Dasar-Dasar Instalasi Listrik Industry

Dasar-Dasar Instalasi Listrik Industry

Dasar-dasar instalasi listrik industry akan menjadi referensi bagi Anda yang mencari jasa elektrikal untuk pabrik. Sebagai personal yang akan bertanggung jawab akan atas kelancaran project instalasi listrik di pabrik Anda oleh kontraktor elektrikal yang Anda pilih. Anda tidak boleh awam tentang listrik.

Jenis-jenis Instalasi Listrik

Pernah mendengar tentang instalasi listrik? Di Indonesia permasalahan mengenai aliran tenaga listrik, hingga sekarang merupakan salah satu kebutuhan utama. Karena itu banyak jasa-jasa instalatir listrik yang menawarkan bantuan dalam memastikan perencanaan dan pemasangan listrik dengan tepat, seperti yang dilakukan oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang, sebagai jasa satu instalatir listrik profesional di Indonesia. Sebelum lebih jauh membahas mengenai dasar-dasar instalasi listrik yang ada di industri, sebaiknya Anda mengetahui juga mengenai beberapa dasar penggunaan listrik lainnya, misalnya seperti listrik yang digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, lalu untuk kebutuhan penerangan umum, kemudian untuk kebutuhan industri, hingga, yang dibutuhkan untuk keperluan komersial lainnya.

Apa itu instalasi listrik?

Sebelum membahas jauh mengenai jenis-jenis kebutuhan untuk instalasi listrik, sebaiknya Anda sediki banyak memahami dulu mengenai pengertian dasar dari instalasi listrik itu sendiri. Secara sederhananya instalasi listrik bisa diartikan sebagai kegiatan memasang listrik. Lebih jelasnya lagi instalasi listrik ini bisa disebut sebagai kegiatan membuat rangkaian listrik, yang bertujuan untuk membentuk sebuah sumber daya, untuk kemudian dialirkan ke beberapa titik yang membutuhkan. Instalasi listrik di industri, rumah tangga, ataupun untuk fasilitas umum berarti kegiatan memasang sebuah pusat aliran listrik, yang rangkaiannya akan berguna untuk menampung dan mengalirkan daya ke titik-titik yang membutuhkan. Biasanya hal seperti ini bisa ditemukan juga di gardu-gardu listrik, yang berfungsi sebagai sebuah pusat daya, untuk menampung listrik, dan nantinya akan dialirkan pada spot-spot yang membutuhkan dan susah ditentukan. Karena itulah biasanya kegiatan instalasi dikerjakan oleh ahli, seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang, sebab memang tidak boleh sembarangan dalam membuat rangkaian listrik dan mengalirkannya.

Instalasi listrik untuk rumah tangga

Penggunaan listrik untuk kebutuhan rumah tangga merupakan salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Penggunaan di rumah tangga ini biasanya tak seperti penggunaan pada kebutuhan industri ataupun komersial, yang biasanya memiliki jam-jam produktif tertentu. Penggunaan listrik pada kebutuhan rumah tangga biasanya memiliki waktu yang relatif lebih bervariasi. Adapun instalasi listrik yang digunakan berupa dia jenis rangkaian. Yaitu rangkaian yang berfungsi sebagai pengendali, dan juga rangkaian yang berfungsi sebagai penampung beban. Biasanya untuk rangkaian yang berfungsi sampai pengendali, akan berupa saklar-saklar, yang berisi aliran listrik, yang akan dialirkan kepada rangkaian beban. Barulah rangkaian beban ini kemudian biasanya kita temukan di rumah dalam bentuk saklar-saklar.

Instalasi listrik untuk fasilitas publik

Salah satu instalasi listrik yang juga mengambil banyak daya adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan fasilitas public. Salah satunya adalah kebutuhan penerangan, yang biasanya hadir di ruas-ruas jalan di desa ataupun kota. Fungsi dari isntalasi listrik di fasilitas public ini sangat penting, salah satunya adalah untuk menghindari kecelakaan, dan kriminalitas. Terutama bagi para pengguna jalan-jalan utama, yang menjadi jalur aktivitas. Pada beberapa jenis ruas jalan, lampu atau penerangan yang dipasang akan menggunakan sensor, yang bisa mengindikasikan nyala ketika terdapat objek di sekitarnya. Adapun untuk kekuaran dayanya, biasanya penggunaan di fasilitas public tidak jauh berbeda dengan kebtuuhan instalasi di rumah tangga, yaitu dengan beban 220 volt hingga 380 volt.

