Arsitektur Brutalis, atau New Brutalism, adalah gaya arsitektur yang muncul pada 1950-an di Inggris Raya, dan muncul di antara proyek-proyek rekonstruksi era pasca-perang. Bangunan brutalis dicirikan oleh konstruksi minimalis yang menampilkan material bangunan apa adanya dan elemen struktural yang terlihat di atas desain dekoratif.

Gaya umumnya menggunakan beton atau batu bata yang terbuka, melarang struktur geometris, dan palet warna monokrom dominan; bahan lain, seperti baja, kayu, dan kaca, juga ditampilkan.

Sementara itu, tentang arsitektur berbentuk bundar, apa yang menarik? “Jika orang tidak memiliki sudut maka kita tidak boleh hidup dalam kotak,” kata arsitek Charles Deaton. Pada tahun 1963, Deaton melanjutkan untuk membangun satu-satunya arsitektur huniannya — tempat tinggal melingkar untuk dirinya sendiri yang disebut Sculptured House. Rumahnay itu akhirnya ditampilkan dalam Sleeper komedi scy-fi Woody Allen.

Selama berabad-abad arsitek telah terpikat dengan arsitektur berbentuk bundar. Pada abad ke-16, dipengaruhi oleh bentuk-bentuk kuil Yunani dan Romawi, arsitek Andrea Palladio terobsesi dengan lingkaran sebagai bentuk yang sempurna.

Tetapi dalam hal fungsi dan efisiensi, bangunan berbentuk bundar memegang peranan penting tertinggi dalma sejarah yang panjang. Apakah Yurt nomaden, Navajo Hogan, atau Arktik igloo, budaya telah membangun struktur bundar untuk alasan tertentu. Rumah-rumah bundar menggunakan bahan yang lebih sedikit daripada rekan-rekannya, pilihan yang menarik ketika sumber daya langka dan tenaga kerja ekstra berarti menghabiskan energi yang berharga.

8 Bangunan Bundar Berkonsep Brutalisme

Kembali tentang brutalisme, maka inilah 8 bangunan dengan konsep brutalisme yagn dibuat dengan desain bundar berlingkaran-lingkaran. Apakah Anda terinspirasi? Kami dari perusahaan jasa konstruksi di area terdekat KIIC Suryacipta dan Jababeka, Karawang Bekasi hingga purwakarta akan senang hati berdiskusi tentang konsep apapun ide desain yang Anda kehendaki.

1. ‘The Egg’ Center for the Performing Arts

  • Bangunan ini disebut ‘Telur’. Arsitektur ini adalah Pusat Seni Pertunjukan oleh Wallace Harrison, Albany, N.Y., Amerika Serikat, 1978. Selain bangunan ini adalah bagian dari Rockefeller Empire State Plaza di ibukota negara bagian, pusat budaya ini juga dirancang untuk mencerminkan kegemaran Nelson Rockefeller untuk desain arsitektur patung.

Bangunan Bundar Brutalisv

“Telur” ini memang berbentuk cenderung muncul di atas tumpuan, yang menghubungkan struktur ke enam lantai bawah tanah.

2. Bio-Towers

  • Bio-Towers, direnovasi pada 2008 oleh Jähne & Göpfert dan Zimmermann & Partner, Lauchhammer, Jerman, 1957.Cluster ini dibangun dengan batu bata dan memiliki struktur industri yang merupakan bagian dari pabrik kokas lignit di bekas Jerman Timur.

Bangunan Bundar Brutalis

Walapun bangunan ini tampak monumental, bentuk-bentuk melengkung bangunan mencerminkan teknologi penyaringan sederhana yang mengejutkan dan sirkulasi internal pas dipasang di tengah-tengah setiap kelompok empat menara.

Fungisnya sebagai pabrik ditutup pada tahun 1991, aknatetapi kemudian bagian menaranya kemudian direnovasi dan dibuka untuk tur, simbolis karena mereka adalah segmen yang dulunya industri-berat negara.

