Gedung dengan Blok Beton: 5 Proyek Arsitektural ini Sangat Menakjubkan

Struktur Bangunan Beton Berbentuk Aneh
10 Struktur Bangunan Beton Berbentuk Aneh
May 8, 2018

Gedung dengan Blok Beton: 5 Proyek Arsitektural ini Sangat Menakjubkan

Gedung dengan Blok Beton

Konon blok beton mendapatkan peringkat buruk. Tahukah anda bahwa blok beton bisa menghadirkan bentuk desain arsitektural gedung yang menakjubkan? 5 gedung dengan blok beton ini menjadi contoh-contoh proyek penggunaannya. Mari kita lihat cara arsitek mendapatkan ide untuk kembali menjadikan materi yang tampaknya sederhana ini menjadi luar biasa.

Blok beton sering mendapat cap buruk karena rupanya yang mentah dari kacamata industri. Selain itu unit pasangan bata beton (CMU / concrete masonry unit ) sering dianggap kurang indah, terlalu”polos” biasa saja dan harus ditambah penanganan khusus dengan benar untuk menghindari kerusakan air yang berkelanjutan atau pondasi yang melengkung.

Tapi blok beton sesungguhnya, ketika dirancang dan dirakit dengan benar, konstruksi blok beton ini lebih kuat dari beton curah sehingga memperkuat kinerja sebagai dagingnya bangunan.

5 Proyek Menakjubkan: Gedung dengan Blok Beton!

Lima desain berikut ini menghadirkan kembali inspirasi penggunaan konstruksi CMU dan dengan lebih mendetail. Blok beton digunakan dengan berbagai bentuk dan ukuran untuk membuat dinding yang tahan api, tahan lama dan hampir kedap suara.

Blok beton juga membantu mengurangi penggunaan energi dan bermain dengan cahaya dan bayangan untuk mengubah fasad eksterior. Sebagai unit serbaguna, blok bisa berlipat ganda menjadi bingkai struktural dan sistem pondasi untuk aplikasi veneer.

Menampilkan bagaimana batu beton dapat digunakan di seluruh bangunan bertingkat rendah, proyek-proyek berikutnya merayakan desain CMU kontemporer.

1. Outpost

  • Didesain oleh Olson Kundig Architects, dan dibangun di ID, United States.
  • Dinding blok beton CMU disupplai oleh Upham dan American Clay.

Outpost adalah struktur yang dirancang sebagai gedung untuk studio sekaligus tempat tinggal yang terletak di gurun tinggi Idaho.Gedung blok beton ini mengusung desain yang memfokuskan fungsi utama sebagai “taman surga” yang terlindungi. Taman surga yang dimaksud adalah sebuah ruang yang tahan terhadap cuaca ekstrem di luar gedung, bahkan tanpa perlu perawatan khusus. Lantai dasar Outpost diperuntukan sebagai ruang studio bengkel seni, beberapa ruang utilitas dan garasi.

Blok beton yang digunakan Outpost ini menjadi dinding beton tebal ditambah beberapa material lain seperti kayu plywood dan PVC. Blok bata beton digabungkan untuk menciptakan nuansa rumah dan membatasi intrusi ke tanah. Material konstruksi yang digunakan tersedia mudah dan murah sehingga merakit bangunan ini bisa dilakukan dengan cepat.

Gedung dengan Blok Beton Gedung dengan Blok Beton

2. Swift Agency

Gedung yang berbentuk seperti gudang modern ini menjadi model dinamis untuk pengembangan lingkungan. Awalnya adalah pabrik awning CMU seluas 25.000 kaki persegi, kemudian disulap menjadi gedung ini. Struktur rangka masih adli hanya saja ruang kerja yang sama sekali baru.

Dikombinasikan dengan kaca interior monolitik tanpa bingkai dan dinding lampu ulang, struktur CMU membuka ruang loteng seluas 5.000 kaki persegi yang dibagi menjadi empat loteng. Dinding blok beton CMU yang ada dirancang ulang untuk menciptakan identitas baru yang menghormati konteks sekitarnya dan masa lalu industrinya yang ringan.

