Inilah Cara Memilih Cat Warna Rumah yang Paling Tepat

Posted by purnosidi
on 25/08/2017
Inilah Cara Memilih Cat Warna Rumah yang Paling Tepat

Bagaimana cara memilih cat warna rumah yang paling tepat? Memilih cat warna rumah yang tepat tentunya menjadi problem semua orang yang akan mengecat rumahnya. Untuk itu, berikut kami sampaikan artikel yang berisi cara memilih cat supaya hunian Anda bisa benar-benar menjadi istana bagi pemiliknya.

Rumah yang baik tentu diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan waktu bersama keluarga.

Hal ini juga tentu menjadi harapan Anda bukan? Dan tidak hanya itu, rumah seseorang adalah identitas orang tersebut. Jadi, mulai dari konsep, desain, dan warna tentunya bisa menggambarkan kepribadian orang-orang yang tinggal di dalamnya. Apalagi soal warna, ini tentu bisa mewakili karakter pemilik rumah tersebut.

Soal warna cat rumah tentu didesain langsung atas keinginan pemiliknya. Untuk jasa pengecatan, mungkin Anda dapat mempercayakan kepada PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka sebagai partner.

Tetapi, ketika memilih cat warna rumah, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan supaya warna yang diaplikasikan di dinding rumah tersebut sesuai dengan konsep desain yang diusung dan tidak memberikan kesan yang kaku.

Tentukan Kombinasi Warna

Rumah akan terlihat indah dengan kombinasi warna yang tepat. Selain itu, pastikan warna yang Anda pilih merupakan kombinasi yang pas dengan konsep desain rumah Anda. Umumnya, beberapa yang banyak orang lakukan adalah memilih warna netral yang diaplikasikan untuk 80% dinding rumahnya, dan sisa 20% nya baru diisi dengan warna-warna yang lebih berani. Padahal, tidak ada aturan yang mengharuskan demikian. Anda dapat mengatur sendiri sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk memilih warna yang tepat.

  • Pilih warna kesukaan Anda dan keluarga
  • Tidak harus menggunakan warna yang colok, karena hal itu bisa dikombinasikan dengan warna putih supaya lebih terkesan dinamis.
  • Berani memilih warna adalah salah satu kunci sukses untuk memilih kombinasi warna yang tepat
  • Anda perlu memberi penekanan yang berneda antara warna yang digunakan dalam konsep interior dan desain eksterior.

Karakter Warna

Ketika memilih warna, Anda sebaiknya mengerti kesan yang akan ditampilkan warna tersebut. Pilih yang sesuai dengan kepribadian Anda. Banyak yang terjebak memilih warna netral, tetapi kemudian kesan yang terbentuk adalah kekakuan pemilik rumah tersebut. Jadi, hati-hati dalam memilih warna!

Putih

Warna ini tentu banyak diminati orang karena kesannya yang netral dan mewah. Tetapi hati-hati, jika terlalu banyak digunakan, warna ini memberi kesan kaku dan dingin. Biasanya warna ini akan dikombinasikan dengan pemilihan furniture yang warnanya mencolok untuk mengatasi kesan dominan yang ditimbulkan warna ini.

Hitam

Warna ini menunjukkan kesan yang elegan dan kokoh. Tetapi terkadang penggunaan warna hitam di dinding rumah akan memberi kesan sempit ruangan tersebut. Untuk itu, penggunaan warna ini lebih disarankan untuk eksterior. Dan jika penataannya tepat, kesan mewah bisa didapat dengan mengaplikasikan warna hitam ini.

Abu-abu

Sekarang warna abu-abu banyak diminati karena warna ini dianggap cocok untuk konsep desain minimalis yang sekarang tengah berkembang. Abu-abu akan memberikan kesan yang luas jika diaplikasikan di dinding ruangan. Oleh karena itu, banyak konsep desain minimalis yang cocok dengan warna ini.

Pastel

Berkaitan dengan warna pastel yang muncul, ternyata banyak juga yang mulai mengaplikasikannya dalam cat warna rumah. Kesan warna pastel adalah hangat dan fleksibel. Rumah – rumah modern banyak yang menggunakan warna ini karena memang warna pastel sedang menjadi tren saat ini

Warna dan Fungsi Ruangan

Yang tidak boleh kita lupakan adalah pemilihan warna yang digunakan dengan fungsi ruangan tersebut. Masing-masing ruangan tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda, dan ini juga perlu diseuaikan dengan pemilihan warna dindingnya. Berikut adalah kombinasi warna yang sepadan dengan fungsi ruangan di rumah Anda.

Ruang Tamu

Ruang tamu adalah citra terdepan yang ditampilkan di rumah ANDA. Ruangan ini sangat sering dikunjungi orang lain. Untuk itu, menampilkan ruang tamu yang indah bisa dilakukan dengan pemilihan warna yang tepat. Sebaiknya gunakan warna yang bisa menimbulkan kesan hangat seperti warna-warna pastel atau monokrom.

Ruang Tidur

Untuk ruang tidur biasanya bisa disesuaikan dengan karakter penghuninya. Pemilihan warna yang berani juga disarankan untuk menimbulkan kesan ketegasan pemilik ruanagn ini. Untuk warna yang biasa digunakan biasanya warna biru, pink, atau warna merah.

Dapur

Ini adalah ruangan favorit bagi ibu-ibu. Disini akan tercipta resep-resep andalan yang bisa menjadi favorit keluarga. Untuk memberikan kenyamanan bagi mereka yang berada di sana, gunakan warna-warna orange, metalic atau cokelat. Selain itu, kombinasi warna-warna tersebut juga bisa menambah semangat di dapur.

Kamar Mandi

Yang paling utama dari kamar mandi adalah sisi kebersihannya. Pemilihan warna yang  tepat akan memberikan efek higienis dari kamar mandi itu sendiri. Biasanya warna biru dan hijau yang akan diaplikasikan untuk ruangan ini. Demikianlah pembaca, beberapa tips ampuh dalam memilih cat warna rumah yang paling tepat.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id