10 Desain Bata Eksterior Rumah yang Cantik dan Elegan

Posted by purnosidi
on 12/02/2016

Inilah 10 Desain Bata Eksterior Rumah yang Cantik dan Elegan. Anda sedang membaca tips dari Nikifour kontraktor terbaik untuk memilih bata eksterior. Nikifour sebagai perusahaan kontraktor terbaik selalu memberikan saran terbaik untuk pelangganya dalam memilih bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Bahan bangunan yang dibutuhkan suatu bangunan memang sangat beragam, dan bata menjadi salah satu bahan bangunan populer.

Namun, memilih bata memerlukan pertimbangan besar agar sesuai dengan gaya dan dekorasi bangunan. Sebab bata merupakan bahan bangunan yang tahan lama dan setelah terpasang maka akan digunakan untuk waktu yang lama. Semua bata yang terbuat dari tanah liat kemudian dibakar atau dipanggang menjadi blok-blok bangunan yang kokoh, ternyata menyediakan banyak pilihan dalam warna, ukuran dan tekstur. Mencari bata yang tepat untuk sebuah bangunan biasanya menyesuaikan dengan desain, jenis rumah dan preferensi pribadi dari pemiliknya ataupun kontraktornya. Kini Nikifour Kontraktor Terbaik yang selalu memberikan saran terbaik untuk pelangganya akan memberikan beberapa tips dalam memilih bata untuk kebutuhan eksterior bangunan.

Pengelompokan bata

Bata modern dikelompokan berdasarkan curah hujan dan siklus pemekuan. Menurut Brick Institute of Amerika, setidaknya terdapat tiga peringkat bata. Peringkat pertama adalah SW yang dibuat untuk menahan cuaca buruk atau suhu di bawah titik beku pada iklim lembap, seperti di Amerika Utara. Peringkat kedua adalah MW yang dibuat untuk menahan cuaca sedang atau suhu beku pada iklim yang lebih kering dan ringan, seperti Amerika Serikat bagian Selatan. Keduanya biasanya digunakan untuk kebutuhan eksterior bangunan. Peringkat ketiga adalah NW yang dibuat untuk daerah yang suhunya lebih hangat dan kering, atau daerah yang curah hujannya yang kurang dari 15 inci per tahun. NW kebanyakan digunakan untuk kebutuhan interior bangunan, tetapi bisa juga digunakan untuk kebutuhan eksterior bangunan.

Bata antik atau bekas

Bata jenis lain yang sering digunakan pada eksterior bangunan adalah bata antik atau bata berkas yang direklamasi dari bangunan-bangunan tua yang sudah dirobohkan dan dibersihkan adukan semennya. Gaya ini memang kurang cocok untuk menambah nilai eksterior bangunan modern, tetapi biasanya digunakan jika eksterior bangunan sudah bertahan sekitar 50 tahun atau lebih. Bata berkas biasanya memiliki sudut yang kurang tajam daripada bata baru dan permukaannya lebih bertekstur.

Warna bata

Kebanyakan batu-bata yang dijual saat ini adalah bata fasad. Bata yang paling umum biasanya berwarna merah. Namun, bukan berarti tidak ada bata berwarna lain, sebab kini ada bata yang warnanya agak gelap hingga agak terang, bergantung pada tingkatan warna cokelat, merah dan kuning. Warna pada bata bergantung pada tanah liat dan komponen lainnya yang digunakan untuk membuat bata.

Permukaan bata

Bata standar untuk kebutuhan eksterior biasanya memiliki permukaan yang halus, tetapi muncul juga beberapa variasi. Beberapa bata dibuat hanya satu sisi rata, sementara sisi lainnya dibuat tidak rata dengan garis-garis yang tidak teratur. Bentuk lainnya adalah bata yang dibentuk dengan pasir untuk menghasilkan tekstur kasar, atau bata yang dibentuk mengkilap dengan lapisan keramik di satu sisinya.

Struktural bata

Kebanyakan bata merupakan bentuk persegi yang solid, tetapi struktural bata yang dibuat biasanya memiliki dua atau tiga lubang. Hal dilakukan untuk mengurangi beban tembok, tanpa menghilangkan sokongan strukturalnya. Lubang-lubang tersebut juga membuat sambungan semen menjadi lebih besar serta bisa digunakan dalam beberapa situasi, seperti untuk memperkuat baja batangan yang menjadi pondasi. Struktural bata eksterior yang paling sering digunakan pada dinding yang berdiri bebas, bukan yang menghadap ke rumah.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam memilih bahan bangunan, khususnya bata untuk kebutuhan eksterior. Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan jasa kontraktor profesional dan berpengalaman untuk memasang bata eksterior bisa memilih Nikifour Kontraktor Terbaik.

Desain Bata Eksterior Rumah

Adapun berikut ini adalah foto-foto dari 10 desain bata eksterior rumah yang cantik dan elegan yang kami nukilkan dari sumber: https://www.hgtv.com/vertical/remodel/outdoors/beautiful-brick-homes-pictures.

Desain Bata Tembok Eksterior 01

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 01

Desain Bata Tembok Eksterior 02

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 02

Desain Bata Tembok Eksterior 03

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 03

Desain Bata Tembok Eksterior 04

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 04

Desain Bata Tembok Eksterior 05

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 05

Desain Bata Tembok Eksterior 06

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 06

Desain Bata Tembok Eksterior 07

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 07

Desain Bata Tembok Eksterior 08

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 08

Desain Bata Tembok Eksterior 09

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 09

Desain Bata Tembok Eksterior 10

Desain Bata Eksterior Rumah - Desain Bata Tembok Eksterior 10

Demikianlah contoh 10 desain bata eksterior rumah yang cantik dan elegan. Semoga menjadi sumbangan ide dan inspirasi desain eksterior rumah Anda. Terima kasih telah berkunjung di website Nikifour.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id