10 Bangunan Beton dengan Bentuk Struktur Baru

10 Bangunan Beton dengan Bentuk Struktur Baru. Tahukah Anda? Brutalisme mungkin merupakan bentuk bersejarah tertinggi arsitektur beton, tetapi bahannya serba guna seperti yang kita buat, dan punya banyak trik di lengannya.

Meskipun dianggap dingin, berat, dan padat, 10 proyek ini mulai dari paviliun berbatu dan memorial patung yang lapang hingga museum yang terlihat seperti terbuat dari kertas yang dilipat memamerkan betapa beton pahatan dapat berada di tangan seorang perancang yang inovatif. 

1. Beton Berkerut

  • Oleh: Johannes Wiesflecker

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Bangunan beton dengan bentuk struktur baru ini terletak di luar sekolah menengah bersejarah di Austria. Gedung ini termasuk bangunan baru yang didesain oleh arsitek Johannes Wiesflecker. Bentuknya sangat menonjol karena sejumlah alasan, termasuk cara bentuknya yang modern kontras dengan kompleks yang lebih tua di belakangnya.

Tapi yang paling menarik dari semuanya adalah dinding geser ‘kusut’ yang dramatis, tergantung sekitar 8 kaki di depan fasad kaca. Dinding itu sendiri sebenarnya merupakan struktur tiga dimensi, hampir seperti patung yang membentang dari atap ke lantai pertama, dan dapat dilihat dari dalam maupun luar.

2. Sudut Dinamis: Rumah Sederhana

  • oleh Moon Hoon

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Untuk rumah di pulau berangin di Korea di mana “cuaca adalah penguasa,” arsitek Moon Hoon membutuhkan bahan-bahan yang akan memberikan keamanan seperti bunker sementara juga menawarkan ruang sambutan untuk melarikan diri.

Meskipun solusi pertamanya adalah menenggelamkan rumah ke tanah, klien menginginkan sesuatu yang lebih mencolok dan boros.

Desain akhir menumpuk volume beton dalam mode berselang-seling dan menempelkannya bersama-sama dengan konektor beton tipis, memungkinkan angin mengalir melalui struktur.

Hasilnya terasa dinamis dinamis untuk material yang sering dikaitkan dengan soliditas statis yang berat.

3. Bentuk Mengejutkan & Tekstur Lapang: Shui Cultural Center

  • oleh West-Line Studio

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Bekisting beton berkisi bertindak sebagai dasar dari atap zig-zag tunggal yang melampirkan Pusat Budaya Shui di Cina, merayakan salah satu kelompok etnis minoritas di negara itu.

Bentuknya memberi penghormatan kepada bahasa mereka, mengikuti bentuk karakter untuk ‘gunung’, sedangkan pola pelat baja perunggu berlubang di atap mengambil inspirasi dari karakter tradisional Shui.

Perusahaan arsitektur West-Line Studio ingin selubung logam tipis kontras dengan beratnya beton, yang menampakkan dirinya dalam interior bangunan.

4. Dinding Tipis, Melengkung: Museo International del Barroco

  • oleh Toyo Ito & Associates

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Dinding beton tipis dan melengkung di Museo International del Barroco di Toyo Ito hampir terlihat seperti terbuat dari kertas, kualitas yang jarang terlihat pada bahan ini.

Perusahaan ini bekerja dengan perusahaan Meksiko DANSTEK, yang berspesialisasi dalam beton pracetak, mengembangkan dinding beton dan lempengan beton yang dipasang di bagian luar dan memasang in-situ di bagian dalam. Dinding-dinding itu juga tidak hanya dekoratif. Mereka menahan beban, dan diintegrasikan ke dalam strategi struktural yang memberikan kualitas bangunan tahan gempa.

5. Desain Beton Ukir: Bangunan Komersial

  • oleh Jorge Urias Studio

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Setelah Anda melihat struktur beton komersial berbiaya rendah di Juarez, Meksiko ini, Anda heran mengapa kami tidak sering melihat desain yang tertanam di bangunan serupa. Sepertinya agak jelas, bukan? Namun sentuhan dekoratif dan artistik biasanya tidak disukai karena permukaan yang cepat dan sederhana tanpa hiasan. Jorge Urias Studio mengukir panel beton tilt-up dari bangunan ini dengan pola geometris yang berani, memberikan kepribadian yang jauh lebih banyak daripada yang seharusnya.

