Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang Melengkung Hampir Ambruk

Posted by purnosidi
on 03/03/2016

Bisa jadi ini berita gawat. Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang melengkung hampir ambruk. Di bawah ini adalah foto-foto jembatan Soekarno-Hatta. Jembatan ini berada di tengah-tengah kota Malang tepatnya di depan kampus Universitas Brawijaya. Bangunan jembatan yang sudah tua itu terlihat melengkung dan nampak akan ambruk. Tentu berbahaya jika roboh, bisa-bisa menelan korban jiwa yang banyak.

Dibawah jembatan tersebut mengalir anak sungai Brantas yang sangat curam dan dalam, dengan ketinggian sekitar 30 meter. Bisa dipastikan jika jembatan itu benar-beanr ambruk, akan banyak sekali korban jiwa. Dikhawatirkan jika terjadi roboh di saat jam-jam padat ketia mahasiswa dan pelajar kota apel berangkat dan pulang.

Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang Melengkung Hampir Ambruk
Semestinya pemerintah setempat belum ada perhatian atau reaksi cepat. Tidak ada berita tentang konfirmasi dari pemerintah daerah kota malang untuk  realisasi renovasi jemabtan yang kondisinya kini mengancam banyak pengguna diatasnya.

Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang Melengkung Hampir Ambruk

Sementara itu di media sosial, para member komunitas arema (arek-arek Malang) sedang ramai-ramainya mendiskusikan jembatan yagn nampak hampir roboh itu.

Di lain sumber berita dari blog: https://rudysoul.com/2016/03/02/jembatan-suhat-malang-nampak-melengkung/

Jembatan di tengah-tengah kota Malang arah Jl.Sukarno Hatta terlihat melengkung saat. Kondisi ini mengkhawatirkan banyak warga yang setiap hari melewatinya. Penulis blog, RudySouL yang terakhir kali melewati jembatan sekitar 5 bulan yang lalu, tidak melihat ada yang aneh. Jembatan saat itu terlihat normal-normal saja. RudySouL berharap semoga saja jembatan Soehat, demikian nama jembatan ini disingkat dari Soekarno Hatta, segera diperbaiki.

Semantara itu  menurut penilaian pakar konstruksi jembatan dari Universitas Brawijaya, 2 tahun lalu mengatakan jika Jembatan Soekarno-Hatta Malang rentan ambruk karena keropos.  Bersumber dari: https://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-timur/14/01/11/mz7tz7-jembatan-soekarnohatta-malang-rentan-ambruk-karena-keropos

Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang Melengkung Hampir Ambruk

Adalah Sugeng P Budio, seorang pakar kontruksi jembatan dari Universitas Brawijaya berpendapat bahwa kondisi Jembatan Soekarno-Hatta Kota Malang, Jawa Timur, sudah tak layak digunakan. Baut jembatan banyak yang tidak berfungsi maksimal, sehingga tidak mampu menahan beban kendaraan.

Menurut beliau berdasarkan hasil kajian forensik yang kami lakukan, kondisi Jembatan Soekarno Hatta sudah sangat mengkhawatirkan, bahkan usianya diperkirakan hanya sampai satu tahun saja. Kalau tidak segera ditangani, jembatan akan ambruk.

Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Malang tersebut lebih lanjur menambahkan jika baut jembatan sudah banyak yang tidak berfungsi. Akibatnya, beban yang disangga jembatan melebihi kapasitas yang seharusnya disangga.

Jembatan ini pada sisi timurnya setiap jam dilewati sekitar 4.000 kendaraan.

Lain halnya berita dari https://www.antaranews.com/berita/407516/jembatan-soekarno-hatta-di-malang-bisa-diselamatkan

Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang Melengkung Hampir Ambruk

Ahli konstruksi jembatan Universitas Brawijaya, Malang, Prof Dr Sri Murni Dewi, menyatakan, Jembatan Soekarno-Hatta yang kondisinya dinilai sudah membayahakan masih bisa diselamatkan dengan cara memperbaiki pengikatnya.

“Usia konstruksi jembatan rata-rata maksimal memang 20 tahun dan untuk Jembatan Soekarno-Hatta ini sudah lebih dari usia maksimal, namun konstruksi dan kondisi jembatan baja tersebut masih bagus, hanya pengikatnya saja yang perlu diperbaiki,” tegas Dewi, di Malang, Minggu.

Jembatan itu selalu dilintasi kendaraan berbeban berat, sehingga pemerintah harus melarang kendaraan-kendaraan sejenis itu melintas.

Sebenarnya pemerintah pada tahun 2014 pernah menjanjikan perbaikan jembatan Soehat itu.  Sebagaimana arsip berita ini:

https://www.merdeka.com/peristiwa/jembatan-soekarno-hatta-di-malang-baru-akan-dibangun-tahun-depan.html

Jembatan Soekarno Hatta Kota Malang Melengkung Hampir Ambruk

Merdeka.com – Jembatan Soekarno-Hatta Kota Malang, Jawa Timur, yang menjadi akses poros menuju sejumlah kampus di kawasan Dinoyo dari arah Surabaya bakal dibongkar dan dibangun kembali tahun depan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim. Semula pemprov memang masih belum ingin untuk membangun jembatan Soekarno-Hatta di Malang yang kondisinya sudah memprihatinkan, namun setelah kami desak dan paparkan kondisinya, akhirnya mau, tapi tidak tahun ini, melainkan tahun depan,” kata Wali Kota Malang Moch Anton, seperti dikutip dari Antara, Senin (30/6).

Tentu kita semua berharap pemerintah segera merealisasikan janji perbaikan jembatan Soekarno Hatta kota Malang tersebut. Secepatnya mengingat jembatan itu berupakan bagian dari jalur urat nadi utama transportasi kota Malang. Semoga tidak terjadi hal-hal yang mengerikan.
Demikianlah berita seputar konstruksi jembatan Soekarno Hatta kota Malang melengkung hampir ambruk ini.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id