Warisan Desain dari Edison dan Kontraktor PT Nikifour

Posted by purnosidi
on 01/10/2015

Mereka yang menyukai desain beton tuang modern tentu merasa senang akan presentasi yang diberikan oleh asisten professor NJIT Matt Burgermaster, pada pertemuan  Masyarakat Penggemar Arsitektur Bersejarah. Yang kala itu membahas tentang penemuan ‘single pour system’ yang dibuat oleh Edison. Pada pertemuan tersebut disebutkan bagaimana Thomas Edison mematenkan penemuannya tersebut pada tahun 1917. Dengan penemuannya ini, membuat sistem kontruksi dapat diproduksi secara masal, mulus, dan juga menjadi lebih kreatif dan juga inovatif.  Banyak orang yang mengasosiasikan gaya ini dengan desain arsitektur Eropa pada abad ke-20.

Warisan Desain dari Edison dan Kontraktor PT Nikifour

Rumah dengan desain Edison ini banyak berdiri kokoh di daerah West Orange, New Jersey. Dimana di tempat ini juga berdiri pabrik Edison yang saat ini telah menjadi sebuah National Historic Park.

Burgermaster juga berkata bahwa Edison berhasil mematenkan sebuah struktur bangunan tanpa pemisah ini dengan hanya menggunakan 1 buah konstruksi. Luar biasanya dalam waktu 100 tahun kemudian rumah-rumah yang dibangun ini masih berdiri dengan kokoh.

Pada makalah yang membahas penemuan Edison tentang sistem sekali tuang ini membuat konstruksi beton menjadi sesuatu yang baru dan juga terlihat lebih dinamis. Hal ini juga yang kemudian mengembangkan desain bangunan menjadi lebih mulus dibandingkan yang sebelumnya.

Ide awalnya adalah bertujuan untuk membuat sebuah prototype yang hemat biaya untuk membuat sebuah rumah untuk para pekerja dengan biaya yang sangat hemat. Ini adalah salah satu usaha modernisasi dengan melakukan percobaan awal untuk produksi masal, yaitu membangun sebuah bangunan dengan  menggunakan bahan tunggal.

Pada 1917 hak paten Edison membuat sebuah cetakan berukuran bangunan dengan memanfaatkan kapasitas instristik dinamis beton itu sendiri.  Hal ini bertujuan untuk membuat beton membentuk dirinya sendiri dengan menjadi berbagai macam bentuk dan ukuran. Desain ini hanya dibatasi dengan sebuah kerangka. Dengan adanya penemuan ini tentu saja orang hanya perlu menggunakan bahan sebagai mana mestinya dan tidak dibatasi dengan hanya menyusunnya saja.

Dengan menyatunya desain interior dan desain eksterior maka konstruksi akan terstrukstur dan menjadi 1 dalam sebuah cor beton. Dengan demikian maka semua bangunan akan terbentuk dengan baik dan juga rapi tanpa perlu menggunakan bagian-bagian atau persendian untuk membuat bangunan menjadi kuat.

Ini akan menjadi sebuah proporsi yang radikal, sebuah desain arsitektur yang mulus yang dibentuk oleh seorang Edison, sebelum konsep ini digunakan oleh European avant grade. Sementara mereka berimajinasi tentang sebuah beton tanpa  mengetahui sejarah atau penggagas desain produksi seperti ini menjadikan ini sebagai sebuah kenyataan bahwa Edison berhasil menghubungkan antara materi dan juga bentuk.

Representasi desain arsitektur ini tentu saja kurang ideal, karena objek tersebut dibuat menggunakan mesin, namun hal seperti ini ternyata dapat memperlihatkan kekuatan material yang sebenarnya. Dengan adanya konstruksi seperti ini tentunya akan membuat orang dapat berpikir alternatif tentang materi yang digunakan itu sendiri.

Edison ini menawarkan sebuah penemuan penting dalam dunia arsitektur, walaupun sedikit radikal namun konstruksi beton ini membuat bangunan menjadi lebih kokoh dan tentu saja dapat memecahkan masalah tentang desain rumah itu sediri ujar Burgermaster.

Hal seperti ini juga yang kemudian diaplikasikan oleh kontraktor  yang berkantor di kawasan KIIC Suryacipta. Dengan demikian maka bangunan Anda akan aman di tangan Nikifour,  atau sebuah perusahaan kontrasktor terbaik Karawang.

Bangunan yang dibuat akan baik, kokoh dan inovativ, seperti yang dipatenkan oleh Edison pada tahun 1917 lalu. Oleh karena itu tidak salah jika Anda menggunakan jasa Kontraktor yang berlokasi Jababeka Bekasi  ini untuk ikut melestasikan warisan berharga dari hak paten seorang Edison ini.

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id