Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan

Posted by purnosidi
on 15/04/2015

Saat ini banyak sekali pekerjaan pada atap yang menggunakan bahan baku baja ringan. Untuk dapat membantu anda dalam menentukan total dari biaya yang diperlukan untuk membayar segala kebutuhan yang diperlukan dalam membuat atap dari baja ringan. Artikel ini penting sebab akan membuat anda menjadi faham dalam cara menghitung biaya atap baja ringan.

Menanyakan pada kontraktor langsung mengenai penghitungan biaya untuk membuat atap dari baja ringan sering ditakutkan oleh orang orang karena takut bahwa harganya akan dinaikkan sehingga mereka akan dapat dengan mudah dibohongi. Padahal beberapa kontraktor mungkin dapat membantu anda dengan efektif untuk mengetahui harga yang tepat karena pengalaman mereka di bidang konstruksi seperti PT Nikifour karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman.

Penghitungan biaya atap baja ringan

Untuk dapat menghitung secara tepat biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan baja ringan adalah dengan langkah langkah sebagai berikut ini.

  1. Membuat data mengenai atau yang akan dibangun dalam bentuk sketsa gambar sehingga akan dapat diketahui secara pasti mengenai bentuk dan juga ukuran dari atap yang akan dihitung.
  2. Menghitung ukuran dari luas atap yang dijadikan dalam bentuk satuan meter persegi untuk bangunan. Rumus tersebut menggunakan satuan hitungan matematika yang sederhana yaitu perhitungan luas segitiga, luas persegi panjang, luas trapezium dan juga luas dari bidang yang lain utnuk dapat menyesuaikan bentuk dari atap.
  3. Mencari harga tiap meter persegi dari pekerjaan rangka untuk atap baja ringan dan harga per meter persegi dari pekerjaan finishing utnuk atap yang ada di atasnya seperti misalnya asbes gelombang, genteng dan juga sejenisnya.
  4. Mengalikan luas dari atap dengan harga tiap meter persegi dari baja ringan yang dapat menghasilkan biaya total yang akan dibutuhkan.
  5. Menambahkan hasil perhitungan tersebut dengan angka keamanan dan juga biaya lain lain yang dapat mengantisipasi dari biaya tidak terduga ketika pelaksanaan dijalanan.

Berdasarkan uraian tersebut maka dapat dijadikan sebuah rumus sederhana untuk dapat menghitung biaya pekerjaan mengenai biaya pembuatan atap baja ringan.

Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja rignan = (Luas atap yang diukur dengan satuan meter persegi x harga baja ringan tiap meter persegi) + (luas atap yang diukur dalam satuan meter persegi x harga dari penutup atap tiap meter persegi).

Contoh perhitungan biaya atap baja ringan

Misalnya anda ingin membuat atap baja ringan dengan ukuran 3.8 meter x 12 meter. Maka pertama anda perlu mengetahui bentuk dari model atap. Apabila kita buat atap dengan bentuk standar, maka luas atap akan diperoleh yaitu = 2 x 12 x 3 = 72 meter persegi. Apabila diasumsikan harga rangka atap baja ringan per meter persegi adalah 150.000 rupiah dan harga finishing dari atap genteng per meter persegi adalah 50.000, maka didapatkan perhitungan biaya dari atap baja ringan adalah  (72 x 150.000) + (72 x 50.000) yaitu 14.400.000 rupiah.

Hasil perhitungan ini akan membantu anda memutuskan apakah anda akan menggunakan atap dengan baja ringan atau dengan bahan yang lain. Tentunya para kontraktor seperti PT Nikifour karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman memiliki perhitungan yang teliti mengenai setiap detail konstruksi yang dibangun termasuk juga atap dari baja ringan. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor kualitas dan hasil akhir ketika akan memutuskan bahan dari konstruksi bangunan yang akan anda bangun.

Mematok hanya pada harga mungkin tidak akan membantu anda dalam menghasilkan keputusan yang tepat dalam konstruksi bangunan anda. Dengan mengetahui sistem perhitungan dari konstruksi, anda juga bisa membantu diri anda untuk mendapatkan jaminan bahwa bangunan yang anda bangun bersama dengan kontraktor memang dibangun dengan harga yang tepat dan dapat menghasilkan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikianlah biaya atap baja ringan.Apabila dibutuhkan, anda bisa saja memberikan saran dan masukan pada kontraktor yang membantu anda membangun bangunan yang anda inginkan. Misalnya saja anda bisa ikut menghitung dengan detail dan teliti serta menganalisa harga dari pekerjaan atap baja ringan yang akan dibangun untuk rumah anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id