Konstruksi Rangka Atap Rumah Kayu atau Baja Ringan?

Posted by purnosidi
on 22/12/2016
Konstruksi Rangka Atap Rumah Kayu atau Baja Ringan

Pilihan konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta. Atap merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan dan juga tanpa anda sadari atap merupakan hal yang penting dan paling menarik perhatian bagi setiap orang yang melihatnya. Atap merupakan bagian yang paling mudah untuk dilihat mata dari kejauhan. Tidak jarang kita mencari suatu bangunan dengan bentuk dan warna atapnya yang unik.

Atap merupakan suatu penutup pada bangunan yang terletak di bagian atas, atau suatu benda yang digunakan untuk menutup bagian atas bangunan yang dapat melindungi bangunan dan juga penghuninya, baik secara psikis maupun fisik. Perlindungan psikis bersifat abstrak, yang dimaksud dengan perlindungan psikis adalah perlindungan terhadap manusia yang berada dibawah perlindungan bangunan tersebut akan merasa nyaman dan lebih tenang, sedangkan perlindungan fisik adalah perlindungan terhadap apapun yang dapat merusak bangunan maupun ancaman terhadap manusia yang ada dibawah nya.

Konstruksi Rangka Atap Rumah Kayu atau Baja Ringan

Peranan atap terhadap bangunan dibawah nya maupun manusianya sangat penting dalam memberikan perlindungan. Sedangkan fungsi utama dari atap yaitu untuk melindungi bangunan dari segala bentuk perubahan cuaca, mulai dari hujan, panas, angin, debu, petir, salju, dam lain sebagainya. Selain itu atap juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap struktur bangunan dengan menutupi ruangan yang terdapat dibawah nya, atap juga berfungsi untuk mencegah air hujan masuk kedalam bangunan, mencegah panas yang berlebihan, dan juga dapat mengurangi gerakan angin. Hingga sekarang ini peran atap sangat mempengaruhi nilai estetika suatu bangunan.

Fungsi Atap Rumah

Atap rumah memiliki peranan yang sangat penting untuk melindungi bangunan maupun penghuni yang bernaung di bawah nya. Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Berikut merupakan fungsi dari atap rumah:

  • Atap rumah berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari dan tetap menjaga agar ruangan tetap dingin, sebab atap dapat menyerap panas yang berlebih.
  • Atap rumah juga berfungsi sebagai pelindung untuk dapat menghindari masuknya air hujan kedalam ruangan.
  • Sebagai penahan tekanan angin yang berasal dari arah horizontal.
  • Selain itu fungsi lain dari atap sebuah rumah adalah sebagai menerima beban dari diri sendiri yakni beban kuda – kuda dan juga bahan pelapis yang memiliki arah vertikal dan pada kolom serta pondasi rumah.

Bagian – bagian Atap Rumah

Atap memiliki 3 komponen utama yang menyusun sebuah atap. Komponen – komponen tersebut adalah:

Struktur Atap

Struktur atap merupakan bagian pad atap yang menahan beban – beban yang berasal dari atap. Sedangkan struktur atap sendiri dibagi menjadi bagian rangka atap dan juga penopang dari rangka atap. Di sini rangka atap berfungsi untuk menahan beban dari bahan penutup atap, rangka atap pada umumnya berupa susunan balok baik dari kayu, beton, baja dan tersusun secara vertikal maupun horizontal.

Sementara penopang rangka atap merupakan sebuah balok – balok kayu yang tersusun membentuk sebuah segitiga dan biasa disebut dengan istilah kuda – kuda. Berikut merupakan bagian – bagian dari atap:

Jurai

Jurai merupakan bagian yang tajam pada sebuah atap, dan merupakan titik – titik pertemuan pada atap, mulai dari berbahan baja, kayu, bahkan framework. Jurai dikelompokkan menjadi dua bagian dan sesuai dengan letak dari posisinya, yakni jurai dalam dan jurai luar. Jurai dalam terletak pada bagian dalam dari struktur atap, sedangkan jurai luar terletak pada bagian luar dari struktur atap.

