15 Bangunan Labirin Terbuat dari Baja Kaca Garam dan Cahaya

Bangunan labirin

Seperti kita ketahui, labirin adalah semacam tempat yang didesain dengan lorong-lorong dengan  batas-batas yang berbelit-belit. Labirin biasanya dibuat dari tanaman pagar, karena lebih mudah dibuat. Smentara itu labirin dengan bentuk yang lebih kompleks akan membuat orang yang memasukinya akan lebih bingung, terutama ketika labirin ditambahkan dengan cermin, kaca, atau elemen mekanis lain.

Labirin sebagai instalasi imersif ini bisa dibuat dengan menggunakan bahan yang tidak biasa dan dibangun dengan konfigurasi membingungkan untuk mendorong pengunjung untuk bereksplorasi, menjelajahi, menghadapi ketidakpastian tentang jalan mereka dan atau untuk mengagumi keindahan semuanya.

15 Bangunan Labirin Terbuat dari Baja Kaca Garam dan Cahaya

Untku menambahkan khazanah konstruksi bangunan unik, estetik, dan penuh tantangan, inilah kami bagikan 15 labirin yang dibuat dan didesain dengan berbagai macam bentuk dan material.

1. Labirin Baja oleh Gijs van Vaerenbergh

Duo arsitek yang dikenal sebagai Gijs Van Vaerenbergh bereksperimen dengan bentuk klasik labirin untuk instalasi patung di pusat Pusat Seni C-Mine di Genk, Belgia.

Desainnya, terbuat dari pelat baja setebal 5mm dengan berat total 186 ton, dibayangkan sebagai komposisi dinding dan rongga yang secara strategis membingkai berbagai area dengan cut-out.

Sebuah menara yang menyertainya di luar labirin memungkinkan pengunjung untuk melihat seluruh mata dari segala hal.

2. Labirin Buku

Impian bagi setiap kutu buku, labirin yang terdiri dari 250.000 buku ini tinggal di Southbank Centre London selama Olimpiade Musim Panas 2012.

Instalasi ‘aMAZEme’ diatur dalam bentuk berdasarkan sidik jari milik penulis Jorge Luis Borges.

3. Labirin Cahaya oleh Brut Deluxe

Labirin cahaya yang imersif ini terbuat dari panel akrilik dengan film dichroic yang diaplikasikan pada satu sisi menciptakan pelangi reflektif yang dapat Anda lewati.

Setelah Anda berada di dalam, lingkaran memotong warna mentransmisikan akrilik dari area lain dari labirin.

‘Yûzhóu’ didambakan oleh studio arsitektur dan desain Brut Deluxe untuk Luneng Sanya Bay Light dan Festival Seni di Hainan, Cina.

4. Labirin Cermin oleh Jeppe Hein

Untuk pamerannya ‘Please Touch the Art’ di Brooklyn Bridge Park pada 2015, seniman Denmark Jeppe Hein menciptakan serangkaian instalasi interaktif yang mendorong gerakan dan partisipasi.

‘Mirror Labyrinth’ mencerminkan pengunjung dan lansekap, muncul untuk melipatgandakan taman secara visual dengan latar belakang kota.

5. Labirin Garam oleh Motoi Yamamoto

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

Labirin ini memiliki skala yang sangat kecil, hanya serangga yang bisa berharap untuk menavigasinya, tetapi merupakan keajaiban untuk menerima dari atas.

Artis Motoi Yamamoto dikenal karena patung sementara rumitnya yang terbuat dari garam, menciptakan pengaturan rumit yang hampir tampak terbentuk secara organik.

6. Labirin Kaca 9 Tingkat oleh Phil Pauley

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

Kubus kaca sembilan lantai ini benar-benar mengaburkan garis-garis antara ruang-ruang vertikal maupun horisontal, mencerminkan sosok Anda sendiri saat Anda menavigasi.

Masalah yang semakin rumit adalah kenyataan bahwa Anda kadang-kadang harus turun satu atau dua lantai untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Desainer dan futuris Inggris Phil Pauley membayangkan proyek ini terbuat dari 100% polimer berbasis kaca yang dapat didaur ulang, jadi tidak ada bahaya bagi siapa pun yang menabrak tembok dan menjatuhkan semuanya.

7. Labirin Kaca oleh Robert Morris

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

Anda tidak benar-benar memahami skala ‘Labirin Kaca’ dari foto sampai Anda melihat orang-orang di dalamnya. Tingginya 7 kaki, lebar 62 kaki, dan panjang 62 kaki, beratnya hampir satu juta pound (tidak berlebihan).

Dipasang di Museum Taman Seni Museum Nelson-Atkins, labirin karya Robert Morris ini membutuhkan waktu dua bulan bagi seluruh tim untuk memasangnya.

