Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi

Posted by purnosidi
on 16/04/2015
Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi

Dalam dunia konstruksi, menghemat tidak berarti anda perlu mengurangi atau mencuri dari jumlah penggunaan material yang seharusnya dengan cara illegal ketika di dalam suatu proyek. Ada cara menghemat yang dapat digunakan sebagai cara yang baik dengan tidak merugikan pihak pihak mana pun dengan adanya penghematan tersebut. Bagaimana cara menghemat besi pada proyek konstruksi? Inilah cara yang efektif untuk dapat menghemat besi pada sebuah proyek konstruksi yang dilakukan dengan cara yang legal.

Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi

1. Review desain

Tidak ada sebuah desain yang dibuat dengan sempurna, sehingga anda bisa melakukan review yang lebih detail sehingga dapat menemukan bagian bagian dari desain yang dinilai tidak perlu sehingga anda bisa menggantinya sesuai dengan kebutuhan dari bangunan saja.

2. Konversi dari besi tulangan

Contoh konversi dari besi tulangan atau besi batangan adalah diganti dengan wiremesh yang memiliki waktu pemasangan lebih cepat dan juga harga yang relatif lebih murah. Selain itu, konversi besi juga dapat dilakukan dengan menggunakan diameter besi yang berbeda menyesuaikan dengan ketersediaan dari bahan material yang ada di sekitar area proyek.

3. Memahami standar dari pembesian

Memahami dengan betul standari dari pembesian akan membantu anda dalam menghemat penggunaan besi namun tetap memenuhi kebutuhan standar dari bangunan. Contohnya saja ketika sambungan dari antar besi tulangan dijadikan 40 kali dari diameter, maka apabila sambungannya dibuat lebih panjang akan membuat pemborosan besi yang tidak perlu.

4. Mengelola material sisa dari besi

Mengelola sisa sisa potongan dari besi yang telah digunakan dengan baik maka akan memberikan kesempatan bagi anda untuk memanfaatkannya untuk fungsi yang lain, seperti dengan menjualnya sehingga dapat ditukan dengan besi batangan dalam bentuk yang utuh. Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi.

5. Memperketat keamanan dalam proyek

Besi merupakan harta yang harus dijaga ketika suatu proyek sedang berjalan. Bukan tidak mungkin terdapat oknum oknum yang berniat tidak baik dan tidak bertanggung jawab dengan mengambil besi besi yang seharusnya digunakan dalam proyek. Memperketat keamanan dalam proyek dapat membantu untuk meminimalisir adanya pencurian. Memperketat keamanan dapat dilakukan dengan cara memasang CCTV sebagai kamera pengintal, penempatan satpam pada area proyek dan jenis pengamanan yang lain. Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi.

6. Menemukan inovasi untuk besi yang paling baru

Menemukan solusi yang lebih efektif baik dalam segi teknologu untuk bangunan dapat memberikan bantuan bagi anda agar dapat menghemat besi dengan cara yang efektif. Inovasi teknologi juga dapat menjadi jalan untuk menghemat biaya dari pekerjaan tersebut. Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi.

7. Menggunakan metode kerja yang tepat

Setiap kontraktor pastinya memiliki metode kerja yang telah tersusun rapi dan digunakan sebagai standar pengerjaan dari setiap proyek yang ada, seperti dari standar prosedur operasi dari PT Nikifour karawang (https://nikifour.co.id) kontraktor sipil terbaik berpengalaman yang menjamin bahwa suatu proyek dapat diselesaikan dengan efektif, efisien dan tepat waktu. Cara Menghemat Besi Pada Proyek Konstruksi.

Menggunakan metode kerja yang tepat misalnya adalah dengan mengganti plat bondek yang lebih efektif dibandingkan plat lantai yang konvensional yang dalam pengerjaannya membutuhkan jumlah dari besi tulangan di bagian bawah yang lebih banyak.

Cara cara tersebut dapat anda gunakan untuk membantu menghemat besi yang anda gunakan dalam proyek konstruksi anda. Penghematan besi tentunya akan dapat menghemat pengeluaran dana yang anda butuhkan ketika membangun suatu konstruksi bangunan. Dengan menghemat pengeluaran dari dana yang anda butuhkan untuk mengerjakan suatu proyek maka anda juga akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar untuk membantu menunjang perkembangan dari bisnis anda di bidang konstruksi maupun dari segi keuangan pribadi anda.

Tentunya cara untuk menghemat biaya bisa dilakukan tidak hanya dari bagian penghematan besi, tetapi bisa juga dari segi penghematan biaya yang lain yang bisa anda aplikasikan untuk pekerjaan konstruksi anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda miliki dan semakin canggih teknologi dalam segi bangunan yang anda kuasai maka anda akan semakin bisa menghasilkan konstruksi dengan cara yang lebih efektif dan efisien baik dari segi pembiayaan secara keuangan atau juga dari segi teknik pembuatan dalam bahan bangunan dan waktu pengerjaannya.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id