Tips Agar Warna Cat Tembok Luar Rumah Tetap Tahan Lama

Posted by purnosidi
on 08/08/2017

Cat eksterior rumah Anda cepat pudar dan mudah terkelupas? Apa sajakah tips agar warna cat tembok luar rumah tetap tahan lama? Bagaimana membuat cat tembok luar rumah menjadi tetap tahan lama? Seperti yang kita ketahui cat pada tembok atau dinding luar rumah memang lebih rentan mengalami kerusakan, mudah kotor jika dibandingkan dengan cat dinding dalam rumah.

Banyak hal yang mempengaruhi cat tembok luar rumah menjadi rentan rusak, seperti karena seringnya terkena paparan sinar matahari dan guyuran dari air hujan. Selain itu, perubahan iklim secara drastic juga bisa menyebabkan munculnya jamur pada dinding atau tembok luar rumah Anda.

Agar warna cat tembok luar rumah tetap tahan lama

Hal inilah yang membuat Anda harus ekstra merawat dinding rumah bagian luar, terutama pada hari-hari tertentu dimana akan banyak orang yang bertamu ke rumah Anda. Tidak mau kan rumah menjadi terlihat kotor dan kusam dari luar. Nah, berikut ini PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka akan memberikan beberapa tips yang akan membuat warna cat tembok luar rumah Anda tetap awet dan tahan lama :

1. Pemilahan cat yang tepat

Pemilihan warna yang tepat menentukan agar warna cat tembok luar rumah tetap tahan lama. Bagi Anda yang ingin memiliki cat tembok luar rumah yang tahan lama, maka pemilihan cat sangat perlu diperhatikan. Pilihlah cat khusus eksterior, kenapa? Karena cat khusus eksterior umumnya sudah diformulasikan dengan bahan tertentu yang memang diperuntukkan pada pengecatan dinding bagian luar, sehingga cat akan jauh lebih awet, tahan lama dan lebih kuat untuk melindungi warna cat serta dinding dari perubahan iklim yang cukup ekstrim belakangan ini.

Salah satu ciri yang bisa Anda temukan sebelum membeli cat dinding luar rumah ini adalah dengan melihat keunggulan cat tersebut, karena umumnya cat khusus untuk dinding luar rumah ini mencantumkan keunggulan seperti weather resistance atau weather proof. Selain itu kandungan di dalam cat khusus eksterior biasanya juga dapat mencegah timbulnya jamur serta flek yang muncul akibat rembesan air hujan.Cat dinding yang baik umumnya akan bertahan sekitar kurang lebih 4 tahun tanpa mengalami kerusakan maupun pengelupasan.

2. Pembersihan dinding

Pembersihan dinding juga berpengaruh agar warna cat tembok luar rumah tetap tahan lama. Sebelum proses pengecatan pastikan tembok dan dinding yang akan dicat dalam keadaan sudah bersih, tidak terkena noda, debu atau kotoran lain yang menempel. Karena adanya kotoran yang menempel pada tembok atau dinding dapat membuat cat tidak bisa menempel sempurna, sehingga lebih rawan mengelupas. Pastikan dinding dalam kondisi kering untuk memulai proses pengecatan.

Pembersihan dinding juga baik dilakukan secara berkala setelah dilakukan pengecatan, terutama jika dinding luar rumah sudah terlanjur berlumut. Pembersihan ini bisa Anda lakukan dengan menyiram air kaporit pada tembok secara menyeluruh, sehingga jamur serta benih jamur dapat mati dan menghilang sempurna.

3. Pilihlah jenis cat sesuai dengan jenis dinding

Selanjutnya agar warna cat tembok luar rumah tetap tahan lama adalah pemilihan cat yagn sesuai dengan jenis dinding. Maksudnya gimana ya? Maksudnya adalah dengan memilih cat yang umum dan biasa digunakan untuk dinding tembok. Karena cat dinding biasa tentunya akan berbeda dengan cat yang digunakan untuk dinding batu alam atau dinding kayu. Cat dinding tembok biasanya memiliki tekstur yang lebih tebal jika dibandingkan dengan cat dinding kayu atau batu, hal ini agar lapisan semen di bawahnya tidak akan terlihat dan tertutup dengan sempurna.

4. Pemilihan warna yang tepat

Pemilihan warna merupakan salah satu tahap yang juga cukup penting. Usahakan untuk memilih warna yang cerah untuk tembok atau dinding luar rumah. Warna yang cerah disarankan karena mempunyai pigmen yang lebih sedikit jika dibandingkan cat dinding yang berwarna gelap, sehingga resiko kepudaran cat jauh lebih sedikit jika dibandingkan bila Anda memakai warna cat yang pekat. Selain itu hal ini juga dapat membuat Anda tidak terlalu repot dengan pengecetan ulang dinding yang terlalu sering. Berikut beberapa warna yang kami rekomendasikan untuk Anda gunakan pada dinding luar rumah, yakni warna hijau muda, kuning atau warna putih.

5. Melakukan proses pengecatan pada saat cuaca cerah

Pemilihan waktu untuk memulai proses pengecatan juga sangat penting. Dimana mengecat rumah pada saat cuaca cerah tentu akan sangat membantu proses pengeringan cat. Jika pengecetan dilakukan pada musim hujan maka lapisan cat akan mudah terkelupas dan rusak karena terbawa oleh guyuran air hujan. Perhatikanlah juga kondisi tembok rumah sebelum proses pengecatan, karena dinding yang permukaannya basah dan lembab dapat membuat cat tidak terserap sempurna.

6. Menggunakan teknik pengecatan yang tepat dan benar

Teknik pengecat pun juga perlu Anda perhatikan, karena jika salah akan berpengaruh pada permukaan tembok atau dinding yang menjadi tidak halus. Sehingga sebaiknya lapisilah dulu bagian yang sulit di cat seperti bagian dekat atap atau sudut dinding. Setelah itu baru kerjakan bagian lain yang lebih mudah. Dalam pengecatan oleskanlah kuas cat secara searah / satu arah agar hasilnya lebih merata dan halus.

Demikianlah beberapa tips agar warna cat dinding atau tembok luar rumah Anda menjadi lebih tahan lama. Semoga tips dari PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka dapat bermanfaat untuk Anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id