Trik Hitung Berapa Buah Keramik yang Dibutuhkan

Posted by purnosidi
on 04/03/2015
Trik Hitung Berapa Buah Keramik yang Dibutuhkan

Ini dia beberapa trik hitung berapa buah keramik yang dibutuhkan. Dalam membangun sebuah bangunan, entah sebuah hunian, gedung perkantoran, toko, ruko, dll, memang diperlukan perhitungan yang matang, termasuk dalam menghitung kebutuhan keramik. Inilah trik hitung berapa buah keramik yang dibutuhkan.

Berbicara soal menghitung kebutuhan keramik, ada yang mengatakan mudah dan ada juga yang mengatakan cukup sulit. Jika kita salah dalam menghitung kebutuhan keramik, tentu akan berdampak buruk, khususnya pada jumlah biaya pembelian keramik dan biaya pengerjaan lantai yang pastinya membengkak. Tak hanya itu, kita juga akan mengalami kerugian lainnya seperti kerugian waktu pengerjaan di mana waktu pengerjaan akan lebih lama/ mundur.

Yang lebih parah lagi, bisa saja lantai rumah kita akan memiliki warna dan jenis keramik yang berbeda akibat salah perhitungan kebutuhan keramik.

Nah, kali ini kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang akan memberikan informasi pada Anda seputar trik menghitung kebutuhan penggunaan keramik pada sebuah bangunan.

Alasan mengapa kesalahan penghitungan kebutuhan keramik membuat biaya pengerjaan membengkak adalah kita akan membutuhkan biaya tambahan tak hanya untuk membeli kekurangan keramik, melainkan juga untuk biaya transportasi saat kita membeli kekurangan keramik. Dan alasan mengapa kesalahan penghitungan kebutuhan keramik membuat waktu pengerjaan menjadi mundur/ lebih lama adalah karena dibutuhkan waktu untuk menunggu saat keramik akan dibeli. Belum lagi waktu yang dibuang ketika keramik dipindahkan dari toko bangunan ke lokasi pembangunan.

Padahal belum tentu ada suplai keramik dengan jenis, motif, dan warna yang sama dengan keramik yang sudah dipasang di lantai. Jika ternyata suplai keramik dengan warna, jenis, dan motif yang sama telah habis di pasaran, mau tak mau kita harus menunggu suplai keramik pilihan kita benar-benar ada. Namun jika kita tidak bisa menunggu lama keramik yang kita inginkan, kita harus rela menggunakan keramik dengan jenis, warna, dan motif yang berbeda dari sebelumnya. Alhasil, keramik lantai rumah kita akan berbeda corak dan warnanya.

Mengapa kesalahan penghitungan kebutuhan keramik dapat membuat warna keramik yang dipasang berbeda/ tak seragam? Tentu saja berbeda. Ketika ternyata jumlah keramik yang akan dipasang tidak sesuai dengan kebutuhan alias kurang, kita tentu akan membeli keramik dengan jenis, corak, dan warna yang sama. Namun belum tentu keramik yang kita inginkan masih tersedia stock-nya di pasaran. Jika ternyata stock keramik yang kita inginkan tidak ada, ada dua pilihan yang harus dipilih salah satunya, yaitu membongkar kembali keramik-keramik yang sudah terpasang lalu menggantinya dengan keramik yang baru agar seragam, atau tetap menambahkan pemasangan keramik meski dengan warna, corak, dan jenis yang berbeda.

Terkait trik hitung berapa buah keramik yang dibutuhkan, maka lantai keramik yang tidak seragam tentu akan kurang enak dilihat. Dengan kata lain, dari sisi estetika, nilai keindahan lantai rumah kita akan berkurang hanya karena tidak tepatnya penghitungan kebutuhan keramik semasa merenovasi lantai rumah. Tampilan ruangan dengan keramik yang tak seragam akan terlihat kurang menarik sehingga kita perlu mensiasatinya dengan hal-hal lainnya.

Lantas, bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik agar tepat dan tidak kekurangan? Caranya sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Pertama, ukur terlebih dahulu luas ruangan yang akan dipasang keramik. Sebagai contoh, Anda akan memasang keramik di kamar yang berukuran 4×4 meter.

Jadi, luas kamar adalah 16 meter persegi. Kedua, dari luas kamar tersebut, luas keramik yang dibutuhkan adalah seluas 16 meter persegi. Ketiga, silahkan Anda membeli keramik dengan rincian:  1 dus berisi 1 meter persegi keramik. Karena luas kamar yang akan dipasang keramik 16 meter persegi, maka keramik yang dibutuhkan sebanyak 1 dus.

Selain harus menghitung jumlah/ kebutuhan keramik dengan tepat, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal penting lainnya berikut ini:

  • Kita harus mempunyai perkiraan jumlah keramik yang pecah pada saat proses pemasangan. Dengan mengetahui perkiraan jumlah keramik yang pecah, kita tentu harus membeli keramik dengan jumlah lebih sebagai cadangan.
  • Kita juga harus menghitung jumlah keramik yang dipotong untuk dipasang di bagian sudut-sudut ruangan. Apakah sisa potongan keramik masih bisa digunakan lagi atau tidak.
  • Kita juga harus memperkirakan jumlah keramik yang mungkin hilang atau diminta oleh orang lain. Jadi penting juga bagi kita untuk membeli keramik dengan jumlah lebih untuk menghindari kebutuhan keramik yang kurang saat proses pengerjaan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id