Bagaimana cara mudah membuat instalasi listrik rumah? Pernahkah anda mendengar atau mengetahui sekilas tentang PT Nikifour Kontraktor di Karawang? Yups, tepat sekali. PT Nikifour Kontraktor merupakan perusahaan IT networking, general kontraktor dan building maintenance. Oleh karenanya, bukan hal aneh bila perusahaan ini bergerak di beberapa bidang sekaligus. Seperti halnya bidang konstruksi, mekanikal, elektrikal dan beberapa bidang lainnya.

Bicara tentang bidang elektrikal, ada berbagai pekerjaan elektrikal yang biasa ditangani oleh PT Nikifour Kontraktor. Beberapa diantaranya, yaitu pemasangan penangkal petir, penarikan kabel, panel listrik, pemasangan terminasi panel mesin dan beragam pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan maupun elektrikal lainnya. Bahkan perusahaan kontraktor ini, juga bekerja di bidang pembuatan instalasi listrik rumah.

Memahami Instalasi Listrik di Rumah

Untuk mengerjakan pembuatan instalasi listrik rumah, sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah untuk para pekerja PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Hal ini terbukti dari proses pengerjaan instalasi listrik yang tergolong cukup cepat. Kendati demikian, pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan perusahaan ini tidak asal-asalan. Bahkan mereka menerapkan tips dan trik agar instalasi listrik yang dibuat tetap aman dan tidak mengalami korsleting listrik. Meskipun dikerjakan dengan cepat.

Penasaran dengan tips dan trik yang digunakan oleh perusahaan kontraktor ini? Mengapa bisa tips dan trik yang digunakan dapat membuat instalasi listrik selalu aman dengan pengerjaan yang cepat? Untuk mengetahui jawabannya, mari perhatikan beberapa penjelasan singkatnya di bawah ini.

Membuat Denah Instalasi Listrik Rumah

Tips pertama yang harus dilakukan sebelum membuat instalasi listrik rumah adalah membuat denah lokasi instalasi listrik yang terbaik. Denah ini, dibuat untuk menempatkan posisi instalasi listrik terbaik. Sehingga posisi instalasi listrik, sesuai dengan kebutuhan para penghuni rumah. Seperti halnya sakelar lampu yang diletakkan di samping pintu untuk mempermudah proses menyalakan lampu, bila dari luar ruangan.

Tak hanya itu. Pembuatan denah untuk instalasi rumah ini, juga berguna untuk mengurangi risiko kesalahan maupun kelalaian yang kelak akan membahayakan para penghuni rumah. Sehingga dengan pembuatan denah instalasi listrik yang tepat, maka kenyamanan para penghuni rumah akan terjaga dengan baik.

Membagi Jalur Kabel, Ketika Membuat Instalasi Listrik

Setelah membuat denah lokasi instalasi listrik yang tepat, tips dan trik yang kedua adalah dengan membagi jalur kabel. Membagi jalur kabel yang dimaksud disini adalah membedakan jalur kabel sesuai dengan kebutuhan listrik untuk keperluan rumah tangga. Seperti halnya kabel untuk pompa listrik, kabel untuk stop kontak, kabel untuk lampu maupun kabel untuk perlengkapan lain harus dibuatkan jalur yang berbeda-beda saat pembentukan instalasi listrik.

Tak hanya itu, dalam pembuatan instalasi listrik diperlukan pula MCB ( Mini Circuit Breaker ). MCB ini diperlukan karena berfungsi untuk memutuskan saluran listrik yang berlebih. Sehingga MCB memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keamanan saluran listrik serta pencegahan terjadinya korsleting listrik.

Membuat Jalur Khusus Untuk Perangkat dengan Tekanan Listrik Tinggi

Selain membagi jalur kabel, perangkat dengan tekanan listrik tinggi ataupun peralatan dengan daya yang besar harus dibuatkan jalur khusus. Contoh peralatan yang memiliki tekanan tinggi, meliputi AC, pompa air, kulkas dan berbagai peralatan berdaya besar lainnya. Hal ini dilakukan, supaya ketika digunakan peralatan dengan daya besar ini tidak mengganggu arus listrik dari peralatan yang hanya menggunakan daya listrik yang lebih kecil.

