6 Konstruksi Menawan Baja Corten dengan Detail yang Sempurna

Posted by purnosidi
on 04/11/2017

Inilah 6 konstruksi menawan baja corten dengan detail yang sempurna yang akan memanjakan mata Anda. Apa itu baja corten? Baja corten atau disebut dengan istilah Corten Steel, juga dikenal dengan nama weathering steel adalah baja dengan tekstur tampilan berkarat seperti telah bertahun-tahun diterekspos cuaca. Effek karat pada baja corten steel memang ditujukan untuk mengurangi kebutuhan pengecatan. Meski tampilan luar termakan karat namun baja corten ini sesungguuhnya sangat tahan terhadap korosi. Baja corten juga merupakan salah satu jenis baja yagn memiliki kekuatan tarik yang baik.

Corten steel dikenal dengan nama lain Weathering steel atau baja yang dilapukkan atau baja yang diciptakan melalui proses pelapukan. Proses weathering tersebut merujuk pada zat kimia yagn terkomposisi pada baja. Proses pelapukan pada baja corten bertujuan agar tebentuknya lapisan luar yang nantinya menjadi lapisan pelindung cari cuaca. Proses weathering ini membuat daya tahan baja corten memilik peningkatan ketahanan terhadap korosi, dibanding baja jenis lain, secara signifikan.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang 6 konstruksi menawan baja corten dengan detail yang sempurna, mari kita ketahui bahwa baja corten mengandung elemen-elemen kimia yagn berproses untu ksaling menyatu dan menghasilkan lapisan luar seperti karat guna memperlambat proses korosi pada bagian dalam baja. Proses dikaratkan oleh cuaca ini adalah pembiaran guna baja corten mendapatkan lapisan pelindung luarnya.

Baja Corten steel ini pada mulanya diperkenalkan oleh seorang arsitek di Moline, Illinois pada konstruksi gedung John Deere World Headquarters. Arsitek tersebut adalah Eero Saarinen. Gedung tersebut selesai dibuat pada tahun 1964.

Pada penggunaannya baja corten ini paling banyak diaplikasikan pada bagian eksterior, lapisan luar, untuk patung atau pada jembatan. Salah satu patung terkenal yang menggunakan baja corten adalah patung Chicago Picasso yagn berada di bagian depan luar Dalet Center Courthouse plasa, Chicago.

Jenis Baja Corten

Pada dasarnya lembaran baja corten memiliki perbedaan jenis, yaitu baja coreten ASTM A242 dan baja corten ASTM A 558. Lembaran atau plat baja corten ini bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan konstruksi seperti pembuatan konstruksi jembatan, gedung tinggi, transportasi laut, dan sebagainya.

Grade dan Ukuran Baja Corten

Baja corten memiliki beberapa grade yang dikenal umu di dunia konstruksi baja yaitu: Baja Corten A, Baja Corten B, Baja Corten B-QT dan Baja Corten C.

Adapun untuk ukuran ketebalan dan panjang baja corten, ketebalan bervariasi dari mulai 1,5 mm hingga 300 mm, sementara untuk panjang adalah dari 2.000 mm hingga 18.000 mm.

Kelebihan Baja Corten

Apa sajakah yang membuat baja corten lebih unggul di banding baja biasa? Berikut ini beberapa kelebihan baja corten:

  1. Tampilan yang menarik
  2. Waktu konstruksi yang lebih Cepat
  3. Ramah lingkungan
  4. Maintenance yang gampang dan hemat. Terutama pada konstruksi jembatan dan gedung tinggi yang sulit di akses dan berbahaya dalam konstruksi maupun perawatan. Permasalahan yang akan terjadi di kemudian hari lebih mudah diminimalisir dengan penggunaan baja corten ini. Konstruksi baja corten hanya memerlukan pengecekan dan perawatan.
  5. Finishing yang murah. Karena telah memiliki lapisan pelindung, baja corten tidak memerlukan cat sebagai lapisan pelindung di mana cat adalah bentuk finishing yang memerlukan biaya ekstra.

Kelemahan baja corten

Corten steel sebagai baja tahan cuaca tetap saja memiliki kekurangan yang harus diperhitungan dalam penggunaannya. Ada 3 kekurangan utama yang harus diwaspadai:

  1. Baja corten pada iklim substropi yang lembab sangatlah sensitif.
  2. Pada area genangan air yang banyak, maka proses korosi akan lebih sukar dicegah oleh lapisan luar baja.
  3. Corten steel bisa menularkan noda karat pada bidang konstruksi lain yang berdekatan.

6 Konstruksi Menawan Baja Corten dengan Detail yang Sempurna

01. Navarro Correas Winery

02. Gabriela Mistral Cultural Center

03. Audenasa Building

04. Nestlé Social Block

05. New Cabaña & Accesses to a Country house

06. Dovecote Studio

Demikianlah sekilas mengenai baja corten dan 6 konstruksi menawan baja corten dengan detail yang sempurna sebagai contoh penggunaannya pada gedung dan bangunan. Untuk jasa konstruksi yang memahami seluk beluk baja dan berbagai jenis serta kelebihannya? Percayakan pada kami: Nikifour.

Sumber tulisan:

Save

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id