6. Bentuk Organik: Crack Pavilion

  • oleh Mahasiswa Universitas Chalmers

Batu bata beton mentah dalam bentuk tidak teratur meniru daerah berbatu di Gothenburg, Swedia dan mengingat dinding batu kota dalam proyek ini oleh mahasiswa Magister Arsitektur di Chalmers University of Technology. Dinamai ‘The Crack,’ kios ini lebih bersifat pahatan daripada banyak proyek arsitektur beton.

Setiap blok individu yang dibentuk secara manual dengan bingkai kayu lapis dan cetakan busa padat karya, sehingga teknik ini mungkin tidak cocok untuk bangunan besar, tetapi teknik ini tampaknya penuh kemungkinan untuk fasad yang lebih kreatif, dan tampilan organik dari hasilnya menarik.

7. Lapisan Geologis-Terinspirasi: Rumah Stratum

  • oleh STPM

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Ini mungkin terlihat sedikit seperti lapisan kue, tetapi Rumah Stratum oleh perusahaan Korea stpmj sebenarnya terinspirasi oleh formasi geologi, menggunakan cara baru pengecoran beton untuk mensimulasikan lapisan berbagai jenis batuan dan sedimen.

Untuk setiap lapisan, mereka menggunakan rasio semen-air, agregat dan pigmen yang berbeda; semakin banyak air ditambahkan, semakin banyak beton ‘kemerosotan.’ Ini menghasilkan garis-garis tidak teratur pada eksterior bangunan, meniru perjalanan waktu.

8. Batu Mimik Kecantikan Monolitik: Foro Boca

  • oleh Rojkind Arquitectos

Di Boca del Rio, Meksiko, bangunan ‘Foro Boca’ oleh Rojkind Arquitectos adalah bagian dari kompleks pusat budaya yang menghidupkan kembali daerah perkotaan yang memburuk di muara sungai. Sang arsitek ingin membuat struktur yang berbicara dengan dinamika lokasi, tujuan bangunan sebagai ‘detonator perkotaan’ yang dapat membantu menghasut modernitas di daerah tersebut, dan lingkungan alaminya.

“Bangunan ini sesuai dengan ekspresi abadi dari kubus beton yang dibentuk oleh rip raps di breakwater, mengasimilasi mereka sebagai asalnya dan menafsirkannya kembali dalam sebuah bangunan yang terbuat dari beton yang jelas, membentuk berbagai area volume yang berisi ruang konser,” mereka menjelaskan.

Garis-garis diagonal memotong fasad volume offset mengingat cara angin dan air mengukir batu di alam.

9. Lebih Ringan dari Udara: Peringatan Patung Hung-Yin Yen

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Meskipun ini adalah patung peringatan dan bukan bangunan, ‘Ibu dan Anak’ Hung-Yin Yen di Kota Taipei adalah representasi indah dari cahaya yang dapat dicapai dalam beton.

Membentuk satu loop terus menerus, peringatan itu hampir tampak mengambang. Seniman tersebut membuat model busa polystyrene skala penuh untuk membuat bekisting beton polimer yang diperkuat serat; beton dituangkan di sekitar loop paduan inti untuk memberikan keamanan struktural.

“Seperti yang disiratkan oleh geometri tanpa akhir ini, kehidupan di alam semesta yang luas ini tidak ada habisnya, perjalanan ini tidak memiliki awal maupun akhir,” kata Yen.

10. Kain seperti kubah – Deep Cavern Studio

  • oleh Claudio Hebberecht

Beton dengan Bentuk Struktur Baru

Tampak seperti tekstil yang membentang, kubah beton tipis di atas ‘Deep Cavern Studio’ oleh Claudio Hebberecht memberikan perlindungan dari matahari sambil menggema bukit-bukit di sekitarnya di Spanyol.

Bertindak sebagai tempat kerja bagi seniman lokal, struktur ini menampilkan delapan ‘lengan’ yang merentang ke tanah di sekitar volume pusat, memungkinkan cahaya alami menembus ruang di antara mereka.

Desainnya sepertinya matang untuk reproduksi di negara-negara panas.

Sumber: https://weburbanist.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..