Beberapa Istilah Unik yang Harus Dikenal Para Arsitektur

Posted by purnosidi
on 09/07/2018
Istilah unik yang harus dikenal para arsitektur

Inilah beberapa istilah unik yang harus dikenal para arsitektur. Sebagai arsitek, Anda terkadang mendengar atau menggunakan istilah yang memiliki arti kompleks dan membingungkan bagi masyarakat awam. Istilah – istilah ini bisa mulai hal yang familier seperti “typology” sampai istilah aneh seperti “Blobitecture.”

6 Istilah unik yang harus dikenal para arsitektur

Berikut adalah istilah – istilah arsitektur dan tata kota yang tidak begitu umum, namun tetap penting untuk diketahui para arsitek.

Community Green

Dalam bahasa Indonesia sering juga disebut area hijau. Istilah ini digunakan untuk melabel area dengan tumbuhan, pohon dan rerumputan yang cukup luas untuk digunakan warga. Contoh mudahnya adalah taman kecil, track jalan atau jogging yang ditanami pohon di sekitarnya ataupun area danau resapan.

Arcology

Istilah ini tidak ada hubungannya dengan archeology lho! Walau kedengarannya sama, istilah ini adalah gabungan dari kata “Ecology” dengan “Architecture.” Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan desain megah untuk pengganti pemukiman manusia yang memiliki tujuan melestarikan alam.

Ide ini muncul karena lahan untuk pemukiman semakin dibutuhkan, tapi jika lahan selalu dikembangkan menjadi pemukiman, lama kelamaan tidak ada lagi lahan untuk tanaman hijau. Konsep ini selalu disukai oleh para arsitek, tapi tidak ada yang mau membiayainya. Bangunan dengan konsep Arcology biasanya memakan biaya besar dan waktu pembangunan yang lama.

Mansionization

Istilah orang asing untuk menyebut rumah besar yang dibangun hanya untuk menunjukkan kekayaan. Rumah seperti ini biasanya memiliki area ruangan besar tanpa memperhitungkan jarak antar ruang, penggunaan area dan efisiensi rumah. Dalam bahasa Indonesia bisa juga disebut rumah asal besar.

Conscious City

Istilah unik yang harus dikenal para arsitektur selanjutnya adalah conscious city. Istilah ini lebih populer di area tata kota. Conscious city bisa diartikan juga kota yang pengertian. Dalam hal ini bukan pengertian hanya dalam fasilitasnya saja, tapi juga secara tampilan dan psikologi. Desain kota yang pengertian dipercaya dapat meningkatkan mood sesuai dengan kebutuhan psikologi orang yang tinggal di berbagai area berbeda di dalam sebuah kota.

Contohnya adalah aplikasi area hijau yang rindang pekat mirip hutan kecil namun tetap di sediakan fasilitas jalan untuk melaluinya. Saat menikmati area ini, warga sekitar akan merasa memiliki hutan di dekat pemukimannya. Tapi desain area hijau ini mengurangi takut akan bahaya hutan seperti yang asli, karena difasilitasi seperti taman.

Menikmati area hutan kecil ini tentu dapat meningkatkan rasa ingin bertualang pada penduduk sekitar. Selain itu area seperti ini lebih unik dibandingkan taman biasa yang hanya terdiri dari lahan rumput luas.

Abutter

Istilah ini tidak ada dalam bahasa Indonesia, tapi jika diartikan dari bahasa Inggris, ini bisa diartikan sebagai orang pemilik tanah yang menempel dengan tanah area konstruksi. Istilah ini sering digunakan untuk konotasi negatif. Contohnya saat ada penentangan pembangunan bandara oleh warga sekitar, mereka yang protes bisa disebut sebagai abutter.

Brownfield

Istilah unik yang harus dikenal para arsitektur lainnya adalah brownfield. Istilah bahasa asing ini sering digunakan untuk menjuluki tanah yang terkontaminasi. Tanah seperti ini biasanya berwarna coklat bata kemerahan yang dihasilkan oleh interaksi bahan kimia. Kontaminasi seperti ini banyak terjadi di lahan bekas perindustrian dan area komersial.

Tanah yang sudah terkontaminasi biasanya dijual murah, jadi banyak pengembang senang membeli tanah ini. Masalahnya karena kandungan kimia di dalam tanah, para arsitek harus waspada dalam penggunaan material, mendesain penyaluran pipa air bersih, dan mengatur struktur pembuangannya. Jika salah – salah, masalah seperti material yang keropos menghadapi reaksi kimia area itu dan, penyaluran air bersih malah jadi air kotor bisa muncul.

Istilah unik arsitek sebetulnya masih banyak lagi, di atas hanya beberapa contohnya saja. Apakah Anda pernah mendengar istilah arsitek lain yang lebih unik namun sering digunakan?

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id