Epoxy Lantai Membuat Bersih Awet dan Istimewa Lantai Anda

Posted by purnosidi
on 06/12/2016

Ingin lantai yang bersih awet dan istimewa? Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa Lantai Anda! Segera pasang Epoxy Lantai!. Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawang dapat memasang lantai epoxy untuk kantor, restaurant, dan lain sebagainya. Namun, sebelum Anda menggunakan jasa perusahaan ini, ada beberapa informasi tentang epoxy yang mungkin sebagian orang belum terlalu mengerti. Epoxy merupakan bahan kimia yang termasuk ke dalam salah satu jenis resin yang didapatkan dari polimerisasi epoksida.

Epoxy ini akan bereaksi dengan bahan kimia lainnya seperti alkohol, fenol, asam, dan amina polifungsi. Epoxy resin biasanya juga dikenal dengan hardener atau bahan pengeras. Setelah hardener dan epoxy tercampur, maka kedua bahan ini akan berubah dari cair menjadi padat dan akan menjadi lebih kuat, mempunyai ketahanan kimia yang sangat tinggi, dan tahan dalam suhu yang tinggi. Epoxy merupakan resin thermosetting hasil dari curing atau reaksi dengan panas internal serta dapat membuat ikatan molekul yang sangat erat dalam sistem cross linking polimer. Epoxy banyak dimanfaatkan untuk cat, coating, dan lem.

Mungkin lebih banyak orang yang mengetahui epoxy resin karena memiliki sifat adhesi yang sangat baik dalam melindungi kaca, beton, baja, kayu, logam, dan coating dengan cara menjadi lapisan yang keras. Epoxy resin juga dimanfaatkan untuk membuat cetakan, tuangan, model, atau alat lain. Epoxy resin dapat terurai di bawah UV atau sinar matahari. Apabila Anda ingin menggunakan epoxy resin di luar ruangan, maka Anda harus menutup epoxy tersebut dengan cat polyurethane.

Pertama kali epoxy ditemukan sekitar tahun 1930 di Swiss dan Amerika Serikat. Epoxy kemudian dikembangkan lagi. Kemudian epoxy diproduksi untuk lem atau perekat di tahun 1946 dan digunakan juga untuk cat di tahun 1947. Cat epoxy ini juga terus dikembangkan supaya lebih ramah lingkungan.

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai bangunan Anda

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai bangunan Anda. Epoxy lantai merupakan teknologi pertama yang telah menjadi teknologi yang unggul di market cat lantai.

Epoxy Lantai Membuat Bersih Awet dan Istimewa Lantai Anda
Pekerja Nikifou memasang Epox Lantai

Layanan untuk memasang epoxy lantai di tempat Anda memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Menghasilkan daya rekat yang sangat bagus untuk semua jenis bahan bangunan.
  • Jenis lantai ini sangat mudah untuk diaplikasikan serta tidak memerlukan waktu yang lama.
  • Epoxy lantai memiliki tingkat penyusutan yang rendah meskipun sudah dipasang dalam beberapa tahun.
  • Epoxy membuat permukaan lantai terlihat basah.
  • Jenis lantai ini sangat tahan dengan bahan kimia.
  • Lantai ini tahan dengan abrasi.
  • Memiliki penanganan sifat yang baik.
  • Lantai ini tidak akan terpengaruh dengan kelembapan saat dilakukan pemasangan.
  • Epoxy lantai dipastikan ramah dan aman untuk lingkungan.

Teknologi Epoxy untuk Semua Jenis Bangunan

Epoxy Lantai Membuat Bersih Awet dan Istimewa Lantai Anda

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa semua lantai bangunan. Cat epoxy lantai sudah terbukti memiliki banyak keunggulan di banyak jenis bangunan seperti laboratorium, ruangan farmasi, rumah sakit, gudang, pabrik, dan sebagainya. Epoxy mempunyai beberapa teknologi seperti Water Born Epoxy karena melihat adanya peraturan kesehatan dan banyak orang yang semakin peduli dengan lingkungan, maka teknologi epoxy juga telah mengalami peningkatan seiring dengan trend yang berkembang. Epoxy memiliki teknologi water born sehingga pengeringan epoxy menjadi lebih cepat dan epoxy juga sangat mudah untuk dibersihkan. Terdapat beberapa jenis pemasangan flooring polimer. Proses finishing pada setiap lantai sangat tergantung dengan teknik pengerjaan. Terdapat tiga kelas utama dari epoxy, sebagai berikut:

  • Epoxy Coating

Pelapisan cat lantai mempunyai pemasangan yang lebih cepat serta memiliki perlindungan yang lebih bagus dari abrasi dan bahan kimia yang tidak sengaja tumpah ke lantai. Lantai bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan lantai tanpa pelapisan.

