Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri

Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri dari PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Bagaimana cara membuat Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri dari PT Nikifour Kontraktor di Karawang? Dalam tutorial pemasangan kabel listrik hari ini, kami akan menunjukkan cara melakukan Instalasi Unit Konsumen Tiga Fase dari Tiang Utilitas ke Meter Energi 3 Fase & papan Distribusi 3 Fase dan kemudian Bagaimana menghubungkan Fase Tunggal & Beban Tiga Fasa dalam Tiga Sistem Distribusi Kabel Fase dalam sistem pasokan listrik rumah.

Apa itu Daya Tiga Fasa & Satu Fasa?

Dalam pembangkit listrik, daya Tiga Fasa adalah generator dengan generator listrik atau alternator. Dalam sebuah alternator, tegangan dan arus yang dihasilkan oleh tiga kumparan independen dalam stator terpisah sejauh 120 derajat. Daya yang dihasilkan dari alternator kemudian ditransmisikan dan didistribusikan melalui jalur transmisi dan distribusi ke sub distribusi.

Dalam bangunan industri dan komersial, mereka membutuhkan daya tinggi. Jadi mereka terhubung ke koneksi Delta tiga fase (3 Phase – 3 Wire System – No Neutral Wire) sebelum trafo distribusi dan kemudian mengatur tegangan dan arus yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan mereka dalam pasokan tiga fase dan satu fase. Inilah hal terpenting yang membuat Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri PT Nikifour Kontraktor di Karawang menjadi unik dan cenderung terlihat rumit.

Di sisi lain, bangunan yang membutuhkan daya tinggi dalam tiga fase dan satu fase, mereka terhubung ke sekunder dari trafo distribusi. Dengan cara ini, mereka mendapatkan koneksi Star tiga fase (3-Phase, 4 Wire System dengan Neutral Wire). Pada koneksi Star, tegangan Tiga Fasa Jalur ke Saluran (Fase ke Fase) adalah 415V AC (di AS, 208V) dan Single Phase Line ke Netral (Fase ke Netral), terdapat AC 220V.

Dalam Pasokan Tiga Fasa, motor dan pemanas listrik besar dapat langsung dihubungkan ke Tiga Fase sementara di dalam Fase Tunggal, beban (Cahaya, kipas dll) dapat dihubungkan di antara Fase dan Netral melalui perangkat pelindung yang tepat.

Mengapa Kita Membutuhkan Perencanaan ini?

Untuk mengoperasikan peralatan dan peralatan daya tinggi seperti motor listrik dan kompresor udara berperingkat tinggi, dll, kita membutuhkan catu daya tiga fasa sebagai ganti catu daya satu fasa. Di rumah biasa, kami kebanyakan menggunakan catu daya Fase Tunggal untuk mengoperasikan beban penerangan, kipas angin, mesin cuci dll, tetapi dalam beberapa kasus juga kantor industri motor torsi tinggi, gedung bertingkat & bangunan besar, catu daya Tiga Fasa perlu beroperasi dan memelihara sistem.

Dalam posting kami sebelumnya, Kami melakukannya untuk pemasangan kabel listrik Fase Tunggal di rumah dan sudah tahu bahwa apa itu MDB, DB, Final Sub Circuit, MCB, MCCB, CB dan RCD dll.

Dalam tutorial ini, kita perlu aksesori kabel berikut untuk Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri PT Nikifour Kontraktor di Karawang

  • Meter Energi Tiga Fasa 1 No
  • Three Pole MCCB, 63A, 1 No
  • Tiang Ganda, 63A, 30mA RCD Arus Perjalanan, 3 Nos
  • MCB Tiang Ganda, 63A, 3 Nos
  • Tiang Tunggal, 20A, MCB, 6 Nos
  • Tiang Tunggal, 16A, MCB, 3 Nos
  • Tiang Tunggal, 10A, MCB, 6 Nos
  • Kasing papan distribusi, 3 Tidak
  • Tautan batang bus untuk Koneksi Kabel Netral
  • Strip tembaga untuk koneksi umum MCB, 3 Nos (segmen Cu Busbar)
  • Busbar strip tembaga untuk Earth & Ground Link

Bagaimana Cara Memasang Papan Distribusi Utama

Bagaimana Cara Memasang Papan Distribusi Utama saat Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase? Kami sebagai kontraktor elektrikal untuk Industri di Karawang, PT Nikifour Kontraktor di Karawang akan menjelaskannya. Secara umum, penyedia listrik dan penyedia layanan memasang meter energi satu fasa ketika beban kurang dari 7.5kW (10HP) di daerah domestik (unit konsumen untuk rumah). Jika batas terlampaui, maka disarankan untuk menginstal meteran energi 3-fase untuk unit konsumen. ketika beban melebihi 7,5 kW, maka kabel listrik 3 fase direkomendasikan di area domestik (rumah).

