Lemari Dapur Aluminium
Lemari Dapur Aluminium: Kekurangan dan Kelebihannya
February 17, 2019
Foto Plafon Modern
Plafon Kisi Aluminium Melengkapi Desain Interior Modern Rumah Anda
March 17, 2019

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif: 7 Desain Arsitektur Yang Berkilau

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Anda akan menyaksikan 7 desain yang semuanya berkilau. Ya inilah 7 desain eksterior berbungkus aluminium reflektif. Aluminium adalah logam yang ringan dan serbaguna. Aluminium juga memiliki sifat memantulkan cahaya sehingga bisa menjadi cermin cermin logam yang luar biasa. Untuk itu, beberapa arsitek di bawah ini  memanfaatkan panel komposit aluminium untuk merealisasikan bentuk desain reflektif pada eksterior.

Tentu saja logam yang bisa menjadi cermin adalah hal yang luar biasa. Logam cermin tersebut jika diaplikasikan sebagai bahan pelapis yang membungkus eksterior, maka logam cermin ini memiliki kemampuan untuk mengarahkan setiap struktur di tepian, mengubahnya menjadi ekstensi yang menhadirkan nuansa kalem terhadap lingkungan alami di sekitarnyanya.

Aluminium kini banyak dibuat menjadi panel komposit dengan daya kualitas refleksi yang sama seperti cermin kaca pada umumnya. Arsitek memilih komposit ini sebagai bahan terbaik pengganti kaca karena lebih ringan dan tidak mudah pecah.

7 Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Guna Menciptakan Desain Arsitektur yang Berkilau

Aluminium komposit sangat bervariasi dalam sifat reflektif, beberapa arsitek berikut berkolaborasi dengan produsen ahli Alucobond, Aluform, Boehme-Systems dan banyak lagi, untuk menghasilkan desain eksterior relfektif yang menakjubkan.

1 – Extension Primary School

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Extension Primary School ini dibangun oleh Bonnard Woeffray, Bovernier, Swiss. Perluasan pada bangunan sekolah ini, layaknya baju perang zirah, membentuk perisai alami terhadap longsoran dan guyuran salju yang lebat. Bagian fasad bangunan ini dibalut dengan aluminium metalik yang berkilau yang memantulkan cahaya dari sisi bukit yang berdekatan, menambah dimensi visual baru pada lokasi tersebut.

2 – Dulwich Pavilion

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Paviliun Dulwich ini dibangun oleh IF_DO, London, Inggris sebagai respons terhadap soliditas dan sifat monolitik dari galeri Sir John Soane dengan menciptakan situs pengalaman mendalam dan refleksi pribadi bagi pengunjung galeri. Terdiri dari atap rangka kayu dan selubung panel di sekitarnya, layar aluminium cermin yang tetap dan bergerak ditata sedekimian rupa untuk mengalihkan konteks tradisional situs.

3 – Football Stadium Arena Borisov

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Stadion Sepak Bola ‘Arena Borisov’ ini dibangun oleh arsitek OFIS, Barysaŭ, Belarus. Pelapisan aluminium dibangun oleh Boehme Systems. Arena sepakbola terbuka yang besar oleh arsitek OFIS ini memilki rangka baja, beton bertulang, dan struktur balok logam, yang dibalut dengan sirap aluminium mengkilap18 x 18 inci. Lapisan reflektif ini benar-benar membungkus keseluruhan kubah amorf, sehingga menciptakan kesan objek yang sepenuhnya bersatu dan tertutup.

4 – 145 Student Housing

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

145 Student Housing ini dibuat oleh GARDERA-D, di kota Bordeaux, Prancis. Papan aluminium oleh Aluform. Dengan pondasi beton yang baik, GARDERA-D memanfaatkan kelongsong logam untuk menampilkan kelembutan pada keseluruhan tampilan bangunan. Struktur dengan eksterior berbungkus aluminium reflektif ini berselimut tiga jenis papan aluminium datar anodized yang didistribusikan secara acak untuk memecahkan aspek monolitik bangunan. Dengan aluminium anodized, para arsitek mampu menciptakan fasad yang selalu berubah yang terus-menerus menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

5 – Steirereck

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Bangunan Steirereck dibangun di kota Wina, Austria oleh PPAG dengan tujuan menciptakan desain yang unik, abadi dan inovatif yang akan menjadi rumah bagi salah satu restoran terbaik di dunia. Dengan menciptakan sistem paviliun,  menggantikan area makan seperti wadah, para arsitek merancang ruang di mana setiap tamu dapat duduk di sepanjang jendela dan berada dekat dengan alam. Panel aluminium pada bangunan dengan eksterior berbungkus aluminium reflektif  ini yang dapat diputar.

6 – paläon – Research and Experience Center Schöningen Spears

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Gedung bernama paläon ini merupakan pusat penelitian dan pengalaman yang dibangun oleh Holzer Kobler Architekturen, Schöningen, Jerman bekerja sama dengan Alucobond naturAL. Pusat penelitian dan pengalaman dengan eksterior berbungkus aluminium reflektif  ini seperti terlihat seperti lambang yang bisa dilihat dari jarak jauh.

Dengan bentuk futuristik yang dibalut dengan aluminium super reflektif, sehingga menjadi cermin dinamis pada sebuah lanskap yang terbuka. Holzer Kobler Architekturen bermitra dengan Alucobond – produsen panel logam berkualitas yang dikenal dengan produk pelapis aluminium ringan dengan sentuhan akhir yang memukau.

7 – Casa Invisible

Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif Eksterior Berbungkus Aluminium Reflektif

Casa Invisible ini dibangun oleh Delugan Meissl Associated Architects, di Austria yang bekerja sama dengan Alucobond naturAL. Bangunan ini merupakan unit rumah fleksibel yang mengutamakan efisiensi dan desain ramah lingkungan. Rumah dengan eksterior berbungkus aluminium reflektif ini terdiri dari bingkai kayu domestik prefabrikasi dan eksterior berbentuk cermin yang merupakan lapisan panel aluminium Alucobond. Para arsitek memilih aluminium cermin untuk kualitasnya yang ringan dan tahan lama.

Referensi:

  1. https://architizer.com/blog/inspiration/collections/reflective-aluminum/
purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id