  • Self-Leveling

Ini merupakan sistem epoxy yang memiliki beberapa komponen yakni campuran pasir halus, pengeras, dan resin epoxy. Teknik ini sangat sesuai untuk lantai di laboratorium, gudang, dan lain-lain.

  • Mortar Epoxy

Ini biasanya dimanfaatkan untuk industri berat.

Epoxy Coating untuk Lantai Kantor

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai kantor Anda. Pelapisan lantai kantor menggunakan cat epoxy adalah teknik pelapisan yang dilakukan untuk lantai kantor dengan memanfaatkan bahan cat epoxy yang berkualitas tinggi. Saat kebersihan sangat diperlukan dan menjadi aturan yang diutamakan dalam sebuah ruangan karena ruangan tersebut harus steril seperti ruang produksi untuk makanan dan minuman atau ruang laboratorium, maka pemasangan epoxy coating adalah hal yang harus dilakukan agar lantai tersebut layak untuk digunakan. Tetapi apakah epoxy coating bisa digunakan untuk melapisi lantai kantor, dan jawabannya adalah bisa. Bukan hanya di laboratorium saja, kantor juga harus memiliki lantai yang steril supaya nyaman digunakan untuk bekerja dan tamu yang berkunjung ke kantor juga merasa nyaman.

Desain Interior Menggunakan Lantai dengan Coating Epoxy

Desain interior merupakan sebuah ilmu yang diperlukan untuk menata dan mendekorasi semua objek yang ada di dalam sebuah ruangan. Desain interior harus dapat membuat pemandangan yang unik sehingga semua orang nyaman di ruangan tersebut. Desain interior dan coating epoxy di lantai kantor memiliki hubungan yang erat. Ketika lantai kantor Anda menggunakan coating epoxy, maka pegawai kantor dapat menjaga kebersihan kantor dengan mudah. Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai kantor Anda. Tidak itu saja, epoxy lantai kantor akan memberikan nilai tambah pada desain interior yang telah dilakukan di kantor tersebut. Percuma sebuah kantor memiliki desain interior yang sangat bagus, namun lantainya terlihat kotor. Kantor Anda sangat mencerminkan kinerja karyawan sehingga kebersihan, tata ruang, dan lain sebagainya harus menjadi perhatian utama. Desain interior yang dipadukan dengan coating epoxy membuat kantor semakin tampil istimewa dan terlihat menarik. Sebaiknya, Anda memesan coating epoxy satu paket dengan desain interior agar proses pengerjaan ruang kantor Anda menjadi lebih cepat.

Ketebalan Cat Epoxy pada Lantai Kantor

Berapa ketebalan dari cat epoxy yang diperlukan untuk melapisi lantai kantor? Keperluan cat epoxy sangat berbeda antara jenis bangunan yang satu dengan yang lain. Keperluan cat epoxy di lantai kantor tidak seperti di pabrik atau gudang. Biasanya di lantai kantor hanya memerlukan cat epoxy dengan ketebalan 500 micron hingga 1000 micron karena tidak terdapat aktivitas alat berat, hanya ada orang berjalan. Hal yang paling penting adalah lantai tersebut mudah dibersihkan dan selalu steril, sedangkan di lantai pabrik dan gudang, biasanya diperlukan cat epoxy dengan ketebalan 2000 micron hingga 3000 micron karena ada banyak alat berat yang beraktivitas di dalam pabrik dan gudang tersebut.

Berbagai Warna Cat Epoxy yang Menarik

Biasanya sesorang sedikit bingung saat menentukan warna cat yang digunakan untuk melapisi lantai kantor. Namun seharusnya warna lapisan cat untuk lantai kantor disesuaikan dengan tema desain interior. Anda dapat melihat katalog dari cat epoxy yang tersedia dengan banyak warna yang menarik dan sesuai dengan keinginan Anda.

Apa Itu Mortar Epoxy?

