Bagaimana Cara Perhitungan Rencana Anggaran Pembangunan Rumah?

Posted by purnosidi
on 02/03/2015
Perhitungan Rencana Anggaran Pembangunan Rumah

Anggaran adalah salah satu hal paling penting ketika Anda ingin membangun rumah. Membangun rumah memang tidak semudah yang kita bayangkan. Ada berbagai jenis faktor dan pertimbangan khusus yang berhubungan dengan biaya pembangunan. Rencana penetapan anggaran pembangunan rumah harus dipikirkan sejak Anda memiliki rencana untuk membangun rumah. Bagaimana cara perhitungan rencana anggaran pembangunan rumah?

Perhitungan yang akurat bisa menjadi cara terbaik untuk memilih desain rumah dan bagaimana hasil akhir. Terlebih jika Anda memiliki anggaran yang terbatas namun ingin bisa mewujudkan untuk membangun rumah.

Tujuan Pembuatan Rencana Anggaran

Setiap rencana anggaran yang dibuat dalam perencanaan pembangunan rumah bermanfaat untuk mengatur kontrol keuangan secara mandiri. Langkah ini bisa Anda lakukan sendiri atau bekerjasama dengan kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang. Tahap untuk menetapkan rencana anggaran dilakukan dengan melakukan perkiraan.

Perkiraan dalam cara perhitungan rencana anggaran pembangunan rumah ini dilakukan dengan membayangkan harga-harga material untuk membangun rumah sesuai ukuran. Anda bisa memakai jenis perkiraan harga untuk keperluan biaya perangkat keras (bahan untuk membangun rumah, biaya tenaga kerja dan semua jenis biaya yang bisa diperhitungkan sejak awal) dan biaya perangkat halus (semua biaya yang masuk dalam kategori ini sama sekali mungkin tidak terlihat, tapi Anda akan mengeluarkan uang untuk anggaran ini).

Dengan mengetahui semua estimasi pemakaian anggaran maka Anda bisa mendapatkan total perkiraan biaya pembangunan rumah sesuai desain yang sudah Anda rencanakan.

Model Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Rumah

Beberapa dasar perhitungan rencana anggaran pembangunan rumah dapat ditentukan dengan metode yang sangat praktis. Perhitungan ini juga dipakai oleh semua kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang. Pada dasarnya perhitungan ini dilakukan dengan melihat data berikut ini.

a. Ukuran rumah

Ukuran rumah yang akan Anda bangun harus ditetapkan sejak awal. Anda harus memahami bahwa ukuran rumah tidak sama seperti ukuran luas tanah yang akan dipakai untuk membangun rumah. Anda harus menetapkan desain awal sebelum memilih jenis ukuran yang paling sesuai. Ukuran rumah harus diperhitungan secara detail dan keseluruhan ukuran luas rumah.

b. Total biaya kebutuhan per m2

Perhitungan biaya permeter dalam membuat rumah harus dilihat secara menyeluruh. Dalam hal ini perhitungan biaya sudah termasuk seperti biata material untuk bagian lantai, dinding, langit-langit dan semua keperluan penyelesaian akhir (finishing).

Dua macam faktor biaya dan ukuran rencana luas rumah akan digunakan untuk menghitung perkiraan total biaya pembangunan rumah sejak awal hingga selesai. Berikut ini adalah cara untuk menghitung total perkiraan biaya rumah.

Total Biaya Pembangunan Rumah = Ukuran Rumah x Total biaya kebutuhan pembangunan per m2.

Mungkin jika kita lihat sekilas maka perhitungan ini akan sedikit membingungkan. Berikut ini adalah salah satu contoh ilustrasi untuk memudahkan perhitungan.

Ukuran rumah = Panjang x Lebar (perkiraan desain rumah yang sudah lengkap)12 m2 X 50 m2.

Total biaya kebutuhan per m2 = Rp 5.000.000. (Anda harus memperkirakan jenis harga material lengkap dari mulai struktur bangunan hingga penyelesaian akhir bangunan rumah). Lakukan survei sebelum menetapkan berbagai jenis biaya yang diperlukan.

Jadi, Total biaya pembangunan rumah yang harus Anda siapkan adalah
= (12×50) X Rp 5.000.000
= 600 X Rp 5.000.000
= Rp 3.000.000.000,-

Perkiraan harga ini hanya bersifat sebagai ilustrasi saja dan Anda bisa merubah angka sesuai dengan kebutuhan rencana pembangunan rumah yang Anda perlukan.

Manfaat Merencanakan Perhitungan Anggaran Biaya Rumah

Semua jenis rencana dan penentuan biaya seperti yang digambarkan dalam ilustrasi diatas bisa dilakukan oleh siapa saja. Perhitungan rencana anggaran pembangunan rumahini tidak membutuhkan hitungan yang terlalu detail sehingga Anda bisa melakukan perhitungan dengan cepat. Selain itu semua jenis metode perhitungan ini memang banyak dipakai oleh kalangan arsitek sehingga perkiraan harga yang Anda dapatkan bisa hampir menyamai perkiraan hasil yang dilakukan oleh arsitek.

Meskipun perhitungan yang dilakukan dengan cara sederhana seperti perhitungan ini terlihat lebih mudah dan cepat, namun juga bisa mempengaruhi beberapa perhitungan dasar lain. Kemungkinan ada banyak perhitungan detail yang terlewat karena tidak menghitung jumlah keperluan biaya dari setiap jenis pekerjaan.

Selain itu dalam pembangunan rumah juga memerlukan beberapa jenis biaya tenaga kerja yang berbeda, sehingga Anda tidak bisa menemukan perkiraan harga yang paling tepat.

Contoh perhitungan rencana anggaran pembangunan rumah ini hanya bersifat sebagai gambaran umum, dan sekarang sudah jarang perusahaan kontruksi yang melakukan perhitungan dasar tersebut. Perhitungan secara detail berdasarkan jenis pekerjaan tetap bisa lebih dipercaya.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id