Selayang Pandang Building Maintenance PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Pembangunan infrastruktur adalah satu hal yang sangat terkait dengan perkembangan zaman. Mulai dari lingkup individu seperti pemukiman atau rumah tinggal pribadi hingga bangunan perkantoran dan pabrik membutuhkan adanya pembangunan dalam wujud fisik. Mempercayakan pembangunan pada yang terbaik tentu akan bisa memberikan hasil terbaik pula.

pemeliharaan bangunan

Salah satu pilihan terbaik untuk berbagai proyek pembangunan infrastruktur fisik baik pembangunan dari nol atau renovasi adalah PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Sepak terjangnya sudah teruji sejak tahun 2009 dalam bidang konstruksi bangunan.

Selain berkecimpung dalam bidang konstruksi bangunan dari nol yang berarti pembangunan infrastruktur secara utuh, PT Nikifour juga mengerjakan berbagai proyek yang dikenal sebagai building maintenance. Tentu pekerjaan yang dilakukan tidak sama dengan konstruksi bangunan dari nol. Oleh karena itu hal juga sudah tentu membutuhkan kemampuan, keahlian, dan penguasaan dalam berbagai aspek terkait dengan building maintenance. Namun sesungguhnya apakah itu yang dimaksud dengan building maintenance?

Memahami Dasar Building Maintenance

Pada dasarnya building maintenance dalam bahasa Indonesia berarti pemeliharaan bangunan. Hal ini merujuk pada pemeliharaan berbagai aspek dari sebuah bangunan yang mencakup struktur bangunan, instalasi listrik, dan juga saluran air. Ketika sebuah bangunan digunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan fungsi – fungsi dan fitur – fitur yang ada akan ada masanya dimana penurunan kinerja dan kualitas terjadi. Nah, disitulah building maintenance seperti yang juga dikerjakan oleh PT Nikifour Kontraktor di Karawang diperlukan. Kelalaian dalam melakukan pemeliharaan bangunan bisa berakibat fatal pada akhirnya sehingga memang hal ini perlu dilakukan secara berkala.

Tujuan utama dari building maintenance itu sendiri adalah untuk menjaga dan mengatur sebuah bangunan beserta area yang menjadi lokasi bangunan tersebut tetap dalam kondisi baik dan fungsional. Jika diperlukan adanya tindakan penyesuaian melalui modifikasi guna mencapai tujuan tersebut maka wajib dilakukan. Setiap bangunan tentu akan memiliki kebutuhan yang berbeda – beda terkait dengan building maintenance. Masalah yang harus diselesaikan bisa sesederhana kebocoran kran air hingga mungkin keretakan beton pada bagian – bagian penting bangunan.

Masalah – masalah yang cenderung masuk dalam kategori ringan atau kecil seperti keran bocor, kabel putus, soket lampu tidak teraliri listrik, dan sebagainya masih memungkinkan untuk ditangani oleh pihak pemelihara bangunan itu sendiri. Namun ketika masalahnya masuk dalam kategori berat atau besar seperti saluran pembuangan air yang mampet atau genangan air di basement yang sulit diterka sumbernya tentu membutuhkan kontraktor profesional seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Penanganan building maintenance dengan menggunakan jasa kontraktor independen memungkinkan hasil yang lebih maksimal jika dibandingkan hanya mempercayakan pada pihak pemelihara gedung. Pihak independen biasanya akan melakukan inspeksi secara menyeluruh dengan ketelitian tinggi sehingga tidak akan ada masalah yang terlewatkan. Selanjutnya hasil dari inspeksi tersebut akan digunakan untuk memperhitungkan sumber daya yang diperlukan dalam proses pemeliharaannya. Laporan akhir akan didiskusikan dengan pemilik bangunan yang biasanya perusahaan untuk kemudian merujuk pada keputusan dilakukannya pemeliharaan bangunan.

Tentu masih sangat bisa dan sering ditemukan pihak – pihak yang cenderung meremehkan pentingnya pemeliharaan bangunan ini. Sudah pernah masuk ke toilet sebuah bangunan yang ternyata keran airnya tidak bisa ditutup rapat hingga air mengucur terus? Atau pernah melihat satu ruangan dengan titik – titik lokasi lampu yang kosong atau berlampu tetapi tidak hidup? Itu adalah contoh kecil dari menganggap remeh pemeliharaan bangunan.

PT Nikifour Kontraktor di Karawang menjamin building maintenance yang dikerjakan mampu memberikan hasil yang maksimal. Hal tersebut didukung oleh pengalaman selama 10 tahun dan juga oleh tenaga – tenaga yang memang sudah ahli dan profesional. Dari ratusan pekerjaan yang dilakukan oleh PT Nikifour pada tahun 2019 lalu, banyak diantaranya yang merupakan pemeliharaan bangunan. Ini menunjukkan kepercayaan public pada PT Nikifour untuk memastikan bangunan – bangunan mereka terjaga kondisi dan fungsinya.

Hal Pokok dalam Building Maintenance

Cakupan dari pemeliharaan bangunan tentu sangat luas karena apapun bisa terjadi dan mempengaruhi kondisi serta fungsi dari sebuah bangunan yang digunakan dalam waktu lama. Seperti halnya kendaraan bermotor yang secara berkala harus diganti olinya, dibersihkan saringan udaranya, disetel ulang sistem pasokan bahan bakarnya dan lain sebagainya, pemeliharaan bangunan merujuk pada hal tersebut. Ada bagian – bagian yang menjadi pokok atau fokus utama ketika melakukan pemeliharaan bangunan.

