Hindari Cat Epoxy Murah dengan Kualitas Rendah

Posted by purnosidi
on 18/08/2015

Banyak perusahaan termasuk di  kawasan KIIC Suryacipta melakukan pengecatan epoxy untuk menjaga keselamatan dan keamanan tenaga kerjanya dari bahaya sengatan listrik, kebakaran, dan  ledakan di area kerja. Selain itu pengecatan epoxy juga menjaga penampilan permukaan lantai pada area kerja sehingga terlihat mengkilau, mengkilap, rapi dan tentu saja  terlihat lebih indah dan bersih karena tanpa adanya sambungan. Lalu bagaimana cara kerja cat epoxy? Inilah beberapa tips tentang hindari cat epoxy murah dengan kualitas rendah.

Hindari Cat Epoxy Murah dengan Kualitas Rendah

Pencampuran lapisan epoxy

  1. Ada dua lapis pada cat epoxy, bagian pertama, yaitu cat epoxy, dan bagian kedua atau hardener

Tuang dan pindahkan campuran kedua bahan tersebut kedalam wadah yang berlainan. Untuk komposisi cat epoxy dan hardner perbandinganya bergantung pada kualitas produk dan kondisi area lantai pengecatan.

  1. Setelah proses pencampuran cat epoxy dengan hardner, cat harus segera diaplikasikan. Karena biasanya dalam waktu kurang lebih satu jam, campuran tersebut akan mengeras sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Pengecatan lapisan epoxy

  1. Perusahaan kontraktor terbaik karawang biasanya memakan waktu 8 jam untuk tiap prosesnya, diawali proses primer dilanjutkan proses body coat ditutup dengan proses finishing.
  2. Permukaan lantai yang sudah diaplikasi cat campuran akan mengeras dalam waktu satu jam atau bergantung pada suhu ruangan dan lainnya. Tetapi agar hasilnya sempurna sebaiknya menunggu hingga dua hari. Suhu yang umum digunakan untuk pengecatan lantai ini adalah berkisar pada suhu 30°C, seperti suhu di kawasan Jababeka Bekasi.
  3. Setelah lapisan epoxy mengering akan terbentuk lapisan tipis yang memiliki daya lekat yang sangat kuat, kedap air, keras, tahan terhadap beban berat, tahan terhadap panas, dan tahan terhadap bahan kimia
  4. Tebal dan tipisnnya lapisan cat epoxy bergantung pada penggunaan lantai dari pengecatan tersebut. Perhatikan penggunaan lantai yang ingin diberikan lapisan epoxy, apakah menahan beban berat seperti dilewati forklift atau bahkan tidak harus menahan beban berat.

Masalah yang timbul pada lapisan epoxy

1. Menguning atau berkapur

Kelemahan lapisan epoxy, yaitu jika terpapar sinar mataharis secara langsung, maka warna lantai akan menguning (yellowing), bahkan bisa mengeluarkan bubuk yang menyerupai kapur (chalky) dan permukaan mengkilat (gloss) pada lapisan epoxy akan menghilang. Hal ini akan terlihat buruk terutama pada cat lantai yang berwarna gelap. Untuk mengatasi masalah tersebut lantai bisa dilapisi lagi dengan cat khusus berupa poly urethanes.

2. Tidak melekat pada beberapa permukaan

Beberapa jenis cat termasuk cat epocxy, tidak bisa melekat langsung pada permukaan galvanis. Bahkan jika cat epoxy langsung diaplikasikan pada permukaan galvanis akan segera lepas. Galvanis adalah lapisan pelindung, yang mampu memberikan melindungi permukaanya sendiri. Sebelum mengecat permukaan galvanis dengan epoxy, gunakan terlebih dahulu cat dasar (primer). Selain galvanis, aluminium dan ada beberapa logam lainnya juga mengalami kesulitan ketika akan dilapisi cat epoxy.

3. Lubang kecil dan tidak merata

Cacat yang sering terjadi pada lapisan epoxy adalah adanya lubang kecil yang tidak rata. Cacat ini disebabkan karena terkena kotoran atau tercemar dari silicon, minyak atau lilin. Untuk mengatasinya, terdapat bahan-bahan yang bisa mengurangi kerusakan pada permukaan lapisan epoxy tersebut.

Ada baiknya anda menggunakan jasa pengecatan epoxy pada perusahaan yang berpengalaman seperti nikifour .

Demikian tadi cara hindari cat epoxy murah dengan kualitas rendah. Agar Anda terhindar dari perusahaan yang menawarkan cat epoxy murah dengan  kualitas yang buruk, karena cat epoxy murah akan ditambahkan bahan pengisi (filler) yang akan membuat daya rekat dari resin semakin buruk, sehingga lapisan cat tersebut akan mudah rusak dan terkelupas.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id