Instalasi listrik untuk industri

Berbeda dengan instalasi listrik untuk rumah tangga ataupun untuk penerangan di fasilitas publik, yang biasanya menggunakan aliran listrik 1 fasa, di instalasi listrik industri ternyata menggunakan beban yang lebih tinggi, sebab umumnya menggunakan sampai 3 fasa. Hal ini tentu saja ditentukan dari beban aktivitas yang memerlukan listrik, yang digunakan tiap harinya oleh industri tersebut. Namun memang jika untuk industri dengan skala yang besar, dibutuhkan fasa listrik yang besar juga. Karena penggunaan yang besar ini pula, biasanya penggunaan instalasi listrik industri akan mencapai daya dalam hitungan Kva. Namun biasanya untuk menghemat pengeluaran listrik, penggunaan instalasi listrik di industri akan menggunakan perubahan sifat daya, yang awalnya berbentuk induksi, diubah menjadi bentuk resistensi. Karena itulah kemudian motor-motor daya yang ada di instalasi listriknya biasanya akan dirangkaikan pada bank kapasitor, agar bentuk beban tadi bisa berubah.

Instalasi Lisrik Industry

Adapun apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin memasang instalasi listrik untuk industry?

Menyiapkan perencanaan pemasangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, instalasi listrik untuk industri tidak sesederhana penggunaan untuk rumah tangga. Beban akan daya yang besar menjadikan instalasi ini tak bisa dipasang oleh yang bukan ahlinya. Karena itu bagi Anda yang berniat untuk menggunakan instalasi untuk kebutuhanmu, dalam daya besar, sebaiknya, dan sangat direkomendasikan untuk menggunakan tenaga ahli, yang terpercaya. Hal ini akan sangat penting untuk membantu Anda merencanakan rangkaian daya, dan bagaimana sistem pemasangannya, sehingga tetap aman dan tidak kelebihan muatan, yang berakibat fatal pada proses produksi di industri. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jasa instalasi listrik, baik untuk rumah, maupun untuk industri.

Salah satu jasa yang terpercaya, dan memiliki mutu kerja yang baik adalah PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa ini sudah bergerak lebih dari 10 tahun, dengan keahlian khusus di bidang instalasi listrik industry, perawatan rumah maupun bangunan. PT Nikifour Kontraktor di Karawang biasa bekerja untuk kebutuhan industri besar, maupun untuk perseorangan. Karena itu sebelum Anda memutuskan untuk menginstalasi listrik dengan daya besar ataupun kecil, Anda bisa membuka sesi konsultasi dan perencanaan bersama PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Penghitungan beban yang tepat

Dalam pemasangan listrik dengan 3 fasa, Anda harus memastikan bahwa pemasangannya seimbang dan bebannya terbagi rata. Hal ini untuk menghindari kerusakan ataupun konslet ketika pemakaian. Nah, inilah yang perlu Anda diskusikan juga dengan instalatir listrik, agar Anda bisa memaksimalkan cara kerja instalasi listrik tersebut, namun pembagian dayanya tetap imbang. Bagi Anda yang masih awam mengenai hal ini, jangan khawatir sebab jasa instalatir listrik biasanya akan terbuka untuk menjelaskan dari awal hingga selesai pemasangan, seperti yang dilakoni oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang, yang bukan hanya secara profesional menangani listrik, namun juga segala hal terkait panel listrik, terminasi, dan sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai instalasi listrik industry. Jangan menyepelekan perencanaan hingga pemasangannya. Berkonsultasilah pada ahli, untuk menghitung jumlah beban daya maksimal yang bisa digunakan, dan cara pengaliran ke titik-titik bebannya. Karena itu jangan ragu untuk melakukan konsultasi pada ahli instalatir listrik, layaknya PT Nikifour Kontraktor di Karawang, yang sudah terpercaya dan pastinya memiliki jejak kerja yang profesional, dalam hal perencanaan, penjagaan, pemasangan, hingga pembongkaran instalasi dan panel listrik.

Galeri Pekerja Konstruksi PT Nikifour

Dasar-Dasar Instalasi Listrik Industry Dasar-Dasar Instalasi Listrik Industry Pekerja Konstruksi Nikifour Pekerja Konstruksi Nikifour Pekerja Konstruksi Nikifour

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh penawaran untuk instalasi listrik industri di lokasi plant Anda?
Powered by