3. Grand Central Water Tower

  • Menara Air Grand Central oleh GAPP Architects & Urban Designer, dari kota Midrand di Afrika Selatan, 1996. Fitur arsitektur yang mencolok ini telah membuat Bernd dan Hiller Becher pingsan ketika ia mulai mendokumentasikan struktur industri pada 1960-an.

Bangunan Bundar Brutalis

Struktur kantilevernya yang terbuat dari beton pratekan mendukung menara kerucut besar yang dirancang untuk menampung 6.500 meter kubik air di pinggiran kota Midrand.

4. Les Choux de Créteil

  • Dibangun oleh Gérard Grandval, Créteil, Prancis, 1974. Bangunan bundar brutalis ini dijuluki “kubis,” pengembangan perumahan di pinggiran tenggara Paris ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan kawasan metropolitan yang semakin meningkat akan perumahan umum yang terjangkau.

Bangunan Bundar Brutalis

Desainnya yang melengkung melibatkan struktur bundar besar yang ditutupi dengan balkon berbentuk kelopak kecil yang dirancang untuk memungkinkan setiap penghuni tempat melihat pribadi. Sementara dibangun terutama dalam beton, titik referensi vegetal dari proyek membuatnya tampak tumbuh secara alami dari tanah.

5. Meditation Space

  • Dibangun oleh Tadao Ando, UNESCO, Paris, Prancis, 1995, bangunan ini dikenal karena penampilan kontemporer dari estetika tradisional Brutalis. Tadao Ando mendesainnya sebagai ruang meditasi minimal untuk kantor pusat UNESCO di Paris, untuk merayakan tahun ke-50 organisasi.

Bangunan Bundar Brutalis

Dibangun dengan gagasan inklusif dalam pikiran, bentuk silinder beton yang menyala sebagai efek yang menakjubkan melalui celah kecil antara dinding bundar dan atap mengambang.

6. St. Joseph’s Hospital

  • Ini adalah bangunan Rumah Sakit St. Joseph oleh Bertrand Goldberg, Tacoma, Wash., Amerika Serikat, 1974. Perpanjangan dari kompleks rumah sakit Tacoma, permukaan bergelombang dari desain Bertrand Goldberg adalah artikulasi dari teorinya tentang “desain nuklir” di mana setiap kuadran menampung “desa” tempat tidur pasien yang berkumpul di sekitar stasiun perawatan.

Bangunan Bundar Brutalis

Tataletak gedung ini disusun dengan tujuan untuk mengoptimalkan akses ke perawatan, dan penampilan luar struktur tahan gempa secara jujur mencerminkan desain internalnya.

7. Trans World Airlines (TWA) Terminal

  • Dibangun oleh Eero Saarinen and Associates, Bandara JFK, New York, N.Y., Amerika Serikat, 1962.Bangunan bundar dengan konsep brutalis ini adalah salah satu iterasi dari penyelidikan berkelanjutan arsitek terhadap bentuk-bentuk melengkung, Terminal TWA di Queens merayakan permulaan masa depan yang ditentukan oleh perjalanan udara.

Bangunan Bundar Brutalis

Disebut “Grand Central dari zaman jet,” pusat penerbangan ditempatkan di bawah atap cangkang tipis yang menciptakan aula interior seperti rahim.

8. Trudelturm

  • Trudelturm ini dibangun oleh Hermann Brenner dan Werner Deutschmann, Aerodynamic Park, Berlin, Jerman, 1936. Bangunan ini adalah bagian dari kumpulan struktur alien di fasilitas penelitian aerodinamis. Trudelturm adalah struktur arsitektur yang sangat tidak biasa sehingga memiliki cameo singkat dalam film fiksi ilmiah 2005 “Aeon Flux.”

Bangunan Bundar Brutalis

Desainnya yang aneh sepenuhnya mencerminkan tujuannya: gumpalan beton dibangun untuk menyelidiki fenomena putaran pesawat, berfungsi sebagai terowongan angin terbalik yang digunakan untuk pengujian penelitian.

Sumber:

  1. https://architizer.com/blog/inspiration/collections/this-brutal-world/
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Brutalist_architecture
  3. https://mymodernmet.com/round-home-architecture/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..