui bagaimana hasil kerja yang dimiliki oleh perusahaan tersebut maka anda juga bisa memperhatikan portofolio yang mereka miliki. Untuk mengetahui portofolio ini memang tidak mudah karena tidak semua perusahaan menyediakannya. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena jasa yang berpengalaman dan terpercaya pasti mempunyai portofolio

Jangan tergiur dengan harga yang murah

Terakhir, anda tidak boleh langsung tergiur dengan harga yang murah begitu saja. Inilah yang terkadang tidak begitu diperhatikan oleh masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan karena harga yang murah tersebut biasanya tidak sesuai dengan fasilitas yang akan anda dapatkan sehingga pembangunan konstruksi tidak bisa seperti apa yang diharapkan.

Tapi kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena bersama dengan PT Nikifour di Karawang, pekerjaan konstruksi Anda tersebut akan berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Hal ini bukan tanpa alasan karena perusahaan general contractor yang satu ini ternyata mempunyai sejumlah kelebihan yang tidak akan anda dapatkan di tempat lainnya. 

Kelebihan Tersebut diantaranya adalah menyediakan berbagai macam bahan-bahan kebutuhan konstruksi, menyediakan teknisi untuk pemasangan instalasi listrik, pengadaan material dan masih banyak lagi.

Pembangunan sebuah proyek konstruksi memang bisa dibilang tidak mudah. Untuk itulah diperlukan kehati-hatian ketika membangun proyek tersebut. Salah satu cara yang akan mempermudah pekerjaan Anda adalah bekerja sama dengan PT Nikifour di Karawang. 

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?