Rangka Atap dan Plafon Masa Kini

Posted by purnosidi
on 10/04/2015
Rangka atap dan plafon masa kini

Bagaimana teknologi dan penerapan rangka atap dan plafon masa kini? Palfon atau ceiling atau langit-langit sebagai rangka atap pada rumah mempunyai fungsi penting sebagai penyangga atap. Biasanya, bahan yang digunakan untuk bagian ini adalah kayu. Cara ini sudah digunakan sejak dahulu. Akan tetapi, penggunaan bahan kayu juga mempunyai resiko. Misalnya, bila ada serangan rayap, maka kayu dapat menjadi lebih lapuk dan mudah patah. Hal ini dapat menyebabkan atap ambruk yang tentunya membahayakan penghuni rumah. Selain itu, ada pula pengaruh cuaca yang juga berefek sama. Rangka Atap dan Plafon Masa Kini.

Saat ini, terdapat satu alternatif atau solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah diatas. Banyak orang saat ini menyukai menggunakan struktur rangka atap yang terbuat dari baja ringan Galvalum atau Zincalum.

Bahan ini dapat dikatakan bahan yang anti rayap. Jadi, penguni rumah tidak perlu khawatir lagi dengan masalah rangka atap lapuk karena diserang rayap. Rangka atap jenis ini biasanya juga dikombinasikan dengan plafond berbahan Gypsum.

Rangka Atap dan Plafon Masa Kini

Plafon jenis ini tidak hanya kuat dan tahan lama, tetapi mempunyai penampilan yang bersih dan indah. Jadi, dapat disesuaikan dengan berbagai jenis desain interior yang digunakan pemilik rumah. Plafon berbahan Gypsum ini juga tersedia dalam berbagai macam pola yang dapat dipilih. Hal inilah yang membuat plafon ini digemari banyak orang, karena penampilannya yang indah. Untuk mengenal lebih jauh mengenai dua jenis bahan ini, berikut beberapa penjelasannya.

Rangka Atap Berbahan Baja Ringan Galvalum atau Zincalum

Rangka atap dengan bahan baja ringan (Truss) mempunyai beberapa keunggulan, yaitu:

  1. Bahan Galvalum/Zincalume Steel merupakan bahan yang mempunyai kualitas tinggi. Banyak perusahaan yang menawarkan rangka atap baja ringan dengan bahan ini yang memberikan garansi hingga 10 tahun. Artinya, daya tahan rangka jenis ini sangat lama. Galvalum/Zincalum ini dibuat dari HI TEN G550 43.5% Zinc + Aluminium 55% + Si 1, 5%. Ketebalan pelapisan untuk bahan ini adalah 100 gr/m2 (AZ100).
  2. Bahan baja ringan mempunyai fitur anti rayap. Selain itu, bahan ini juga tahan karat
  3. Bahan baja ringan sangat kuat, sehingga tingkat keamanan saat dipasang dan digunakan dalam rumah sangat tinggi.
  4. Ramah lingkungan
  5. Rangka atap jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam atap, seperti genteng metal, genteng keramik, genteng beton, seng, Onduline, spandek dan lainnya.

Plafond Berbahan Gypsum

Ada berbagai jenis plafond Gypsum yang dapat Anda gunakan. Beberapa merek untuk plafond jenis ini adalah Jayaboard, Aplus, GRC Versaboard, Elephant, Knauf dan lainnya. Anda dapat memilih plafond dari merek yang mempunyai standar spesifikasi seperti yang dikeluarkan pembuatnya.

Contoh Model Plafond dan Partisi Gypsum

  1. Plafond Flat Minimalis
  2. Plafond Drop Ceiling
  3. Plafond Drop Lampu Pendar/Sembunyi
  4. Plafond Drop Oval
  5. Partisi Single Side Gypsum
  6. Partisi Double Side Gypsum

Untuk mempermudah pemasangan, Anda dapat menggunakan bantuan kontraktor. Ada banyak kontraktor yang dapat membantu untuk pemasangan rangka baja ringan maupun plafond Gypsum. Salah satunya adalah Megatruss. Megatruss menyediakan layanan pemasangan rangka aap kuda-kuda dari baja ringan, serta plafon Gypsum, GRC dengan bahan Zincalum/Galvalum.

Bila Anda ingin menghubungi kontraktor rangka atap dan plafon masa kini ini, Anda dapat menghubungi kami.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id