8. Labirin Kanal Kayu oleh Henrique Oliveira

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

memasukilabirin ini, Anda akan seperti memasuki sistem akar pohon raksasa tak terduga dengan Transarquitetônica, instalasi besar-besaran di São Paulo oleh seniman Brasil Henrique Oliveira.

Seniman tersebut menggunakan jenis kayu murah yang biasa digunakan untuk mengaburkan lokasi konstruksi sebagai dasar potongan, pertama-tama membuat bingkai terowongan terbuka dan kemudian menutupinya dengan ‘kulit kayu.’

9. Labirin Kue oleh Scott Hove

Bangunan labirin

Bangunan labirin

Seniman Scott Hove dan Baker’s Son mengisi Think Tank Gallery di Los Angeles dengan labirin 7.500 kaki persegi yang terbuat dari kue, menyalurkan pengunjung melalui enam kamar kue kastil.

Mereka mungkin terlihat lezat, tetapi dekorasi tidak benar-benar dapat dimakan, dengan hiasan yang terbuat dari akrilik. Jika tidak, pameran tidak akan berlangsung lebih dari sehari.

10. Labirin Lampu Fluorescent LILENTHAL ZAMORA

Bangunan labirin

Bangunan labirin

Bangunan labirin

Tergantung dari langit-langit Museum Seni Frye Seattle, labirin dengan nama ‘Through Hollow Lands’ ini adalah labirin gantung yang terbuat dari 200 lampu fluoresens yang hanya dapat Anda navigasikan dengan berjalan di bawahnya dan melihat ke atas.

11. Labirin Meja oleh Benjamin Nordsmark

Bangunan labirin Bangunan labirin

Meja kopi ini sangat menarik, Anda mungkin hanya fokus bermain dengannya daripada menonton televisi.

The Labyrinth Table oleh Benjamin Nordsmark berisi labirin di bawah puncak kacanya dengan seperangkat enam patung logam yang dapat dimanipulasi dengan kenop magnetik.

Itu berarti hingga enam orang sekaligus dapat mencoba untuk membuat patung mereka ke pusat tercepat.

12. Labirin Mekanik oleh Nova Jiang

Bangunan labirin Bangunan labirin

‘Landscape Abbreviated’ adalah labirin kinetik yang tidak terlihat terlalu rumit dari luar, tetapi begitu Anda masuk, komponen-komponennya menata diri di sekitar Anda, sehingga jauh lebih sulit untuk kembali.

Seniman yang membangun labirin, Nova Jiang, mengatakan bahwa ia tertarik pada cara intervensi sederhana dapat membuat epxerience ruang dinamis dan tidak dapat diprediksi.

Penanam dikendalikan oleh program perangkat lunak yang terus menerus menghasilkan pola labirin baru berdasarkan aturan matematika.

Penanam berputar untuk membentuk jalur bergeser yang mendorong pengunjung untuk mengubah arah dan sudut pandang saat mereka bergerak melintasi ruang.

Nova membayangkan patung ini bukan sebagai bangunan labirin klasik yang dibangun untuk menjerat, melainkan sebagai singkatan arsitektur dari ide-ide besar.

13. Labirin Raksasa oleh Bjarke Ingels

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

Dengan dinding panel birch tinggi yang menjulang di atas Anda di sepanjang tepi menyusut setinggi pinggang di bagian paling tengah, labirin ini oleh firma arsitektur Bjarke Ingels Group semakin mudah menavigasi semakin jauh Anda pergi.

Labirin dalam ruangan seukuran itu dirakit di dalam National Building Museum di Washington DC.

“Konsepnya sederhana: ketika Anda melakukan perjalanan lebih jauh ke dalam labirin, jalan Anda biasanya menjadi lebih berbelit-belit,” kata arsitek.

“Bagaimana jika kita membalikkan skenario ini dan menciptakan sebuah labirin yang membawa kejelasan dan pemahaman visual setelah mencapai jantung labirin?”

14. Labirin Sampah Plastik oleh Luzinterruptus

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

6.000 botol air bekas yang diisi dengan lampu LED membentuk dasar ‘Labirin Limbah Plastik’ oleh kolektif seni anonim Luzinterruptus, secara harfiah menyoroti jumlah sampah plastik yang dikonsumsi setiap hari.

15. Menara Labirin Vertikal Dubai

Bangunan labirin Bangunan labirin Bangunan labirin

Gedung pencakar langit 56 lantai di Dubai ini adalah bangunan labirin vertikal tertinggi di dunia menurut Guinness.

DAR Consult bekerja dengan desainer labirin Adrian Fisher untuk mendesain aksen yang memikat, menyorotnya dalam ribuan lampu LED untuk membuatnya menonjol setelah gelap.

sumber: https://weburbanist.com/2017/01/18/modern-mazes-15-labyrinths-made-of-glass-steel-light-and-salt/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..