Dalam tutorial ini, Kami berasumsi bahwa kami hanya akan menghubungkan beban satu fasa (Titik lampu, kipas, TV, Soket Daya, AC, dll.) Dalam pemasangan kabel listrik tiga fase ini. Dengan kata lain, kami tidak akan menyalakan motor 3 fase karena di rumah kami, kami belum memuat (tiga fase) jenis itu. Jika ada beban tiga fase di rumah Anda, maka Anda dapat melakukannya. Inilah mengapa Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri PT Nikifour Kontraktor di Karawang besar dan rumahan sangatlah penting.

Seperti yang dapat kita lihat bahwa total beban melebihi batas pemasangan kabel listrik satu fase karena kita akan memberi makan ruangan dan area yang berbeda di rumah, itulah sebabnya kita harus mentransfer distribusi kita dalam sistem tiga fase.

Prosedur Praktis Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Kami telah mempelajari kabel listrik dasar bohlam, kipas, dll (yaitu Sub-sirkit dan sub-sirkit akhir) di pos kami sebelumnya, jadi ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan hal yang sama seperti disebutkan di bawah ini.

Pertama-tama, hubungkan meter energi tiga fase seperti yang ditunjukkan pada gambar. (jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengirim meteran energi 3-fase, maka periksa tutorial sederhana ini yang memperlihatkan Cara mengirim meteran Energi Tiga-Fase.

Hubungkan MCCB (Molded Case circuit Breaker) sebagai sakelar utama ke tiga fase yang masuk (Merah, Kuning, Biru) dari pengukur energi 3 fase.

Sekarang hubungkan tiga fase keluar (R, Y, B) dari MCCB (Molded Case circuit Breaker) ke DP (MCB Tiang Ganda, RCD, SP (MCB Tiang Tunggal dan beban) seperti ditunjukkan dalam gambar)

Sekarang menghubungkan RCD dari DP dengan Tahap (Line) dan terkait link Netral. Garis Fase Keluar harus terhubung ke sub sirkuit final. Hal yang sama dapat dilakukan untuk kabel netral.

Akhirnya, Hubungkan peralatan listrik dengan terminal penghubung bumi yang mengarah ke elektroda tanah atau grounding.

Tips Aman Instalasi

Anda juga dapat menggunakan Empat Kutub MCCB bukan Tiga Kutub MCCB. Cukup sambungkan kabel Netral di slot terakhir MCCB itu (Masuk dan Keluar seperti fase lain) dan kemudian sambungkan Netral keluar ke strip tembaga (misalkan Pentanahan/grounding).

Menghasilkan dan menghasilkan daya 3 fase lebih efisien daripada 2 fase yang pada gilirannya lebih efisien daripada 1 fase. Demikian pula, naik dalam jumlah fase menghasilkan peningkatan efisiensi juga.

Peningkatan efisiensi karena jumlah fase meningkat dikaitkan dengan bahwa pengiriman daya menjadi lebih berkelanjutan ketika jumlah fase meningkat. Pengiriman daya satu fasa (dengan beban resistif) akan memiliki daya sesaat nol dua kali siklus tetapi tidak ada daya sesaat nol dalam kasus daya 3 fasa dan jumlah fasa lebih tinggi dengan pengiriman daya yang lebih halus saat fase naik.

Dapat dengan mudah dihitung untuk menunjukkan bahwa pengiriman 3 fase sekitar 150% lebih efisien daripada fase tunggal. Ini adalah pilihan optimal dalam hal Perencanaan Instalasi Listrik 3 Phase untuk Industri PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh penawaran untuk pekerjaan elekktrikal dan mekanikal industri?
Powered by