Arsitektur Aluminium Modern: 7 Bangunan Ini Memiliki Detail yang Cerdas

Arsitektur Aluminium Modern: 7 Bangunan Ini Memiliki Detail yang Cerdas

Arsitektur Aluminium Modern

Seperti apa contoh arsitektur aluminium modern? Inilah 7 bangunan yang memiliki detail cerdas yang mengagumkan. Terkenal sejak lama sebagai bahan kaleng soda, ternyata aluminium tidak populer sebagai bahan material bangunan di lingkungan buatan. Itu karena aluminium termasuk jenis logam mahal dan tidak pemanfaatannya belum begitu banyak diketahui hingga abad ke-20. Penggunaan aluminium dalam bangunan meningkat pada tahun 1920-an, terutama untuk perincian dekoratif. Dalam aplikasi konstruksi, aluminium pertama kali muncul di atap, lampu senter, panel dinding, dan spandrels.

Penggunaan aluminium semakin meluas dalam dunia konstruksi ketika pembangunan di Empire State Building di tahun 1930-1932. Gedung pencakar langit itu menggunakan aluminium untuk bagian-bagian struktur menara serta komponen seperti pintu masuk, pintu lift, trim hias dan lebih dari 6.000 jendela gerbang.

Sebagai material konstruksi, aluminium juga memiliki rasio kekuatan-terhadap-berat yang sangat baik, yang berarti sistem fasad aluminium bisa lebih besar daripada panel baja.

Paduan aluminium modern juga dapat menopang bobot bentang kaca yang berat, sehingga memaksimalkan kemampuan bangunan untuk menggunakan sinar matahari alami.

Kandungan logam aluminium dan paduannya memilikit bobot yang ringa, tahan lama, tahan korosi, dan dapat didaur ulang tanpa batas. Hampir 75 persen dari semua aluminium yang diproduksi masih digunakan sampai sekarang.

7 Arsitektur Aluminium Modern dengan Detail yang Cerdas

Berikut ini kami kumpulkan untuk Anda 7 arsitektur aluminium dengan masin-masing info detailnya. Mari kita ketahui beberapa arsitek paling inovatif di dunia yang menggunakan aluminium dalam proyek konstruksi modern mereka.

1. Balancing Barn oleh MVRDV

  • Proyek arsitektur aluminium modern ini dibangun di kota Thorington, UK. Material aluminum diproduksi oleh perusahaan aluminium Reynaers Aluminum. Apakah Anda mencari kontraktor aluminium di Karawang? Kami adalah perusahaan yang tepat.

Balancing Barn terletak di lokasi yang indah di tepi danau kecil di pedesaan Inggris dekat Thorington di Suffolk. Arsitektur dan rekayasa bangunan ini merupakan jawaban terhadap masalah kondisi situs dan pengaturan alam.

Arsitektur Aluminium Modern

Bangunan ini berbentuk lumbung tradisional dan lembaran logam yang reflektif mengambil referensi dari bangunan lokal. Tujuan dari adopsi nilai-nilai lokal itu adalah pemenuhan tujuan pendidikan dalam mengevaluasi kembali pedesaan dan diterpkan dalam arsitektur modern.

Pada bagian tengah, bangunan gudang ini terlihat menumpuk di atas lereng yang menurun, sementara struktur menyeimbangkan pada inti beton pusat, dengan bagian yang berada di tanah yang dibangun dari bahan yang lebih berat daripada bagian yang berkantilever.

Sisi panjang struktur disembunyikan dengan baik oleh pohon, menawarkan privasi di dalam dan di sekitar Gudang. Eksterior ditutupi dengan lembaran logam yang reflektif dengan bentuk meliuk-liuk. Bentuk atap seperti itu banyak ditemukan pada bangunan lokal sekitar lokasi gedung dan mencerminkan alam di sekitar serta musim yang berubah.

 

Arsitektur Aluminium Modern

2. Grace Farms oleh SANAA

  • Proyek arsitektur aluminium modern ini dibangun di kota New Canaan, Conn. Material atap aluminum pelapis hujan diproduksi oleh Zahner. Apakah Anda mencari supplier material aluminium di Karawang? Kami Nikifour akan menjadi partner yang tepat.

