7 Jenis dan Sifat Paduan Aluminium Alloy Ketika Memilih Grade

Inilah 7 Jenis dan Sifat Paduan Aluminium Alloy Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Grade Aluminium. Aluminium adalah logam yang umum digunakan untuk aplikasi industri dan non-industri. Dalam kebanyakan kasus, mungkin sulit untuk memilih kelas Aluminium yang benar untuk aplikasi yang Anda inginkan. Jika proyek Anda tidak memiliki tuntutan fisik atau struktural, dan estetika tidak penting, maka hampir semua kelas Aluminium akan melakukan pekerjaan itu.

Paduan aluminium adalah paduan di mana aluminium merupakan logam utama. Unsur paduan yang khas adalah tembaga, magnesium, mangan, silikon, timah dan seng.

Terdapat dua klasifikasi utama, yaitu paduan tuang dan paduan tempa, keduanya dibagi lagi menjadi kategori dapat diolah dengan panas dan tidak dapat diolah panas. Sekitar 85% aluminium digunakan untuk produk tempa, misalnya pelat gulung, foil dan ekstrusi.

Paduan aluminium cor menghasilkan produk hemat biaya karena titik leleh yang rendah, meskipun umumnya memiliki kekuatan tarik lebih rendah daripada paduan tempa. Sistem paduan aluminium cor yang paling penting adalah Al-Si, di mana tingkat silikon yang tinggi (4,0–13%) berkontribusi untuk memberikan karakteristik pengecoran yang baik.

Paduan aluminium banyak digunakan dalam struktur dan komponen teknik di mana bobot ringan atau ketahanan korosi diperlukan.

Paduan yang sebagian besar terbuat dari aluminium telah menjadi sangat penting dalam manufaktur kedirgantaraan sejak diperkenalkannya pesawat berkulit logam.

Paduan aluminium-magnesium keduanya lebih ringan dari paduan aluminium lainnya dan jauh lebih tidak mudah terbakar dibandingkan paduan lain yang mengandung persentase magnesium yang sangat tinggi.

Beriktu ini telah kami, kontraktor di Karawang telah mengumpulkan uraian singkat dari masing-masing properti nilai untuk memberi Anda pemahaman singkat tentang banyak kegunaannya.

Alloy 1100

Jenis paduan aluminium ini adalah aluminium murni komersial. Paduan Aluminium Alloy 1100 ini lembut dan ulet dan memiliki kemampuan kerja yang sangat baik, membuatnya ideal untuk aplikasi dengan pembentukan yang sulit. Ini bisa dilas dengan metode apapun, tapi tidak bisa diolah dengan panas. Ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan biasanya digunakan dalam industri kimia dan pengolahan makanan.

Alloy 2011

Kekuatan mekanik yang tinggi dan kemampuan pemesinan yang sangat baik adalah keunggulan dari grade Paduan Aluminium Alloy 2011 ini. Paduan ini sering disebut – Free Machining Alloy (FMA), pilihan yang sangat baik untuk proyek yang dilakukan pada mesin bubut otomatis. Pemesinan berkecepatan tinggi pada kelas ini akan menghasilkan chip halus yang mudah dilepas. Paduan 2011 adalah pilihan yang sangat baik untuk produksi suku cadang yang kompleks dan terperinci.

Alloy 2014

Paduan berbahan dasar tembaga dengan kekuatan yang sangat tinggi dan kemampuan pemesinan yang sangat baik. Paduan ini umumnya digunakan di banyak aplikasi struktural dirgantara karena ketahanannya.

Alloy 2024

Salah satu paduan aluminium kekuatan tinggi yang paling umum digunakan. Dengan kombinasi kekuatan tinggi dan ketahanan lelah yang sangat baik, ini biasanya digunakan di mana rasio kekuatan-terhadap-berat yang baik diinginkan. Grade 2024 ini dapat dikerjakan dengan mesin hingga hasil akhir yang tinggi dan dapat dibentuk dalam kondisi anil dengan perlakuan panas berikutnya, jika diperlukan. Ketahanan korosi pada grade ini relatif rendah. Jika ini menjadi masalah, 2024 biasanya digunakan dalam lapisan anodized atau dalam bentuk clad (lapisan permukaan tipis dari aluminium dengan kemurnian tinggi) yang dikenal sebagai Alclad.

Alloy 3003

Ini adalah paduan aluminium yang paling banyak digunakan. Aluminium murni komersial dengan tambahan mangan untuk meningkatkan kekuatannya (20% lebih kuat dari kelas 1100). Paduan Aluminium Alloy 3003 ini memiliki ketahanan korosi yang sangat baik, dan kemampuan kerja. Grade ini bisa digambar dalam atau diputar, dilas atau dibrazing.

Alloy 5052

Paduan Aluminium Alloy 5052 ini adalah paduan kekuatan tertinggi dari kelas yang lebih tidak dapat diolah panas. Kekuatan kelelahannya lebih tinggi dari kebanyakan kelas aluminium lainnya. Alloy 5052 memiliki ketahanan yang baik terhadap atmosfer laut dan korosi air asin, serta kemampuan kerja yang sangat baik. Itu dapat dengan mudah digambar atau dibentuk menjadi bentuk yang rumit.

Alloy 6061

Paduan aluminium paling serbaguna yang dapat diolah dengan panas, sekaligus menjaga sebagian besar kualitas aluminium yang baik. Kelas ini memiliki berbagai sifat mekanik dan ketahanan korosi. Paduan Aluminium Alloy 6061 ini dapat dibuat dengan sebagian besar teknik yang umum digunakan dan memiliki kemampuan kerja yang baik dalam kondisi anil. Itu dilas dengan semua metode dan dapat dibrazing dengan tungku. Hasilnya, ini digunakan dalam berbagai macam produk dan aplikasi yang membutuhkan penampilan dan ketahanan korosi yang lebih baik dengan kekuatan yang baik. Bentuk Tube dan Angle di kelas ini biasanya memiliki sudut membulat.

Alloy 6063

Umumnya dikenal sebagai paduan arsitektur. Paduan Aluminium Alloy 6063 ini memiliki sifat tarik yang cukup tinggi, karakteristik finishing yang sangat baik dan tingkat ketahanan yang tinggi terhadap korosi. Paling sering ditemukan dalam berbagai aplikasi arsitektur interior dan eksterior serta trim. Ini sangat cocok untuk aplikasi anodizing. Bentuk Tabung dan Sudut di kelas ini biasanya memiliki sudut persegi.

Alloy 7075

Ini adalah salah satu paduan aluminium dengan kekuatan tertinggi yang tersedia. Paduan Aluminium Alloy 7075 ini memiliki rasio kekuatan-terhadap berat yang sangat baik, dan sangat ideal digunakan untuk bagian yang sangat tertekan. Grade ini dapat dibentuk dalam kondisi anil dan selanjutnya diolah dengan panas, jika diperlukan. Itu juga bisa dilas spot atau flash (busur dan gas tidak disarankan).

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?