Hemat dalam Menggunakan Bahan Bangunan

Posted by purnosidi
on 31/12/2015
Cara Hemat Dalam Menggunakan Bahan Bangunan

Bagaimana mana caranya agar bisa hemat dalam menggunakan bahan bangunan? Nikifour kontraktor terbaik dapat menjadi pilihan untuk proyek pembangunan properti anda. Mendirikan sebuah bangunan memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk mendirikan bangunan meliputi biaya bahan bangunan, biaya jasa (tukang maupun kontraktor), ijin bangunan, dan biaya lainnya.

Tentu saja Anda harus cermat dan bijak dalam mengeluarkan biaya untuk mendirikan bangunan. Perlu dilakukan perencanaan yang matang mencakup desain bangunan, penggunaan jasa tukang/kontraktor, dan biaya untuk bahan bangunan.

Cara Hemat Dalam Menggunakan Bahan Bangunan

Cara Hemat Dalam Menggunakan Bahan Bangunan

Berikut beberapa tips hemat dalam memilih dan menggunakan bahan bangunan. Tentunya ini menjadi hal penting yang bisa diterapkan Anda terapkan ketika memilih bahan bangunan agar lebih efisien.

Buat Perencanaan Bangunan Lebih Detail

Aspek perencanaan memang penting dalam mendirikan bangunan. Perencanaan menyangkut rancangan/desain bangunan, bahan bangunan yang digunakan, tenaga kerja, lama pengerjaan, dan lain sebagainya.

Aspek perencanaan harus benar-benar dibuat lebih detail agar bisa diketahui atau diperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan-keperluan tersebut. Sebagai contoh adalah memilih bahan bangunan yang mencakup jumlah, jenis bahan, dan lainnya.

Anda bisa menghitung sendiri maupun menggunakan jasa Nikifour kontraktor terbaik untuk penghitungan kebutuhan material bangunan, rancangan bangunan, dan lain-lain. Yang pasti bangunan harus kokoh dan tahan lama.

Pilih Bahan Bangunan Berkualitas

Menggunakan bahan bangunan yang berkualitas, kokoh, dan tahan lama merupakan kunci utama dalam penghematan bangunan. Mengapa demikian? Tak lain karena bahan yang berkualitas akan meminimalisir penggunaan bahan bangunan baru.

Anda bisa membayangkan ketika membeli barang baru namun kualitasnya kurang bagus, barangkali bangunan yang dimiliki kurang memiliki kualitas yang baik, misalnya mudah retak, rapuh, atau tidak awet.

Tentu saja hal ini akan membuat Anda untuk membeli bahan bangunan yang baru lagi guna menggantikan bahan yang kurang berkualitas sebelumnya. Akibatnya Anda selaku pemilik bangunan harus mengeluarkan biaya baru lagi.

Oleh karena itu, gunakanlah bahan yang berkualitas yaitu awet, kokoh, dan memiliki daya tahan dalam jangka waktu lama serta tak mudah rusak karena kondisi cuaca.

Pilih Harga Bahan Bangunan Terjangkau

Menghemat penggunaan bahan bangunan bisa Anda lakukan dengan memilih bahan bangunan yang harganya terjangkau. Saat ini ada beberapa bahan bangunan yang harganya terjangkau namun kualitas cukup baik. Sebutlah beberapa di antaranya seperti bata merah, batako, semen, pasir, dan lain-lain.

Anda bisa mencari bahan bangunan yang harganya terjangkau di toko-toko bangunan atau suplier bahan bangunan terpercaya. Anda pun bisa memanfaatkan jasa tim Nikifour kontraktor terbaik untuk memudahkan dalam pemilihan bahan bangunan yang hemat dan berkualitas termasuk dalam pengerjaan bangunannya.

Pilih Tempat Membeli/Suplier yang Dekat Lokasinya

Kerapkali lokasi tempat membeli bahan bangunan maupun penyuplai (suplier) bahan bangunan juga mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Terutama menyangkut biaya transportasi untuk mengangkut bahan bangunan ke lokasi pembangunan.

Selain pengeluaran biaya yang tinggi karena jarak lokasi yang jauh, waktunya juga lebih lama. Nah, untuk efisiensi bahan bangunan Anda cukup memilih lokasi pembelian bahan bangunan dari toko mauapun suplier yang dekat dan masih berada dalam satu kawasan.

Hemat dalam Penggunaan Bahan Bangunan

Inilah cara penghematan dalam membangun hunian. Sebisa mungkin agar bahan bangunan atau material dimanfaatkan sebaik dan seoptimal mungkin. Jangan sampai bahan bangunan terbuang sia-sia.

Jika terdapat sisa potongan atau bahan bangunan, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menutupi dan menambal bagian yang dibutuhkan. Termasuk penggunaan semen, pasir, air, kayu, bata, dan bahan lainnya.

Penghematan dalam penggunaan bahan bangunan seperti diulas di atas dimulai dari proses pembelian hingga proses pelaksaan pembangunan. Begitulah berbagai tips yang direkomendasikan oleh Nikifour kontraktor terbaik. Demikianlah bagaimana caranya hemat dalam menggunakan bahan bangunan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id