Cara Terbaik Mengecat Dinding Rumah

Posted by purnosidi
on 07/05/2015
Cara Terbaik Mengecat Dinding Rumah

Inilah bagaimana cara terbaik mengecat dinding rumah. Sebagai pemilik sah rumah, melakukan kreasi warna terhadap cat dinding rumah Anda adalah sebuah keharusan. Sayangnya mengecat dinding rumah bukanlah perkara mudah mengingat tidak mudahnya melakukan kombinasi antara warna satu dengan lainnya.

Cara Terbaik Mengecat Dinding Rumah

Namun bukan berarti Anda tidak dibolehkan untuk mengecat rumah Anda sendiri. Karena itu sangat penting untuk mengetahui cara terbaik mengecat dinding rumah untuk membuat kreasi Anda semakin indah dan membuat rumah terlihat lebih elegan juga nyaman ditempati.

Tips Mengecat Dinding Rumah Baru

Mengecat dinding yang baru tidak bisa dilakukan dengan cara yang sama pada dinding lama. Membutuhkan beberapa kali proses sebelum pengecatan untuk membuatnya tampil bagus dengan cat yang diterapkan merata juga sempurna. Terutama karena dinding baru lebih banyak memiliki pori yang masih sangat kuat dalam menyerap cat yang Anda gunakan. Jika Anda tetap memaksakannya, Anda akan sangat boros cat. Sangat dianjurkan untuk memberi sealer pada dinding. Sealer ini dapat berupa water base atau solvent base yang kualitasnya sangat baik.

Pengecatan pada dinding baru dalam rumah Anda dapat dilakukan setelah dinding diberikan sealer. Setelah pemberian sealer ini, Anda dapat langsung melakukan proses pengecatan. Untuk mendapatkan hasil terbaik dinding baru rumah Anda, berrikut ini adalah cara terbaik mengecat dinding rumah:

  • Jangan menggunakan cat minyak atau biasa disebut lateks vinyl pada tembok baru Anda. Biasanya penggunaan cat minyak langsung akan membuat warna cepat pudar juga timbul bercak-bercak. Sebaiknya gunakan sealer pada dinding.
  • Jatuhkan pilihan Anda pada cat acrylic yang akan mencegah peningkatan kadar alkali pada tembok yang dapat menyebabkan warna cepat pudar. Bahkan keuntungan menggunakan jenis cat acrylic adalah dapat langsung diterapkan pada dinding tanpa sealer.

Persiapan Pengecatan Dinding Rumah

Untuk mengecat dinding lama, Anda tidak perlu menjalani proses seperti saat mengecat dinding baru. Karena dinding lama sudah memiliki lapisan cat yang diterapkan lebih dulu. Meski begitu melakuan cara terbaik mengecat dinding rumah harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik:

Menyiapkan semua peralatan yang diperlukan selama proses pengecatan seperti cat, kalaeng, kuas dan juga rol. Menyiapkan peralatan sebelum bekerja akan membuat Anda bekerja lebih mudah tanpa harus mencari-cari kembali barang yang Anda butuhkan.

Lindungi semua barang berharga yang ada di rumah dengan menutupinya menggunakan kain atau koran. Jika Anda menggunakan jasa orang lain untuk mengecat rumah Anda, menyimpan barang-barang berharga adalah sebuah keharusan untuk melindungi aset Anda.

Bersihkan dinding dari kotoran. Anda dapat menggunakan vaccum cleaner untuk membuang kotorannya. Anda juga dapat menggunakan kain atau sapu untuk membuang kotorannya. Jika dinding Anda terlalu kotor dan bernoda, Anda dapat menggunakan deterjen atau cairan pembersih untuk membuang sekaligus membersihkan jamur yang tumbuh di dinding.

Lakukan perbaikan pada dinding yang mengalami kondisi rusak seperti retak, berlubang atau memiliki permukaan yang kasar. Perbaikan ini akan menyempurnakan proses pengecatan yang Anda lakukan.

Menerapkan cat dinding dengan lapisan dasar. Jika perlakuan pertama ini sudah mengering maka Anda dapat langsung melakukan pengecatan dengan menyiapkan cat dan sejumlah air untuk mengencerkan cat. Air yang Anda gunakan haruslah sejumlah 10% dari volume cat.

Mengecat dinding dengan menggerakkan kuas ke atas dan bawah hingga merata ke seluruh dinding rumah Anda. Setelah mengering selama 2-3 jam, Anda dapat kembali menebalkan cat Anda dan menghasilkan warna sesuai dengan yang Anda inginkan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id