Sedang mencari jasa konstruksi untuk pengerjaan dengan material stainless steel? Anda berada di halaman yang tepat. Silahkan hubungi kami untuk konsultasi dan RAB. Adapun berikut ini akan menjadi sumber ide-ide Anda mempersiaplan proyek stainless steel Anda. Inilah Inspirasi Penggunaan Stainless dalam 8 Proyek Arsitektur.

Adalah fakta bahwa stainless steel adalah material serba guna yang menawan dan kini semakin menjadi spesifikasi untuk proyek arsitektur modern. Kami akan bagikan untuk Anda contoh-contoh konstruksi stainless steel mulai dari bentuk Frank Gehry yang luas hingga St. Louis Arch. Memang,  arsitektur baja stainless dapat ditemukan di seluruh dunia.

Pada dasarnya stainless steel diciptakan dari paduan kromium dengan baja sehingga memiliki ketahanan tinggi terhadap karat dan korosi. Penggunaan stainless steel menjadi populer di masa art deco pada proyek-proyek seperti Gedung Chrysler. Selain itu material baja unik ini sekarang marak digunakan untuk berbagai komponen seperti panel hias besar, perabot dan perlengkapan.

Baja stainless steel merupakan material yang dapat dilas dan memiliki daya tahan tinggi. Stainless juga tahan karat dan dapat dibentuk beraneka rupa sehingga banyak digunakan sebagai material jembatan, monumen hingga kelongsong untuk gedung-gedung pemerintah dan gedung komersial pencakar langit.

Mari kita explor lebih jauh tentan stainless steel dan aplikasi kontemporernya dalam arsitektur modern. Untuk itu beberapa koleksi berikut ini akan mengupas secara detail meneliti material baja unik serta penerapannya dalam proyek-proyek di seluruh dunia. Ada stainles steel dengan bentuk lapisan eksterior, dinding dan atap. Ada juga  logam berkilauan ini digunakan untuk parametrik dan kelongsong lurus.

Baja stainless banyak diproduksi guna memenuhi beragam ide konseptual dan desain. Karena itulah stainless steel dilebur menjadi bentuk yang tak terhitung jumlahnya dari batang dan lembaran hingga pelat dan gulungan. Nah, proyek-proyek berikut ini menggambarkan baja stainless diterapkan di seluruh desain modern dengan menampilkan balutan logam dan kualitasnya yang mencolok,

1. 18.36.54 House

  • Arsitektur oleh: Studio Libeskind, Conn., Amerika Serikat.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Rumah 18.36.54 dibuat sebagai 18 kayu yang membentuk 36 poin dan 54 garis yang diikat bersama sehingga membentuk tempat tinggal.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Dibalut dengan cermin baja stainless, perunggu yang dibentuk menjadi serangkaian pita, struktur yang terletak di Connecticut, tempat kediaman itu berada.

2. Familistère dwellings

  • Arsitektur oleh archi5, Montreuil, Prancis.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Rumah Familistère disusun sebagai bangunan yang homogen dengan fasad dan atap baja stainless.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Meskipun tampaknya ringan, proyek ini dibuat untuk mengurangi dampak visualnya dan mencerminkan lingkungannya.

3. Illkirch-Graffenstaden City Hall

  • Arsitektur oleh Atelier Filippini, Illkirch, Prancis.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Proyek ini bertujuan untuk menciptakan citra baru dan modern untuk memperbarui bangunan asalnya.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Rancangannya adalah sebagai rehabilitasi dan perluasan balai kota di Illkirch. Proyek ini menampilkan fasad kaca, mesh, dan struktur baja stainless yang dibangun sebagai landmark perkotaan.

4. Investcorp Building

  • Arsitektur oleh Zaha Hadid Architects, Oxford, Inggris.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Bangunan Investcorp milik perusahaan arsitektur Hadid ini dibuat untuk menjadi pusat info Timur Tengah di Universitas Oxford.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Gedung ini menyediakan area kuliah, ruang arsip, dan perpustakaan tambahan. Selain itu, gedung ini juga dirancang untuk memantulkan cahaya alami dengan lembut untuk menggemakan konteksnya.

5. New Mountain Hut at Tracuit

  • Arsitektur oleh: savioz fabrizzi, Zermatt, Swiss.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Ditujukan untuk menggantikan bangunan yang ada yang dibangun pada tahun 1929 di antara Pegunungan Alpen Valaisan, struktur baru ini ditempatkan dengan hati-hati di antara gletser dan tebing.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Berada dengan posisi mengangkangi punggungan, bangunan ini menggunakan panel stainless steel untuk melindungi dari bermacam faktor sekitar, sekaligus menciptakan bukaan strategis untuk pandangan dan sinar matahari.

6. Pumping Station Cologne-Rodenkirchen

  • Arsitektur oleh: Dirk Melzer Landschaftsarchitekt & Umweltingenieur and v-architekten, Köln, Jerman.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Stasiun pompa ini terletak dengan latar belakang hutan aluvial, terletak di dataran banjir di mana jalinan kota bertemu dengan pedesaan.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Fasad dibuat dengan kulit pelat baja berlubang sehingga tampak seperti kayu apung yang sudah dicuci. Desainnya dilengkapi dengan dinding basal melengkung yang mengingatkan kita pada konstruksi tanggul tradisional.

7. Tower House

  • Arsitektur oleh Benjamin Waechter, Architect, Portland, Ore., Amerika Serikat. Proyek Tower House terletak di rak stabil di atas situs miring sehingga sangat menyentuh tanah.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Proyek ini dibentuk dengan ruang tinggi, murah hati, dan dikonseptualisasikan sebagai tiga kamar dalam lengan berbentuk bak.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal itu dilapisi baja bergelombang hitam vertikal.

8. Viaduc Cafeteria and Day care

  • Arsitektur oleh B612associates, Ixelles, Belgia.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Proyek ini bertujuan sebagai renovasi bangunan bersejarah. Bangunan itu sendiri adalah sebagai bagian dari pintu masuk ke taman umum, dan proyek ini di Ixelles termasuk ruang untuk pembibitan dan kafetaria.

Inspirasi Penggunaan Stainless

Menggunakan panggangan stainless steel yang dipotong laser dalam pola geografis, desain juga mencakup tampilan eksternal transparan yang dibuat dengan lembaran aluminium.

Sumber: https://architizer.com/blog/inspiration/collections/stainless-steel/

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?