Pemotongan melalui dinding gudang menekankan transparansi, menarik perhatian ke pusat blok kota yang baru diaktifkan. Kaca yang berangka baja pada tingkat trotoar menghubungkan lingkungan kerja ke kota, sementara sirkulasi bebas diorientasikan di sekitar area baru yang dipotong dari dinding blok beton.

Gedung dengan Blok Beton Gedung dengan Blok Beton

3. Woodbury School of Architecture

Gedung studio Woodbury School of Architecture di desain sebagai ruang kerja terbuka. Gedung dengan blok beton ini meliputi ruang kritik, ruang pendukung, dan ruang serbaguna dengan ketinggian doubel. Struktur gedung ini berfungsi menjadi ruang publik sekaligus pribadi di tepi kampus. Bagian fasad selatan gedung ini dirancang sebagai gerakan skala besar di sepanjang Glenoaks Boulevard.

Dinding blok beton CMU yang menghadap ke selatan dibuat dengan berbagai pola balok bertumpuk yang membentuk pola perubahan bayangan secara halus. Warna blok dan garis melintang dipilih untuk bersimpati pada warna bata dan pola pada bangunan kampus yang ada. Fasad ini juga secara fungsional menyaring sinar matahari dan suara dari jalan-jalan kota yang berdekatan.

Gedung dengan Blok Beton Gedung dengan Blok Beton

4. Mummy Mountain Residence

  • Dikerjakan oleh Chen + Suchart Studio LLC, dibangun di kota Paradise Valley, AZ, United States
  • Blok beton CMU oleh Sutter Masonry

Menanggapi pemandangan dan konteks yang lebih luas dari Gurun Sonora, Gedung dengan blok beton Mummy Mountain Residence ini  memanfaatkan lokasinya untuk mempengaruhi konstruksi bangunan. Dinding blok beton berpasir paralel diorientadikan pada pemandangan Pinnacle Peak yang tidak terganggu, Pegunungan McDowell, Empat Puncak dan Pegunungan Superstition. Bukaan terkontrol dalam dinding CMU merleksikan karakteristik lanskap sekitarnya yang berupa pegunungan dan gurun.

Dinding CMU yang disupplai oleh Sutter mendukung atap berpenutup logam, sementara dinding berpelat logam COR-TEN digunakan untuk lebih memfokuskan pandangan. Dinding kayu lapis dan plester yang diartikulasikan mengartikan veneer pada permukaan khusus dinding CMU yang terbuka di ruang interior. Detail batu sederhana, mudah memungkinkan privasi sambil mengambil kualitas spesifik dari lanskap gurun.

Gedung dengan Blok Beton Gedung dengan Blok Beton

5. Lianyuan Retreat

  • Dikerjakan oleh JYCArchitect bersama DCDAssociates, gedung ini ada Alian District, Kaohsiung City, Taiwan.
  • CMU Walls by KUNG-YU Concrete

Terletak di kaki Gunung Dagan, Gedung dengan blok beton Retret Lianyuan ini dibentuk di antara tanah pertanian di luar Desa Alian. Didesain dengan bentuk persegi panjang dengan ruang pusat di tengah-tengah, proyek ini memiliki halaman tradisional tiga sisi sehingga mendapatkan cahaya di siang hari dan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Ruang interior ini dibuat dengan perapian luar yang berada di halaman sebagai titik fokus visual dan jantungnya rumah. Proyek ini dibuat dengan lapisan luar ganda yang inovatif yang menampilkan konstruksi CMU.

Struktur CMU dan blok lapisan luar melapisi seluruh rumah dan menciptakan estetika yang kuat sebagai tempat tinggal. Blok-blok yang mengelilingi kolam pantul linier membentang di samping permukaan terbuka halaman dan memediasi antara ruang pribadi dan lahan pertanian.

Keseimbangan antara keterbukaan dan penutup dari ruang hidup ke darat diatur oleh modul blok CMU. Dinding bukaan yang solid, kisi, dan tertusuk semuanya berkontribusi pada amplop halus yang mengontrol pengalaman spasial.

Gedung dengan Blok Beton Gedung dengan Blok Beton Gedung dengan Blok Beton

Sumber: https://architizer.com/blog/inspiration/collections/cmu/

purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id