Pencakar Langit 34 Lantai ini Menggunakan Kerangka Kayu

Posted by purnosidi
on 15/11/2016

Percaya atau tidak, pencakar langit 34 lantai ini menggunakan kerangka kayu. Jika desain arsitektur ini diterima dan dibangun hingga selesai, maka gedung ini akan menjadi gedung tertinggi di dunia dengan struktur kerangka yang terbuat dari kayu.

Desain arsitektur ini benar membuat banyak orang terkejut. Betapa tidak, desain ini menghadirkan tawaran berupa faktor daya tahan dan keramahannya terhadap lingkungan membuat kayu sebagai pilihan utama kerangka menggantikan konstruksi baja dan beton. Wow.

Pencakar Langit 34 Lantai ini Menggunakan Kerangka Kayu

Adalah C. F. Møller yang bekerja sama dengan Dinell Johansson dan Tyréns mengungkapkan bahwa kayu merupakan material yang bisa diperbarui dan lebih ringan. Selain itu juga efisien dalam biaya dan transportasi pengiriman.

Banyak orang awam tidak menyadari jika kayu berfungsi lebih baik dari pada baja dalam melawan api. Baja akan memanas jika terbakar kemudian memuai, sementara kayu jika terbakar akan semakin ringan karena kehilangan beban air yang kemudian menjadi arang sehingga api memadam.

Pencakar Langit 34 Lantai ini Menggunakan Kerangka Kayu

Semua desain baik bagian dalam dan luar benar-benar menggunakan kayu, dari mulai tiang pancang hingga balok dan langit-langit, juga tembok, bingkai jendela pada setiap lantai dan unit. Bagian jendela ekstrior yang besar akan memperlihatkan secara jelas kepada siapapun yang memandang gedung ini, tentang detail kayunya.

Pencakar Langit 34 Lantai ini Menggunakan Kerangka Kayu

Pada bagian tengah bangunan bisa menggunakan beton atau tetap menggunakan kayu sebagai bagian intinya.

Para desainernya sendiri mengatakan bahwa kayu adalah salah satu material bangunan paling inovatif yang disediakan alam. Produksikayu tidak akan menyisakan sampah dan tentu akan mengikat karbon dioksia. Kayu memilik berat yang rendah akan tetapi memiliki struktur tahan beban yang tinggi dibanding dengan sifat ringannya.

Mereka juga mengatakan bahwa sebagai sebuah konstruksi campuran maka dalam proyek ini masalah ketahanan sosial dan lingkungan menjadi masalah penting yang disertakan.

Setiap apartemen nantinya akan memiliki konsep penghematan energi, setiap beranda akan diberi kover kaca dan gedung ini sendiri akan ditenagai dengan panel surya yang berada di bagian atap.

Pencakar Langit 34 Lantai ini Menggunakan Kerangka Kayu

Pada bagian bawah yang menjadi area jalan akan ada kafe dan fasilitas untuk anak. Pada pusat komunitas, masyarakat sekitar akan bisa turut menikmati manfaat seperti area pasar, pusat kebugaran dan ruang penyimpanan sepeda

Artikel konstruksi dan arsitektur tentang gedung pencakar langit 34 lantai ini menggunakan kerangka kayu ini bersumber dari: weburbanist.com

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id