Beton adalah konstruksi bangunan yang bisa bertahan sangat lama, selain fleksibel dan tahan terhadap cuaca. Beton juga merupakan jenis konstruksi bangunan yang cerdas, seperti yang diperlihatkan oleh 20 contoh rumah beton yang menyelaraskan eleganitas dan kekuatan ini. Memang, sebagai material bahan bangunan yang kuat, beton dapat tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem dan membutuhkan sedikit perawatan sebagai bahan yang tidak berpori.

Di sisi lain, beton menawarkan massa termal yang sangat baik, yang mengurangi energi yang dihabiskan untuk pemanasan dan pendinginan, membutuhkan lebih sedikit energi untuk diproduksi dibandingkan dengan bahan lain, dan membanggakan emisi CO2 yang rendah. Apakah Anda penggemar rumah beton? Atau Anda sedang mencari jasa kontraktor konstruksi untuk proyek beton Anda. Hubungi marketing kami untuk mendapatkan penawaran dan survei terbaik.

Apakah menurut Anda rumah beton adalah bangunan yang menyerupai bunker medan perang? Waduh, pertimbangkan kembali midset Anda sebab kini sebagian besar rumah beton terlihat sama dengan rumah kayu konvensional pada umumnya, tetapi sesungguhnya di balik keselarasan di antara elegnitas kekuatan, ada banyak hal lagi yang tersembunyi.

Rumah beton dibangun dengan berbagai metode. Sebagian besar – terutama di daerah pantai yang rawan badai – memiliki dinding balok beton tradisional. Ada rumah beton yang dipilih dengan bentuk beton berinsulasi busa (ICF), itu karena ada nilai insulasi tambahan dan kemudahan penggunaan.

Rumah beton lain ada juga yang dibangun dengan metode cor beton bertulang dan beton lepasan (RCF), sistem panel, dan metode baru yang menampilkan beton aerasi atau disemprotkan.

8 Kelebihan Rumah dengan Konstruksi Beton

Apapun bentuk dan cara rumah beton di bangun, tetap akan menawarkan keuntungan yang kuat bagi pemilik rumah: yaitu eleganitas dan kekuatan. Itu saja? Tidak! Ini dia kelebihan rumah dengan konstruksi beton. Daftar ini dibuat oleh: hgtv.com.

1. Kekuatan.

Mampu menahan angin 250 mil per jam dan puing-puing yang terbawa angin, ketahanan badai rumah beton adalah kartu undian No. 1 untuk orang-orang di zona topan dan tornado, kata Dave Pfanmiller dari Security Building Corporation, pembuat rumah RCF. di Carolina Utara.

2. Efisiensi energi.

Berkat harga energi yang tinggi, manfaat ini “dekat” dalam menarik pembeli ke rumah-rumah beton, kata Pfanmiller. Massa termal dinding dan segel yang rapat pada sambungan memungkinkan rumah beton unggul dalam menjaga agar udara yang dikondisikan tetap berada dalam suhu yang ekstrem.

3. Pengatur suhu.

Amplop bangunan yang ketat juga berarti rumah beton memiliki zona panas dan dingin lebih sedikit dan lebih sedikit kekompakan.

4. Ketenangan.

Dinding beton menyaring kebisingan dari luar.

5. Daya tahan.

Beton tidak mengundang aneka serangga yang dapat menyebabkan rumah-rumah lain yang berkerangka kayu memburuk, karenanya rumah beton memiliki harapan hidup bangunan berabad-abad.

6. Tahan api.

Jika rumah terbakar, beton tidak akan terbakar atau memungkinkan api menyebar.

7. Konstruksi Ramah Lingkungan.

Rumah beton tidak hanya membutuhkan lebih sedikit energi untuk pemanasan dan pendinginan, tetapi rumah berdinding beton juga menghemat sumber daya dengan menggunakan lebih sedikit produk kayu. Biasanya mereka menggabungkan kayu hanya untuk framing interior. Mereka dapat menyediakan lingkungan yang sehat dengan lebih sedikit alergen yang ditularkan melalui udara, jamur, dan kontaminan daripada kebanyakan rumah kerangka, dan mereka memiliki udara dalam ruangan yang lebih bersih.

8. Nilai ekonomi.

Meskipun rumah beton biasanya lebih mahal daripada membangun rumah rangka, setelah dibangun, mereka benar-benar mesin hemat karena biaya utilitas yang lebih rendah.

20 Contoh Rumah Beton yang Elegan & Kuat

Inilah kami bagikan info 20 contoh rumah beton yang menyelaraskan eleganitas dan kekuatan. Daftar ini kami cuplik dari sumber: dwell.com.

1. Bergaya Loteng – London

Contoh Rumah Beton

  • Perusahaan Inside Out Architecture merenovasi apartemen yang terletak di bagian Clerkenwell di pusat kota London ini dengan menghilangkan dinding interior untuk menciptakan ruang tamu terbuka seperti loteng.
  • Foto oleh Jim Stephenson.

