Baja Stainless Bukan untuk Proyek Konstruksi Rangka Bangunan

Posted by purnosidi
on 17/11/2017

Sebuah berita yang cukup membuat kita jadi tahu tentang seluk baja di dunia kosntruksi, terutama seputar material baja tahan karat, stainless steel. Belakangan ini sebuah majalah mingguan konstruksi memberitakan bahwa baja stainless bukan untuk proyek konstruksi rangka bangunan. Bagaimana sebenarnya?

Apakah Anda bagian dari sebuah tim proyek konstruksi? Maka Anda dan tim proyek harus menahan diri untuk tidak menggunakan baja tahan karat sebagai produk konstruksi, demikian menurut seorang pakar industri baja kepada ConstructionWeekOnline (CWO).

Adalah Dr Salem Faza, presiden MMFX Steel DMCC, mengatakan bahwa produk baja stainless sebenarnya tidak ditujukan untuk pekerjaan konstruksi. Selian faktor biaya yang sangat mahal, ada faktor lain yang mengharuskan dihentikannya penggunaan stainless steel di dunia konstruksi bangunan.

“Sebenarnya baja tahan karat, stainless steel, tidak dibuat untuk penguatan dan pekerjaan konstruksi. Justeru baja jenis ini dibuat untuk ditujukan pada penggunaan di area yang sangat sensitif, seperti rumah sakit,” lanjut Faza.

Lebih lanjut tentang pernyataannya, baja stainless bukan untuk proyek konstruksi rangka bangunan, Faza menyebutkan bahwa perusahaannya, MMFX memproduksi baja yang mensuplai proyek-proyek penting di Uni Emirat Arab, terutama di kota Al Maryah Island, lokasi produknya digunakan untuk perlindungan dinding laut.

Faza mengatakan kepada CWO bahwa produk baja perusahaannya digunakan untuk Pulau Al Maryah karena tim proyek membutuhkan bahan yang akan mempertahankan kontak dengan air dan bisa bertahan lebih dari 75 tahun.

MMFX juga menyediakan material ChromX 9100 sebagai penguat baja untuk dinding perlindungan Jewel of the Creek 750m, menggantikan penguat baja stainless Grade 316 yang semula dikhususkan untuk bagian struktur.

Pada proyek tersebut, dinding yang dirancang pada 460 mega pascal (MPa), adalah bagian yang langsung terkena air laut dan telah dibangun untuk melindungi dinding bawah tanah di menara proyek.

MMFX memproduksi baja-baja tahan korosi dengan menambahkan kromium untuk meningkatkan kekuatan intrinsiknya dan menyesuaikan struktur mikronya. Produk tersebut, Faza menjelaskan, juga membantu mengurangi kemacetan di tempat dan meningkatkan laju konstruksi.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id