Desain Interior Ruang Rapat Nikifour Kontraktor Terbaik

Posted by purnosidi
on 30/11/2015
Desain interior ruang rapat

Bagaimana tata desain interior ruang rapat agar mendatangkan suasana yang kondusif terhadap produktivitas? Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kantor, keberadaan ruang rapat sangat penting. Semua kegiatan yang berkaitan dengan evaluasi kerja perusahaan dilakukan di ruang rapat.

Bisa jadi sebuah kesepakatan kerja yang penting juga terjadi dalam ruang rapat. Mengingat pentingnya fungsi ruang rapat ini, sebuah konsep desain interior yang tepat akan memastikan kenyamanannya.

4 Tips Desain Interior Ruang Rapat

Konsultasikan desain tata letak ruang meeting Anda dengan Nikifour. Kami memiliki area kerja dengan lokasi office terdekat KIIC Suryacipta Karawang hingga Jababeka Bekasi.

1. Tata letak ruang rapat

Berbeda dengan ruang direktur, ruang rapat biasanya digunakan oleh banyak orang. Sehingga kenyamanannya bukanlah milik pribadi merupakan harus menjadi kenyamanan bagi banyak orang. Anda tidak bisa membuat ruang rapat yang nyaman menurut Anda namun tidak nyaman bagi orang lain. Sebelum membuat ruang rapat, Anda harus memastikan tata letak ruang rapat yang paling tepat dan strategis.

Tata letak ruang rapat haruslah strategis. Artinya, ruangan harus diletakkan di tempat yang strategis yang bisa dijangkau dari arah manapun. Selain itu ruang rapat juga mudah dicari bukan tersembunyi pada bagian tertentu sehingga sulit dijangkau. Hindari menempatkan ruang rapat pada tempat-tempat ramai yang bising dan berisik. Ruang rapat selalu penuh dengan informasi terkait perusahaan. Semua informasi ini tidak akan sampai dengan efektif jika banyak sekali suara bising di sekitarnya.

2. Furniture ruang rapat

Tidak hanya lobi yang memerlukan furniture terbaik. Ruang rapat Nikifour Kontraktor Terbaik juga memerlukan furniture terbaik sehingga nyaman bagi semua orang. Pemilihan furniture ini tidak boleh dilakukan sembarangan melainkan harus menggambarkan karakter atau ciri khas perusahaan. Jika Anda mendirikan perusahaan manufacture, Anda tidak dapat memilih furniture ruang rapat yang seunik milik perusahaan kreatif atau seni.

Sediakan kursi dan meja pada ruang rapat sejumlah peserta rapat. Sangat dianjurkan untuk menggunakan meja yang tidak terlalu rendah namun juga tidak terlalu tinggi. Meja dengan ketinggian 80-90 cm sangat dianjurkan untuk dipakai. Meja ini akan membuat peserta rapat lebih nyaman selama rapat berlangsung. Sebaiknya gunakan kursi hidrolik sehingga mudah disesuaikan dengan kondisi peserta rapat.

3. Peralatan ruang rapat

Ruang rapat adalah ruang yang secara resmi diperuntukkan bagi seluruh karyawan perusahaan yang membutuhkan diskusi, laporan hingga banyak aktifitas perusahaan lainnya. Peruntukannya yang jelas, membuat ruang rapat juga harus dilengkapi dengan berbagai peralatan yang diperlukan selama rapat. Saat membuat ruang rapat, Anda harus memastikan bahwa semua peralatan ini telah tersedia dan siap digunakan. Sehingga saat rapat dimulai, peserta tidak akan kebingungan mencari peralatan yang diperlukan.

Peralatan wajib yang harus disediakan dalam ruang rapat adalah proyektor. Selain proyektor, Anda juga dapat menyediakan komputer atau laptop. White board hingga spidolnya. Bila perlu, Anda dapat memasukkan portofolio perusahaan ke dalam ruang rapat. Tentunya portofolio ini harus dikemas dengan baik seperti menggunakan banner, foto, buku atau justru berupa sampel produk. Meski portofolio ini tidak terlalu dibutuhkan, namun bisa saja Anda membutuhkannya untuk mengenalkan perusahaan kepada karyawan atau peserta rapat baru.

4. Pencahayaan dan temperatur udara

Kapasitas ruang rapat haruslah besar sehingga mampu menampung banyak karyawan atau peserta rapat. Kapasitas ruangan yang besar, membuat ruang rapat harus didukung oleh pencahayaan yang cukup. Pencahayaan ini haruslah terjangkau pada seluruh ruangan sehingga memudahkan peserta untuk melakukan kegiatan selama rapat. Pastikan lampu yang digunakan cukup terang namun tidak menyilaukan sehingga peserta dapat mengikuti rapat dengan tenang.

Selain masalah pencahayaan, ruangan berkapasitas besar juga menuntut temperatur udara yang ideal. Bahkan jika ventilasi udara dalam ruangan rapat sangat baik, temperatur akan tetap meningkat. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menjamin temperatur yang cukup dingin. Gunakan AC yang cukup sehingga temperatur dalam ruang tetap dingin. Letakkan AC pada lokasi yang telah Anda konsultasikan dengan Nikifour Kontraktor Terbaik sehingga mampu menjaga temperatur seluruh ruangan tetap ideal.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id