10 Hal Dasar tentang Epoxy Lantai dan Epoxy Coating

Posted by purnosidi
on 19/05/2016

Bingung menentukan jenis lantai yang baik? Epoxy lantai merupakan salah satu bentuk solusi lantai serbaguna bagi bangunan komersial maupun industri. Epoxy Lantai dan Epoxy Coating sangat banyak sekali kegunaannya. Penerapan Epoxy juga bermacam-macam tergantung kebutuhan pengguna terhadap tempat mereka.

Untuk mendapatkan Epoxy Lantai yang efektif, harus diperlukan persiapan dan penanganan yang baik pada bidang lantai yang akan dilakukan Epoxy. Inilah 10 hal dasar tentang epoxy lantai dan epoxy coating yang harus Anda ketahui.

10 Hal Dasar tentang Epoxy Lantai dan Epoxy Coating

1. Epoxy Flooring dan Epoxy Coating bedanya 2 milimeter

Pengerjaan Epoxy Lantai anda bisa disebut sebagai Epoxy Flooring jika memiliki ketebalan minimal 2 milimeter, Jika kurang dari itu maka disebut Epoxy Coating / pengecatan/pelapisan epoxy saja.

Perbedaannya adalah menambahkan struktural lantai dan menjadi bagian dari lantai atau hanya sekedar membuat lapisan pelindung.

2. Persiapan permukaan adalah bagian terpenting

Jika persiapan sebelum penerapan epoxy lantai dan epoxy coating tidak baik, maka hasilnya akan kurang baik bahkan gagal. Kenapa demikian? Itu karena masalah penguapan. Penguapan bisa menimbulkan daya rekat menjadi berkurang. Kurang baik dalam mempersiapkan permukaan yang akan di-epoxy, akan menyebabkan tingginya penguapan. Oleh karena itu hal tersebut harus diperhatkan benar. Permukaan bidang lantai yang akan di-epoxy harus benar-benar bersih dan kering terutama agar lapisan Epoxy Utama menjadi maksimal.

3. Epoxy lantai dan epoxy coating bisa diterapkan pada semua bidang dengan permukaan keras.

Epoxy bisa digunakan pada beja, keramik, beton, vinyl karena Epoxy bisa berfungsi sebagai lapisan pelindung terhadap semua permukaan keras.

4. Epoxy yang Flexible Lebih Kuat

Flexible bukan berarti kuat, akan tetapi epoxy lantai dan epoxy coating dengan level yang fleksibel bisa menjadi lebih kuat dari pada Epoxy yang kaku. Kuat di sini adalah kuat terhadap abrasi.

5. Epoxy lantai bisa mempercantik

Epoxy Lantai dalam aplikasi dunia Industri biasanya tidak mengedepankan estetika, tetapi fungsinya. Akan tetapi untuk penggunaan rumahan, kantor dan tempat2 yang menghendaki estetika tertentu, Epoxy Lantai bisa dikombinasikan dengan bermacam warna dan efek.

Bahkan Epoxy Lantai bisa diaplikasikan pada desain 3D untuk menghadirkan efek realistik, misalnya gambar air dan laut pada lantai kamar mandi dan sebagainya.

6. Epoxy bisa dikombinasikan dengan produk lain.

Epoxy bisa diaplikasikan dengan baik tanpa batasan. Lapisan anti slip bisa ditambahkan pada Epoxy dengan tambahan butiran kuarsa. Lapisan teratas atau top coat dari bahan Urethane bisa dijadikan bagian penutup guna menghasilkan permukaan yang lebih awet.

7. Epoxy juga bisa untuk Outdoor

Epoxy yang dikombinasikan dengan material semacam kerikil bisa membuat permukaan luar rumah lebih awet dan lebih menarik.

8. Epoxy Lantai Bisa Lebih cepat Kering

Epoxy Lantai mengering dalam waktu yang cepat, meskipun ia terlihat keras bukan berarti sudah bisa digunakan. setidaknya butuh waktu 18 hingga 24 jam untuk bisa secara aman orang berjalan di atasnya. Wajarnya adalah 30 hari untuk bisa keras secara sempurna.

Temperatur udara yang dingin akan memperlambat proses pengerasan. Untuk menghindari penegringan yang lama dan datangnya masalah lain, sebaiknya suhu di lokasi Epoxy Lantai diaplikasikan adalah di atas 15 derajat celsius.

9. Hindari produk Epoxy Murahan

Epoxy yang murahan hanya berisi 30% sampai 40 % kandungan solidnya, yang berarti bergitu produk Epoxy itu mengering ketebalan dan daya tahan yang Anda dapatkan hanya 40 % saja. Yang terbaik tentunya adalah produk Epoxy dengan kandungan solid 90 hingga 100 % guna hasil yang maksimal.

10. Hati-hati dengan Ultra Violet

Lantai Epoxy yang terpapar sinar matahari langsung akan menguning pada bagian dalam. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pilihlah epoxy denganb shade gelap atau menggunakan lapisan yang tahan terhadap Ultra Violet, atau membatasi lapisan epoxy tidak terkena sinar matahari secara langsung.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id