Mortar merupakan campuran yang terbuat dari adonan atau bahan yang bersifat padat dan keras setelah mengering. Mortar berguna untuk mengisi dan melapisi ruang di sebuah bangunan. Berikut ini merupakan beberapa jenis mortar:

  • Mortar Epoxy

Mortar yang dimaksud dalam pemasangan epoxy adalah melapisi permukaan dari lantai beton sebelum proses pengecatan apabila diperlukan saat kondisi tertentu. Komposisi dari mortar epoxy adalah cat epoxy yang telah dicampur dengan pasir silika dan pengeras dengan perbandingan yang telah ditentukan sehingga menciptakan mortar memiliki daya tahan yang maksimal terhadap tarikan dan tekanan. Mortar epoxy yang memiliki ketebalan 5 mm memiliki daya tekan yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan mortar semen dengan ketebalan 5 cm karena epoxy menjadi perekat yang sangat kuat.

  • Mortar semen

Dalam konstruksi bangunan, mortar merupakan istilah dari adukan semen yang digunakan untuk membentuk beton. Pada umumnya, semen akan dicampurkan dengan material granula atau agregat kasar atau halus seperti air, kerikil, dan pasir. Bisa juga hanya dicampur dengan air, pasir, dan semen. Daya tahan dari mortar semen terhadap tarikan dan tekanan lebih rendah daripada mortar epoxy.

Aplikasi Mortar Sebelum Proses Pengecatan Epoxy

Mortar dalam teknik epoxy berguna untuk menambal atau melapisi permukaan lantai yang terbuat dari beton sebelum melakukan pengecatan dan ini dilakukan di kondisi tertentu seperti beton berlubang dan perlu untuk ditambal serta rusak keseluruhan sehingga lantai harus dilapisi agar permukaannya menjadi rata. Saat melakukan pengecatan epoxy, mortar semen tidak boleh digunakan karena semen dengan umur di bawah satu bulan mempunyai daya serap yang tinggi pada cairan. Ini menyebabkan cat epoxy bisa mudah terserap di dalam mortar semen. Lantai beton dengan kondisi yang masih baik tidak memerlukan mortar epoxy. Mortar epoxy ini dapat digunakan di kondisi lantai sebagai berikut:

  • Permukaan lantai beton yang keropos

Jika langsung dilakukan pengecatan di kondisi ini, maka akan sia-sia karena permukaan lantai beton yang keropos akan menyebabkan pori-porinya menjadi semakin terbuka sehingga cat epoxy akan diserap dengan mudah dan lantai beton ini tidak mempunyai daya tekan yang bagus. Lantai ini akan terus hancur dengan perlahan-lahan.

  • Permukaan lantai beton yang tidak rata

Permukaan lantai yang tidak rata pada umumnya disebabkan karena ketikan pengecoran tidak menggunakan mesin trowel dan pada kondisi tertentu seperti melakukan renovasi atau alih fungsi sebuah gudang untuk meletakkan benda, maka dibutuhkan permukaan lantai yang rata sehingga di kondisi ini, Anda memerlukan mortar epoxy agar permukaan lantai beton tersebut menjadi rata kembali.

Kekuatan dan Daya Tahan Mortar Epoxy

Diperkirakan kekuatan dari mortar epoxy lebih kuat dibandingkan mortar semen. Selain dapat menutupi permukaan lantai beton yang sudah rusak, mortar epoxy dapat meningkatkan daya tekan dan kekuatan dari lantai beton tersebut. Jika Anda memerlukan lantai beton yang tahan lama dan dapat menahan beban dengan berat lebih dari 7 ton, maka mortar epoxy merupakan pilihan yang terbaik dan sangat tepat untuk bangunan Anda.

Penggunaan Epoxy untuk Lantai Terrazzo

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai terrazo Anda. Caranya? Keadaan lantai yang bersih dari kotoran pasti sangat diinginkan oleh semua pemilik bangunan. Apalagi lantai yang digunakan adalah lantai terrazzo. Biasanya lantai terrazzo serta lantai granit mempunyai nat pada setiap sambungan. Tinggi nat biasanya tidak rata dan bahkan lebih rendah dibandingkan dengan permukaan lantai. Ini menyebabkan tidak semua celah dari nat tersebut bisa dijangkau oleh alat pembersih. Di beberapa titik sambungan, bisa tertinggal noda atau kotoran yang menyebabkan bakteri dan kuman bermunculan di lantai tersebut. Dalam beberapa tahun, kotoran tersebut akan menghitam dan membuat lantai bangunan menjadi terlihat semakin kotor. Lantai terrazzo ini sebenarnya tidak disarankan karena sulit untuk dibersihkan. Namun dengan cat epoxy semua masalah tersebut dapat diatasi.