Terletak di New Canaan, Connecticut, proyek bangunan dan lansekap serbaguna ini dibangun bersama dengan Handel Architects. Tujuannya adalah menyediakan ruang terbuka alami bagi masyarakat. Selain itu pengunjung juga bisa menemukan seni, mendapaatkan keadilan, membangun masyarakat, dan mengeksplorasi ketenangan.

Arsitektur Aluminium Modern

SANAA terinspirasi oleh bentuk sungai yang merupakan bagian dari lanskap.  Lanskap ini merupakan elemen yang menarik perhatian banyak orang. Hasilnya adalah bangunan sederhana dan elegan yang membangun hubungan antara arsitektur dan lanskap.

Proyek The Grace Farm’s River mengapung baigai pita kaca dan baja di atas kontur tempat yang berbukit. Bekerja dengan Zahner, SANAA ingin menghidupkan ide tentang bangunan yang merupakan bagian dari alam.

Struktur bangunan menggabungkan fungsi tempat perlindungan, perpustakaan, pengadilan, commons, dan paviliun di bawah atap aluminium. Desain atap terdiri dari lembaran standar aluminium anodized eksterior sehingga menampilkan sistem panel kelengkungan ganda.

Proyek ini menggunakan sistem ringan untuk mencapai bentuk dengan beberapa ekstrusi aluminium khusus yang membentuk saluran antar kulit aluminium. Di sini, plat aluminium yang mengambang memberikan transisi visual antar panel.

Arsitektur Aluminium Modern

3. Mayfair House oleh Squire and Partners

  • Proyek arsitektur aluminium modern ini dibangun di kota London, UK. Material aluminum diproduksi oleh perusahaan Tuchschmid AG.

Squire and Partners telah menyelesaikan sebuah rumah pribadi di Mayfair, London, menampilkan fasad daun jadi yang mencolok dan mencerminkan sebuah Creeper Virginia yang terpancang di sebuah bangunan menghadap Curzon Street. Panitia perancangan, Westminster, menggambarkan proposal sebagai desain mencolok yangbmeningkatkan standar desain di wilayah ini.

Bentuk daun yang merupakan Interpretasi kontemporer ini dibuat dari lempengan logam membungkus muka bangunan dengan ketinggian tiga lantai dan paviliun atap. Daun aluminium terlipat berlapis PPC – total 4.080 – sedikit bervariasi dalam nada perunggu untuk meniru pola pertumbuhan organik. Konsep ini dirancang selama tiga tahun penelitian dan pengembangan bekerja sama dengan produsen Swiss Tuchschmid.

Arsitektur Aluminium Modern

Arsitektur Aluminium Modern

Arsitektur Aluminium Modern

4. Manetti Shrem Museum

Museum seni ini dibangun di Lembah Tengah California, Manetti Shrem menantang konvensi sebagai museum yang dibangun khusus untuk pertama kalinya di UC Davis. Konsep ini diturunkan sebagai “tambalan bentuk geometris yang mengacu pada lanskap pertanian dan cakrawala yang luas.” Dibuat agar fleksibel dan berintegrasi dengan situs sekitarnya, desain diusulkan sebagai ide baru untuk museum masa depan.

Arsitektur Aluminium Modern

Sebagai elemen simbol dari Manetti Shrem, “Grand Canopy” 50.000 kaki persegi dari kisi-kisi aluminium berlubang diproduksi oleh Front Inc. Didukung oleh 40 kolom baja, kanopi yang anggun ini menampilkan gelombang putih miring dari aluminium kelas laut yang disesuaikan.

Arsitektur Aluminium Modern

Atap yang bisa menyerap cahaya berfungsi membantu mengontrol pencahayaan dan sebagai naungan. Atap ini juga menciptakan ruang baru yang bisa berfunsgi sebagai ruang pembelajaran informal. pada bagian depant ada kanopi untuk penyerapan cahaya tinggi dan bentang bebas hingga 35ft.

Kanopi yang dioptimalkan itu dibuat dengan aluminium setebal 1/8 inci dengan area perforasi terbuka hingga 40%. Hasilnya adalah struktur 910 balok yang elegan dan terintegrasi dengan lokasi potong dan sambungan yang unik.

Arsitektur Aluminium Modern

5. Essex Crossing

Aluminium anodized digunakan untuk membungkus sepanjang façade menara 14 lantai serba guna milik SHoP Architects di Lower East Side, Manhattan.