2. 6 Kotak – Martha’s Vineyard

Contoh Rumah Beton

  • Meskipun dibuat dalam beton, retret modular idilis dibangun untuk mengikuti arus. Ketika sepasang suami istri Tarek dan Cynthia memutuskan bahwa rumah tua mereka di Kebun Anggur Martha perlu diganti sepenuhnya, mereka memulai pencarian panjang untuk seorang arsitek yang tidak hanya akan memberikan kolaborasi yang sukses, tetapi juga tinggal di pulau itu. Itu bukan perintah kecil, tetapi kebetulan – dan beberapa detektif – akhirnya memainkan perannya.
  • Bukaan yang besar dan dramatis menghadirkan transparansi dan kontras dengan fasad beton setebal 10 inci, yang membingkai pemandangan perspektif.
  • Foto: Chuck Choi

3. Airy Brutalist – Tel Aviv

Contoh Rumah Beton

  • Di rumah keluarga arsitek Israel Pitsou Kedem, interior modern dan dipenuhi cahaya menghidupkan struktur beton brutal di kota Ramat HaSharon dekat Tel Aviv.
  • Foto: Amit Geron

4. Aranzazu – Buenos Aires, Argentina

Contoh Rumah Beton

  • Karena persyaratan materialitas klien, maka arsitek membuat lantai dasar rumah, dengan finishing partisi beton yang terlihat menuju ruang publik. Hal itu membentuk alas yang harus dibor sesuai dengan kebutuhan kamar yang menentukan danmementukan tempa meletakkan struktur yang lebih ringan dari profil . Sementara itu, panel logam dengan bukaan minimal ke jalan di luar dibaut dnegan penghentian eksternal papan kayu.
  • Foto: Federico Kulekdjian Fotografía

5. Casa Mini – Meksiko

Contoh Rumah Beton

  • Bangunan ini terinspirasi dari sebuah buku berjudul “Walden”, yang ditulis oleh Henry David Thoreau tentang menjalani kehidupan sederhana di lingkungan alami. Di dalam bangunan ini, para tamu akan menemukan area kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Adapun teras dengan meja beton menjadi ruang makan outdoor yang ideal sehingga para tamu dapat bersantai di tempat tidur gantung yang nyaman, menyejukkan diri di kolam renang pribadi, berjalan-jalan di taman terdekat, atau berenang di laut, yang hanya berjarak lima menit dari rumah.Bangunan dengan struktur minimalis ini terbuat dari beton dan menonjolkan aksen kayu yang menambah kehangatan pedesaan pada interior. Sementara itu sekelilingnya ada tumbuh-tumbuhan dan pasir. Inilah sebuah rumah yang damai, nyaman dan sederhana ini adalah pilihan yang sempurna untuk liburan santai di tengah alam.

6. Casa Solaris – Vieques, Puerto Rico

Contoh Rumah Beton

  • Seperti bangunan lainnya dalam sebuah hotel, John Hix merancang Casa Solaris untuk memanfaatkan kekuatan alami di daerah Vieques; angin, matahari, dan hujan. Bangunan ini dibuat dengan menciptakan ruang terbuka, menghilangkan dinding keempat, dan menciptakan ruang yang memanfaatkan angin yang berhembus dari perbukitan Vieques. Dengan demikian, ruangan selalu didinginkan, tanpa perlu AC.

7. Cor Impian – Texas

Contoh Rumah Beton

  • Christopher Robertson dan Vivi Nguyen-Robertson yang mendesain dan memiliki rumah ini memahami bahwa rumah adalah rangkaian bentuk geometris sederhana: dinding beton rendah, kubus beton, dan sebuah kotak yang dibalut dengan larva Siberia.
    Foto: Jack Thompson

8. Aragon

Contoh Rumah Beton

  • Rumah beton ini berada di pinggir taman nasional Puertos de Beceite di Aragon, Spanyol. Lokasi ini adalah Casa Solo Pezo, properti pertama dalam koleksi persewaan liburan. Dirancang oleh arsitek Chili yagn menyabet penghargaan eksibisi MoMA di Pezo Von Ellrichshausen, Casa Solo Pezo menampilkan struktur persegi beton besar yang terletak di atas dasar persegi beton yang lebih kecil. 
  • Foto: Cristóbal Palma

9. Ekuador

Contoh Rumah Beton

  • Rumah beton El Quinche House ini, dirancang oleh Felipe Escudero. Lokasi ini adalah sebuah lembah di Andes dan memiliki pemandangan lereng gunung yang menakjubkan.
  • Foto oleh Kari Barragan

10. Kampung Belgia

Contoh Rumah Beton

  • Awalnya adalah sebuah villa beton tahun 1970-an di pedesaan Belgia, kemudian diberi sentuhan renovasi yang sensitif dengan menghilangkan dinding berkarpet dan beberapa kamar dengan pencahayaan kurang. Renovasi ini juga akhirnya menghadirkan setting yang idilis sebagai sebuah pernyataan arsitektur.
  • Foto: Frederik Vercruysse

11. Kepulauan Hawaii

Contoh Rumah Beton

  • Ini adalah sebuah rumah di Pulau Besar Hawaii untuk bersantai yang dimiliki Craig Mayer dan Rick Penland. Didesain oleh arsitek Craig Steely, rumah beton ini memperlihatkan balok beton 4 kaki setinggi 139 kaki yang membentang di atap sebagai penanda yang ikonik.Foto: Ian Allen

