Warna Warni Arsitektur
Warna Warni Arsitektur: 72 Proyek Arsitektural Spektrum
December 27, 2018
Perencanaan Cerdas Apartemen Sempit
Perencanaan Cerdas Apartemen Sempit: 10 Gambar Arsitektur Mencerahkan
January 3, 2019

Arsitektur Tahan Gempa Bumi: 7 Bangunan Yang Mengantisipasi Aktivitas Seismik

Arsitektur Tahan Gempa Bumi: 7 Bangunan Yang Mengantisipasi Aktivitas Seismik. Pada tahun 2014, Pusat Arsitektur AIA mengadakan pameran berjudul “Considering the Quake: Seismic Design on the Edge”, kegiatan tersebut mengeksplorasi bagaimana spesifik teknik gempa dapat digabung dengan bentuk arsitektur kontemporer. Bangunan baru seperti Pusat Seni Pertunjukan OMA Taipei, Museum Yahudi Kontemporer Libeskind di San Francisco dan Hansha Reflection House, Studio SKLIM yang tahan gempa di Singapura / Singapura diperiksa untuk melihat betapa berbedanya metode bangunan kontemporer dan sistem struktural dapat menyediakan struktur baru dengan perlindungan dari aktivitas gempa.

Adalah selalu relevan untuk membangun dialog yang lebih besar agar teknik dan arsitektur dapat digunakan untuk menyediakan penyangga dari peristiwa seismik selalu relevan.

Beberapa area metro terbesar di dunia – termasuk Tokyo, Jakarta, Shanghai, dan Los Angeles – semuanya terletak di daerah seismik yang sangat aktif, dengan potensi menyebabkan bencana yang hebat dengan berdaya rusak masive.

Berapa prinsip-prinsip desain seismik dan rekayasa struktural untuk gempa bumi di antaranya adalah: struktur dasar-mengisolasi, peredam massa disetel, bahan konstruksi ringan, dan fondasi yang diperkuat untuk menyerap gelombang kejut.

7 Bangunan dengan Arsitektur Tahan Gempa Bumi yang Mengantisipasi Aktivitas Seismik

Dengan banyak arsitek yang sudah merancang struktur baru di area metro yang rawan gempa, bangunan berikut ini menggabungkan prinsip-prinsip teknik dan sistem pendukung yang memadukan desain kontemporer dengan prinsip-prinsip sensitif seismik.

1. Rumah Untuk Semua Musim oleh Kerangka Urban Urban, Provinsi Shaanxi, Cina

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Berbeda dengan gedung pencakar langit dari kaca dan baja yang tak terhitung banyaknya yang dibangun di daerah perkotaan Cina selama beberapa dekade terakhir, layar bata merah lumpur dekoratif yang menyelimuti A House For All Seasons mewakili pandangan pedesaan tentang konstruksi baru di Provinsi Shaanxi dengan melihat teknik bangunan tradisional.

Namun, struktur bata lebih dari sekadar menyediakan estetika vernakular; kolom beton dan struktur atap dikombinasikan dengan dinding pengisi bata lumpur, menciptakan hibrida baru yang memenuhi kriteria tahan gempa.

2. Rumah Televisi oleh Noriyosha Morimura Architects, Suita City, Jepang

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Terletak di atas fondasi beton berbentuk V, Gedung Televisi ini terletak tanpa berat di atas tanah – 1,5 meter, sebenarnya.

Pondasi yang kuat ini dirancang khusus sebagai unit penyerap gempa, menciptakan rumah tahan lama dengan desain industri yang ramping yang mampu menahan aktivitas seismik di Prefektur Osaka.

3. 440 House by Fougeron Architecture, Palo Alto, California

Arsitektur Tahan Gempa

Sementara wilayah metro San Francisco Bay terkenal karena gaya hidupnya yang santai, iklim yang patut ditiru, dan pemandangan yang tak tertandingi,
daerah ini juga sering mengalami gempa bumi – fakta bahwa Arsitektur Fougeron harus mempertimbangkan ketika merancang 440 House.

Penafsiran kembali tentang modernisme abad pertengahan California, bingkai momen baja rumah yang terbuka terbuat dari kolom dan balok tipis,
memberikan dukungan lateral saat gempa dan mengekspresikan keberadaan rumah di zona seismik aktif.

4 The University of California, San Francisco, Ray and Dagmar Dolby Regeneration Medicine Building by Rafael Vinoly Architects, San Francisco

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Sel induk 80.000 kaki persegi milik Rafael Vinoly dan pusat penelitian biologi perkembangan adalah prestasi sains dan teknik. Bangunan sains yang berorientasi horizontal ini terletak tinggi di lereng curam situs, didukung oleh gulungan ruang yang bersandar pada dermaga beton, bertindak sebagai sistem isolasi dasar seismik untuk menyerap kekuatan gempa sambil mempromosikan konektivitas yang lebih baik lintas departemen kampus.

5. SA.house by atelierA5, Tokyo

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Untuk memperkuat rumah “stacked-tray” SA.house terhadap aktivitas seismik Tokyo, atelierA5 memasang kawat gigi plat besi   di belakang dinding gerbang tiap lantai dan furnitur built-in. Karena perlunya ketahanan gempa berkurang di lantai atas, ketinggian dinding gerbang tiap tingkat bervariasi sesuai kemampuan privasi dari jalan.

6. Sliced Porosity Block – CapitaLand Raffles City by Steven Holl Architects, Chengdu, China

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Terlihat balok diagonal yang mengiris kotak geometris Menara hunian Steven Holl di Chengdu. Irisan ini juga membantu menguatkan
bangunan jika terjadi gempa bumi dengan memberikan dukungan ekstra.

Struktur beton putih juga menggabungkan pemanasan dan pendinginan geotermal, serta sistem pengumpulan air hujan sehingga membuat ikon baru untuk kota.

7. Bioclimatic Residence

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Arsitektur Tahan Gempa

Bangunan ini berada diPaiania dan dibangun oleh Gem Architects, Paiania, Yunani.

Selain dibangun dengan fitur berkelanjutan, seperti sistem pemanas alternatif, sistem naungan kantilever, dan peningkatan ventilasi, Bioclimatic Residence di pinggiran Athena juga dirancang untuk menahan zona seismik aktif di kawasan itu. Dengan sistem konstruksi yang ringan dan dasar yang diperkuat, rumah berpanel logam ini memiliki estetika industri, dan memiliki kemampuan untuk menahan gempa bumi.

Sumber: https://architizer.com/blog/inspiration/collections/earthquake-architecture/

purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id