OMA atau kependekkan dari The Office for Metropolitan Architecture, merupakan perusahaan arsitektur dengan bangunan yang menjadi landmark tersendiri. OMA didirikan pada tahun 1975 oleh Rem Koolhaas dan Elia Zenghelis, bersama dengan Madelon Vriesendorp dan Zoe Zenghelis. Sejak itu, tim ini dikenal dengan solusi visioner yang mengesampingkan konvensi terprogram.

OMA memahami desain sebagai suatu proses sehingga telah membentuk bagaimana kita memahami arsitektur dan desain di seluruh dunia. OMA dengan menggunakan portofolio kerja perusahaan yang lebih baru, proyek-proyek berikut ini dibangun dalam lima tahun terakhir. Menampilkan konsep desain yang kritis dan ketat, mereka dibuat dengan berbagai program pada skala yang beragam.

Berlokasi di seluruh dunia, koleksi ini mulai menggambarkan dampak OMA pada arsitektur dan urbanisme dengan berbagai bahan, bentuk, dan ruang. Bersama-sama, mereka juga mewakili pendekatan konseptual praktik untuk beragam tipologi.

10 Landmark Penting Dunia Hasil Karya Office for Metropolitan Architecture (OMA)

1. Concrete at Alserkal Avenue

  • Lokasi: Dubai, United Arab Emirates

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Terletak di kawasan industri Al Qouz Dubai, Alserkal Avenue didirikan pada 2007 dengan tujuan mempromosikan inisiatif budaya di wilayah tersebut. Sejak itu, gedung ini telah menjadi pusat seni paling penting di Dubai dengan dua puluh lima galeri dan ruang seni. Beton, tempat baru, membahas kebutuhan yang berkembang di distrik untuk ruang publik yang terletak di pusat yang dapat menampung program yang beragam.

2. Galleria

  • Lokasi: Yeongtong-gu, Suwon, South Korea

proyek arsitektur landmark oleh OMA

Arsitektur yang satu ini adalah sebuah toko di Gwanggyo – kota baru di selatan Seoul – adalah cabang keenam dari Galleria. Terletak di pusat pengembangan kota, gedung ini dikelilingi oleh menara residen yang tinggi, sehingga terlihat seperti batu di Galleria dan menjadikannya titik gravitasi alami bagi kehidupan publik di Gwanggyo.

Keunikan bangunan bikinan OMA ini ini adalah memiliki façade batu mosaik bertekstur yang membangkitkan sifat taman di lingkungan tersebut.

3. Garage Museum of Contemporary Art

  • Lokasi: Moscow, Russia

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Sebuah renovasi dramatis pada restoran tahun 1960 di lokasi, Garage Museum adalah pusat seni kontemporer di Moskow. Program museum meliputi galeri, toko, kafe, teras atap, auditorium, dan kantor. Uniknya proyek arsitektur landmark oleh OMA ini adalah Fasad polycarbonate tembus baru membungkus kerangka struktural asli dan terangkat dari tanah, memungkinkan pandangan antara taman Gorky dan ruang pameran di dalamnya.

4. Il Fondaco Dei Tedeschi

  • Lokasi: Venice, Italy

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Pertama kali dibangun pada 1228, dan terletak di kaki Jembatan Rialto di seberang pasar ikan, Fondaco dei Tedeschi adalah salah satu bangunan terbesar dan paling terkenal di Venesia.

Pemugaran bangunan OMA ditugaskan oleh keluarga Benetton pada tahun 2009 untuk mengubah struktur 9.000 meter persegi menjadi department store, sekarang di bawah perjanjian sewa dengan DFS yang berbasis di Hong Kong.

5. Lujiazui Harbour City Exhibition Centre

  • Lokasi: Shanghai, China

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Pusat Pameran Kota Pelabuhan Lujiazui terletak di pengembangan Pudong Shanghai utara dan terkini, di sepanjang Sungai Huangpu, salah satu tepi pantai yang paling banyak difoto di dunia.

Pusat Pameran yang baru diposisikan di tanjakan tempat buaian kapal sebelumnya dan menyediakan ruang acara yang terkonsentrasi di distrik keuangan sekitarnya.

6. New Museum for Western Australia

  • Lokasi: Perth, Australia

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Terletak di jantung kawasan budaya Perth, desain Hassell + OMA disusun sebagai ‘kumpulan cerita’, menawarkan kerangka kerja multidimensi untuk terlibat dengan Australia Barat. Gedung ini seolah menjadi bangunan holistik, yang terdiri dari warisan dan struktur baru. Selain itu Museum ini  akan menjadi tempat berkumpulnya komunitas lokal dan pengunjung global.

7. Pierre Lassonde Pavilion

  • Lokasi: Québec City, Canada

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Paviliun Pierre Lassonde – bangunan keempat Musée national des beaux-arts du Québec saling terhubung namun berbeda – merupakan tambahan yang ambisius untuk kota ini.

Alih-alih menciptakan pemaksaan ikonik, proyek arsitektur landmark oleh OMA ini membentuk hubungan baru antara taman dan kota, dan membawa koherensi ke MNBAQ. Untuk menanggapi konteks sambil mengklarifikasi organisasi museum dan menambah skalanya, galeri-galeri baru disusun dalam tiga volume ukuran yang semakin berkurang.

8. Taipei Performing Arts Center

  • Lokasi: Taipei, Taiwan

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

TPAC terdiri dari tiga teater, yang masing-masing dapat berfungsi secara otonom. Teater dihubungkan ke kubus pusat, yang mengkonsolidasikan tahapan, panggung belakang dan ruang pendukung menjadi satu kesatuan yang efisien dan tunggal.

Pengaturan proyek arsitektur landmark oleh OMA ini memungkinkan tahapan untuk dimodifikasi atau digabungkan untuk skenario dan penggunaan yang tidak terduga. Desainnya menawarkan keunggulan kekhususan dengan kebebasan yang tidak terdefinisi.

9. The Design Museum

  • Lokasi: London, United Kingdom

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

OMA dengan Allies dan Morrison adalah arsitek yang bertanggung jawab untuk desain cangkang struktural yang telah diperbaharui dan amplop eksternal bangunan. Proyek ini membutuhkan hubungan kerja yang erat dengan arsitek interior Design Museum, John Pawson.

Pekerjaan perbaikan yang signifikan dan kompleks telah dilakukan, termasuk konfigurasi ulang grosir struktur dan penggalian basement untuk meningkatkan luas lantai dan efisiensi organisasi agar sesuai dengan kebutuhan Museum Desain.

10. Timmerhuis

  • Lokasi: Rotterdam, Netherlands

proyek arsitektur landmark oleh OMA proyek arsitektur landmark oleh OMA

Timmerhuis dirancang sebagai bangunan kota baru untuk balai kota yang menggabungkan ruang perumahan dan administrasi. Dibentuk sebagai unit modular yang bekerja dalam sistem struktural yang inovatif, bangunan ini dirancang untuk menjadi bangunan paling berkelanjutan di Belanda.

OMA mencapai ini melalui konsep inti fleksibilitas, dan juga melalui dua atrium besar yang bertindak seperti paru-paru.

Sumber: https://architizer.com

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?