Proses Penggunaan Cat Epoxy untuk Lantai Terrazzo

Mungkin Anda berpikir bahwa lantai terrazzo harus dibongkar terlebih dahulu sebelum diaplikasikan dengan cat epoxy, namun cara ini akan sangat mahal. Padalah cat epoxy ini bisa langsung diaplikasikan di atas lantai terrazzo. Sebelum mengecat, harus dilakukan proses buffing dengan menggunakan mesin buffing yang digunakan untuk mengelupas permukaan lantai serta menghilangkan semua kotoran yang menempel di lantai tersebut. Selanjutnya adalah proses pembersihan untuk menghilangkan debu sisa buffing. Setelah pembersihan dan buffing selesai, maka nat yang tidak rata harus ditutup terlebih dahulu dengan epoxy supaya permukaan lantai sama rata dengan lantai terrazzo baru. Tahap selanjutnya adalah pelapisan cat dasar bagi permukaan lantai yang belum rata dan dilanjutkan dengan top coating sehingga menghasilkan lapisan dasar yang menyeluruh.

Membuat Line di Lantai Gudang Menggunakan Cat Epoxy

Bagaimana membuat line menggunakan cat epoxy untuk lantai gudang Anda? Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai gudang Anda. Yuk simak tips selanjutnya. Berikut inilah merupakan jenis line yang biasa dibuat dan cara pembuatannya.

Border Line

Garis atau line di lantai produksi atau lantai gudang berguna untuk pembatas. Border line sangat penting supaya gudang dan ruangan produksi mempunyai lalu lintas yang teratur. Border line di lantai produksi dan lantai gudang biasanya berwarna kuning karena warna ini bertujuan sebagai peringatan atau hati pengingat supaya pekerja berhati-hati saat alat berat seperti forklift ada di area garis tersebut. Selain itu, agar barang yang ada di area garis tidak terbentur. Manfaat dari pembuatan garis di lantai gudang atau produksi adalah sebagai berikut:

  • Di gudang, garis ini digunakan untuk mengelompokkan barang sesuai dengan kategori yang diinginkan.
  • Di ruangan produksi, garis digunakan untuk membatasi ruangan misalnya ruangan untuk produksi barang A dan B.
  • Memberikan batasan untuk area yang dapat dilalui serta area yang tidak boleh dimasuki.

Exit Line

Garis ini biasanya berwarna merah dan kegunaannya adalah untuk menunjukkan arak keluar supaya orang yang ada di dalam gudang dapat mengikuti arah tersebut. Exit line diharapkan dapat membuat jalur menjadi teratur dan bisa diikuti oleh operator yang ada di dalam gudang.

Cara untuk Mengecat Line dengan Cat Epoxy

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa line pada lantai. Ketebalan exit line dan border line adalah 350 micron. Ini merupakan ketebalan dari cat epoxy yang paling tipis. Border line memiliki lebar 10 cm dan exit line dibuat dengan lebar 25 cm. Sebelum dilakukan pengecatan, letak garis harus ditentukan. Jarak antara garis dengan dinding adalah 10 cm.

Kemudian buat pola dengan menggunakan masing tape yang direkatkan di lantai. Masking tape berfungsi untuk menjaga supaya cat yang digunakan di lantai tidak akan melebar ke samping, jadi garis yang dihasilkan menjadi rata. Setelah dicat, maka masking tape dapat dilepas. Garis ini juga ada di lapangan olahraga, namun jenis cat epoxy yang digunakan berbeda dengan pembuatan garis di gudang dan ruang produksi.

Itulah artikel tentang apa yang disebut dengan epoxy, jenis epoxy, kelebihan dari epoxy dibandingkan bahan lain. Semoga menjadi jelas mengapa harus menggunakan epoxy. Sekarang jadi semakin clear ya, bagaimana cara yang tepat untuk membuat garis menggunakan cat epoxy.

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa lantai setiap bangunan Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan epoxy dalam bangunan Anda, Anda dapat datang atau menghubungi nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta.

Epoxy lantai membuat bersih awet dan istimewa setiap sudut di lantai bangunan Anda. Hubungi kami segera.

Save

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id