Hal – hal terkait dengan saluran air merupakan salah satu bagian pokok dari bangunan yang wajib diperiksa dalam building maintenance. Hal ini dikarenakan saluran air merupakan bagian yang setiap hari difungsikan berkali – kali. Sangat mungkin ada bagian – bagian dari sistem saluran air yang sudah berkurang fungsinya sehingga perlu ditangani segera. Saluran air di kamar mandi, penyiram tanaman, kolam – kolam, dan sistem pemadam apii wajib diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan perlu tidaknya dilakukan pemeliharaan.

Selain itu kontraktor independen seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang juga akan memeriksa sistem kelistrikan di bangunan yang menginginkan adanya building maintenance. Bagian kelistrikan juga merupakan bagian yang setiap hari digunakan berkali – kali untuk berbagai keperluan. Saluran listrik utama yang memberikan daya untuk bagian dalam bangunan serta bagian luar bangunan perlu diperiksa apakah berfungsi dengan semestinya. Berbagai fasilitas dan fitur yang membutuhkan listrik juga perlu diperiksa serta dipastikan kondisi instalasinya.

Kemudian berbagai hal yang ada di luar bangunan namun masih dalam lingkup wilayah bangunan tersebut juga perlu diperiksa. Atap bangunan perlu dilihat apakah ada bagian yang mengalami kerusakan dan menyebabkan kebocoran atau tidak. Saluran pembuangan air khususnya air hujan juga wajib dilihat apakah lancar dan berfungsi seperti seharusnya atau tidak. Lalu apakah ada hal – hal di luar bangunan yang memberi dampak buruk bagi wilayah terdekat dengan bangunan juga wajib diperiksa dan dilakukan tindakan seperlunya.

Seperti sudah disebutkan di awal bahwa ada pemeliharaan bangunan yang harus dilakukan rutin setiap hari dan itu masuk dalam kategori ringan. Pihak pengelola bangunan bisa melakukan itu setiap hari. Namun ketika menemukan hal – hal atau masalah – masalah yang dirasa cukup berat tentu wajib untuk segera melaporkan pada perusahaan atau pengguna bnagunan agar diagendakan inspeksi terkait building maintenance.

Pemeliharaan bangunan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh dianggap remeh sama sekali. Selain akan terlihat buruk secara visual, bangunan yang tidak dirawat dan dipelihara akan menjadi bangunan yang berbahaya untuk digunakan dan difungsikan setiap hari. Tentu akan sangat memalukan ketika sebuah bangunan milik perusahaan besar terlihat tidak terawat dan ada banyak fasilitas serta fitur di dalamnya yang tidak berfungsi dengan semestinya. Jadi tidak perlu ragu untuk menghubungi kontraktor independen seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang yang selalu siap sedia dalam mengerjakan building maintenance secara berkala.

March 1, 2020
Perawatan Cat Dinding Kantor Secara Rutin

Perawatan Cat Dinding Kantor Secara Rutin Untuk Hasil Yang Optimal: Hemat Uang dan Waktu 

Kusam, monoton dan menjenuhkan akan menciptakan iklim kerja yang tidak sehat. Warna tembok kantor Anda harus diubah yg baik lalu dirawat yang benar. Bagaimanakah perawatan […]
February 28, 2020
Kontraktor Karawang untuk Pemeliharaan Gedung, Rumah, Kantor dan Pabrik

Kontraktor Karawang untuk Pemeliharaan Gedung, Rumah, Kantor dan Pabrik

Kami PT Nikifour Kontraktor di Karawang hadir untuk solusi Pemeliharaan Gedung, Rumah, Kantor dan Pabrik. Kami Menyediakan Segala Kebutuhan maintenance bangunan. Kami perusahaan konstruksi terdepan […]
February 27, 2020
Nama Bahan Bangunan

Mengenal Nama Bahan Bangunan Untuk Kebutuhan Harian Rumah

Pernahkah Anda kebingungan dalam menyebut nama bahan bangunan atau material yang seringkali dipakai? Di toko bahan bangunan juga tersedia berbagai bahan material bangunan dari ukuran […]
February 25, 2020
Tantangan dalam Building Maintenance PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Tantangan dalam Building Maintenance PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Sebuah proyek building maintenance atau pemeliharaan bangunan yang menjadi tugas kontraktor seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang memiliki tantangannya sendiri. Building maintenance jelas tidak seperti […]
February 25, 2020
Tips Building Maintenance

Tips Building Maintenance Bangunan Komersial PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Pemeliharaan bangunan atau sering disebut sebagai building maintenance merupakan hal penting yang biasanya dilakukan oleh kontraktor bangunan independen seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang. Hal […]
February 27, 2016

Kontraktor Karawang Jasa Perawatan Gedung dan Kantor

Mencari perusahaan kontraktor Karawang jasa perawatan gedung dan kantor? Tahukah Anda jika pemeliharaan gedung dan kantor menjadi lebih mudah dengan bantuan Nikifour ? Nikifour kontraktor terbaik memang […]
January 30, 2016
Pemeliharaan Gedung Lebih Mudah Dengan Bantuan Nikifour

Pemeliharaan Gedung Lebih Mudah Dengan Bantuan Nikifour

Pembaca sebagai perusahaan kontraktor dengan visi menjadi yang terdepan di Karawang, kami memiliki banyak pengalaman menangani proyek-proyek kontruksi dan engineering. Juga maintenance sebuah objek konstruksi […]
Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..