Tak hanya itu, pembuatan jalur kabel khusus juga membuat instalasi listrik menjadi lebih aman. Bahkan pembuatan jalur khusus ini, juga bisa dimanfaatkan untuk lebih menghemat biaya. Sebab pembuatan jalur khusus ini, dapat membuat kabel lebih awet dan tahan lama. Hal ini dikarenakan beban arus listrik yang melalui kabel tidak berlebihan. Sehingga tidak terlalu membebani kinerja kabel itu sendiri.

Menggunakan Kabel SNI Untuk Instalasi Listrik Rumah

Walaupun terlihat sepele, namun listrik adalah sesuatu yang sangat berbahaya. Untuk itu, ketika sedang membuat instalasi listrik rumah alangkah baiknya bila anda menggunakan kabel SNI ( Standar Nasional Indonesia ). Hal ini dikarenakan kabel SNI, sudah terjamin akan kualitas dan keamanannya. Selain itu, kabel SNI juga lebih awet dan tahan lama. Sebab kabel SNI tidak mudah terkikis, apalagi terkelupas.

Oleh karenanya, PT Nikifour Kontraktor juga selalu menggunakan kabel berstandar SNI ketika membuat instalasi listrik. Terlebih keamanan pekerja dan customer adalah prioritas utama dari perusahaan ini. Sehingga bila menggunakan jasa perusahaan ini, keamanan akan instalasi rumahmu pasti terjamin aman. Jadi, tunggu apalagi? Bila anda berdomisili di Karawang dan ingin membuat instalasi listrik, segera hubungi PT Nikifour Kontraktor.

Melakukan Grounding 

Ketika membuat instalasi listrik, mekanisme grounding juga harus diterapkan. Hal ini dilakukan supaya instalasi listrik menjadi lebih safety. Terutama dari sengatan listrik akibat dari tegangan listrik yang berubah tekanan secara mendadak ataupun daya listrik yang tiba-tiba membesar akibat suatu keadaan tertentu. Seperti halnya ketika ada petir yang menyambar maupun kegiatan perawatan listrik dari PLN.

Dengan adanya mekanisme grounding, maka ketika ada perubahan daya maupun tekanan tersebut, arus listrik akan disalurkan langsung ke tanah. Sehingga rumah akan aman, karena tegangan listrik yang besar tidak akan meledak di salah satu rumah warga. Melainkan listrik akan mengeluarkan tekanannya di tanah. Sedangkan seperti yang diketahui, tanah adalah salah satu media peredam arus listrik.

Menggunakan Steker dengan Kualitas Unggul

Tak hanya kabel dengan standar SNI, steker yang dipasang ketika melakukan instalasi listrik juga harus steker yang memiliki kualitas paling unggul dan terbaik. Bila steker dengan kualitas terbaik terlalu menguras budget pembuatan instalasi, paling tidak gunakanlah steker yang memiliki kualitas cukup baik. Minimal tidak cepat longgar dan memiliki tingkat kestabilan yang baik.

Penggunaan steker dengan tingkat kestabilan yang baik ini memiliki tujuan, supaya tidak terjadi lompatan arus listrik. Apalagi bila terjadi penumpukan tekanan pada satu titik. Sehingga steker menjadi lebih awet karena aliran selalu terkoneksi dengan sempurna. Akibatnya korsleting listrik pun dapat dihindari.

Itulah beberapa tips dan trik agar proses pembuatan instalasi listrik dapat dikerjakan dengan cepat. Selain itu, instalasi yang dihasilkan juga akan selalu aman serta terhindar dari korsleting listrik. Namun, walaupun telah dilakukan pembuatan instalasi listrik dengan tips-tips di atas, alangkah baiknya bila anda tidak menghentikan tingkat kewaspadaan terhadap instalasi listrik rumah hanya sampai di sini. Sebab agar instalasi benar-benar terjamin aman, anda juga perlu melakukan pengecekan instalasi listrik secara rutin dan berkala. Supaya keamanan instalasi listrik lebih terjaga dengan baik.

Demikianlah beberapa informasi mengenai tips dan trik yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan dalam pembuatan instalasi listrik. Semoga informasi di atas, dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Kami tunggu kerja sama Anda dengan PT Nikifour Karawang, perusahaan kontraktor berpengalaman dalam pekerjaan instalasi listrik rumah.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?