12. Portugis

Contoh Rumah Beton

  • Ini adalah rumah beton di Cascais, ini, sebuah kota pantai di daerah yang dikenal sebagai Riviera Portugis. Rumah ini  memiliki luas 11.840 kaki persegi yang terbuat dari beton, kayu, dan kaca — dan menawarkan sepasang kolam renang besar di dua lantai. Rumah ini didesain oleh José Guedes Cruz, César Marques, dan Marco Marinho dari perusahaan yang berbasis di Portugal Guedes Cruz Architects, The Wall House ditata dalam rencana kotak terbuka, dan dilengkapi dengan banyak jendela kaca untuk meningkatkan sinergi antara interiornya. dan ruang eksterior.
  • Foto oleh Ricardo Oliveira Alves

13. Katz’s Cradle – Johannesburg

  • Rumah beton ini memilki atap kantilever yang menaungi kamar tidur di lantai atas. Pintu kaca stackable yang berjalan di bawah memungkinkan rumah untuk membuka sepenuhnya ke halaman dan kolam renang, melunakkan kerasnya beton, dan mengaburkan batas antara dalam dan luar.
  • Foto: Elsa Young

14. Open Plan – Jepang

  • Di Tokyo, Jepang, semua rumah rata-rata dkibaut dengan desain arsitektur lama, Tamotsu Nakada menciptakan rumah 793 kaki persegi berbentuk kotak beton.Tamotsu Nakada tidak perlu banyak hal untuk menyaingi rumah-rumah tetangganya. Dari rumahnya, ia hanya cukup mengulurkan lengannya dan bisa menyentuh rumah orang lain. Yah, karena rumah-rumah tetangganya hany berjarak beberapa langkah saja dari teras rumah yang menjadi batas propertinya.Dengaan desain terbuka, Nakada memiliki lebih banyak cahaya dan udara yang memang keduanya penting bagi kehidupan.
  • Foto: Iwan Baan

15. S – Taiwan

  • Dinding interior dari rumah beton berbentuk S bergelombang ini terinspirasi dari desain arsitektur Brutalis. Terletak di kota Hsinchu di Taiwan utara, perusahaan Yuan Arsitek yagn berkantor di Taipei membaut hunian empat tingkat ini tertutupi beton mentah bergaya Brutalis. Adapun d inding berbentuk S itu terlihat menjalin interior, mengukir ruang publik dan ruang pribadi bersama oleh tiga generasi keluarga.
  • Foto milik Arsitek Yuan

16. TKR – Tokyo Desain oleh Atelier

  • Seluruh interior drai rumahbeton ini terdiri atas beton terbuka yang beraksen kayu. Lantai dasar memiliki langit-langit setinggi ganda yang memaksimalkan cahaya alami dari sumur cahaya di atas. 
  • Foto oleh Atelier Salt dan Leibal

17. Bungalow Beton – Belgia

  • Belgia, di sebelah utara desa West-Flemish di Westouter orang dapat menemukan plot di lanskap terbuka dan pedesaan, sangat dipengaruhi oleh kegiatan pertanian khas di daerah tersebut. Kondisi alam yang indah ini kemudian di manfaatkan pada dessain rumah secara maksimal pada rumah keluarga tunggal ini. Tampak di luar rumah, beberapa peternakan dan sekelompok pohon di sana-sini.
  • Foto: Tim Van de Velde

18. Dicetak – Zurich Jerman

  • Bagian belakang rumah betono ini  menghadap ke halaman belakang yang subur. Blok bangunan ini adlah panel beton prefabrikasi industri yang kasar oleh pabrikan Jerman Syspro.
  • Foto: Hertha Hurnaus

19. Micro – Jepang

  • Rumah beton ini dibangun dengan beton berformulasi khusus yang terbuat dari abu vulkanik. Terletak di Tokyo, rumahmikro ini didesain untuk memaksimalkan ruang melalui konstruksi vertikal. Perusahaan arsitektur yang berbasis di Tokyo, Atelier TEKUTO menerima brief dari klien mereka untuk membangun rumah beton yang sadar lingkungan dan berbeda, mereka memulai perjalanan dua setengah tahun dalam eksplorasi ruang dan material.Dibangun pada tahun 2015, hasilnya — proyek R Torso C — baru-baru ini memenangkan Overall Excellence Award dan tempat pertama dalam kategori bangunan rendah di American Concrete Institute Awards 2017.
  • Foto oleh Atelier Tekuto

20. Ruko – Chicago

  • Rumahbeton ini terletak di salah satu kantong industri terakhir di West Town. Perusahan UrbanLab’s Martin Felsen dan Sarah Dunn mendesain rumah ini dengan menciptakan ruang kerja modern yang merepresentasikan sejarah lingkungan dalam bentuk dan fungsi. Panel beton pracetak Dukane diukir dengan asam untuk tampilan yang lebih selesai. 
  • Foto: Christopher Sturman

 

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?