Sebagai bagian dari perkembangan Essex Crossing, bangunan itu dibuat dengan tempat tinggal di lingkungan yang berkembang dan menampilkan beberapa pemandangan kota yang paling diidam-idamkan dari segala arah. Saat bangunan semakin tinggi, bangunan itu sedikit mundur dari lantai ke lantai. Bangunan itu meruncing ke barat dan menara di utara.

Arsitektur Aluminium Modern

Ketika proses desain dimulai pada 2013, sifat torqued proyek menjadi poros dari visi keseluruhan. Ini sebagian karena cara logam berwarna champagne oleh produsen New York Walsh Glass & Metal dapat menangkap cahaya jika dibentuk dengan benar.

Ketika secara resmi selesai, Essex Crossing akan membentuk kompilasi bangunan yang semuanya menampilkan bahan selongsong yang berbeda dan tata letak interior yang rumit. Amplop logam segi-sisinya secara visual mengarahkan struktur ke atas dan ke luar.

Arsitektur Aluminium Modern

6.  Harbin Opera House

Rumah Opera Harbin dirancang oleh MAD sebagai titik fokus kompetisi internasional untuk Pulau Budaya Harbin. Bangunan ini dibentuk menyatu dengan topografi sekitarnya guna menjadi jawaban atas kekuatan dan semangat hutan belantara dan iklim dingin kota utara yang tidak dijaga.

Arsitektur Aluminium Modern

Rumah opera muncul sebagai bagian dari rencana induk yang lebih besar dan lanskap lahan basah di sepanjang Sungai Songhua. Bangunan ini dibuat berliku ehingga seolah menjadikan pengunjung menjadi pemain teater. Gedung dengan struktur yang melengkung dan elegan ini memiliki ruang latihan, ruang ganti, ruang pendukung, dan sepasang bioskop.

MAD bekerja sama dengan para insinyur di Institut Desain Arsitektur Beijing untuk mengembangkan kerangka baja yang mendukung atap bangunan yang luas. Pengunjung diarahkan untuk memanjat di atas gedung opera melalui serangkaian tangga granit yang ditetapkan di antara selongsong atap logam bangunan.

Arsitektur Aluminium Modern

Terlihat dari tanah, teras di puncak gedung mengundang minat pengunjung untuk menjelajahi. Teras juga dibuat terbuka ke pemandangan sekitar sungai Songhua dan cakrawala kota. Penutup eksterior dibuat oleh Shenyang Yuanda dalam bentuk serangkaian panel aluminium putih halus yang membangkitkan “nuansa tepi dan permukaan, kelembutan dan ketajaman.”

Arsitektur Aluminium Modern

7. Emerson Los Angeles

  • Proyek arsitektur alumunium modern ini dikerjakan oleh Morphosis di Los Angeles, Cali. Sistem panel kustom dibuat oleh Zahner (http://azahner.com/).

Emerson Los Angeles selesai dibangun pada 2014. Gedung ini dibangun untuk tujuan menciptakan identitas kampus di pusat industri hiburan di Los Angeles. Di dalam gedung ini ada beberapa ruang permanen untuk program magang sarjana, program sertifikat pasca sarjana, dan program studi profesional. Desainnya menyatukan perumahan, kantor administrasi, dan fasilitas pengajaran di lokasi perkotaan.

Arsitektur Aluminium Modern

Sebagai elemen paling khas dari proyek arsitektur aluminium modern, bangunan ini memiliki sistem panel logam khusus yang diproduksi oleh Zahner. Layar dan panel ini dibuat untuk memberikan keteduhan dan privasi, dan terdiri dari 17 komponen aluminium terlipat yang berbeda. Zahner menggunakan model 3D untuk memproduksi dan membuat lekukan yang dirancang oleh Morphosis. Tabir surya delapan lantai dibuat menggunakan scripting komputasi untuk menentukan geometri akhir yang akan menaungi fasad internal.

Arsitektur Aluminium Modern

Permukaan dinamis dibentuk melalui program scripting yang memperhitungkan unsur-unsur seperti lokasi pohon elm di halaman lantai lima dan kelengkungan bangunan kelas.

Arsitektur Aluminium Modern

Referensi informasi tentang arsitektur aluminium modern di atas adalah:

  1. https://architizer.com/blog/practice/materials/detailing-aluminum-architecture/
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Aluminium

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.