Bubungan (Nok)

Bubungan merupakan bagian dari struktur atap yang letaknya paling atas, dan bubungan pasti dalam keadaan datar serta pada umumnya bubungan menentukan arah pada sebuah bangunan.

Gording

Gording memiliki kegunaan sebagai alat untuk membagi bentangan atap. Gording juga memiliki peran penting dalam meneruskan beban yang ada pada penutup atap, usuk, dan juga reng. Gording pada umumnya dipasang tepat diatas kuda – kuda dan tegak lurus. Ini difungsikan agar gorden dapat digunakan untuk tumpuan pada usuk dan posisinya disesuaikan dengan panjang usuk. Bahan yang biasa digunakan untuk gording adalah kayu, baja canal, dan baja WF.

Kasau

Kasau merupakan struktur atap yang letaknya diatas gording dan biasanya menjadi dudukan reng.

Reng

Reng sendiri merupakan batang yang digunakan untuk tumpuan pada bahan penutup atap dan diteruskan ke beban usuk. Reng merupakan komponen pada struktur atap yang memiliki ukuran dan juga bentuk yang kecil. Letak dari reng melintang diatas kasau. Selain itu reng juga biasa digunakan untuk pengatur jarak dari setiap genting, agar genting tersusun rapi dan sejajar. Jarak reng tergantung terhadap besarnya genting. Semakin besar ukuran genting yang digunakan makan semakin sedikit reng yang digunakan dan membuat biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Penutup Atap

Penutup atap merupakan bagian dari atap yang fungsinya untuk menutupi keseluruhan dari atap dan berasa di bagian luar pada atap. Berbagai pilihan penutup atap dengan bentuk dan juga sifat yang berbeda – beda tentunya. Faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah penutup atap adalah faktor keringanan, faktor keawetan, dan faktor keindahan atau kecocokan. Faktor keringanan ini artinya material yang digunakan haruslah ringan agar tidak membebani struktur pada atap. Untuk faktor keawetan, yang dimaksud dengan keawetan adalah keawetan terhadap segala cuaca, mengingat letak dari penutup berada di bagian atas dari sebuah bangunan. Sedangkan faktor lain yaitu faktor keindahan, yang dimaksud dengan faktor keindahan adalah kecocokan nya terhadap desain rumah, agar rumah atau bangunan terlihat semakin indah.

Pelengkap Atap

Selain dari kedua komponen diatas, komponen pelengkap pada sebuah atap juga dibutuhkan. Disebut sebagai pelengkap sebab sifat pada bagian ini tidak harus dipenuhi, hal ini dikarenakan hanya untuk mendukung struktural dan nilai estetika pada sebuah bangunan. Bagian pelengkap tersebut antara lain adalah:

Lisplang

Lisplang ini dapat membuat susunan kasau menjadi kokoh dan tidak berubah. Pemasangan rangka penahan atap batang kasau hanya akan ditahan oleh paku – paku dan memungkinkan posisi kasau bergeser. Sehingga lisplang berfungsi untuk mengunci pada susunan kasau agar berada pada tempatnya. Lisplang juga berfungsi sebagai alat untuk menutupi kasau uang berjejer pada bagian bawah dari susunan genting atau bahan penutup atap yang lain. Dengan adanya lisplang maka tampilannya akan lebih rapi.

Talang

Talang merupakan sebuah saluran air yang letaknya di bagian atap dan memiliki fungsi agar bisa mengarahkan air yang akan jatuh ke tanah. Talang pada umumnya dipasang mendatar dan disalurkan ke bawah dengan pipa air vertikal.

Macam Atap Rumah

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Macam – macam atap rumah adalah sebagai berikut:

  • Atap Datar, atap datar merupakan atap yang permukaannya berbentuk agak datar dan sedikit miring. Biasa digunakan untuk atap sebuah teras rumah. Atap ini sangat sulit pemeliharaannya, sebab jika bocor cukup sulit dideteksi.
  • Atap Sandar, atap ini disebut juga dengan atap tempel, sebab pada bagian tepi atasnya menempel atau bersandar pada dinding bangunan.
  • Atap Pelana, atap bentuk pelana merupakan atap yang dianggap paling aman, sebab pemeliharaannya cukup mudah, sebab jika terjadi kebocoran akan mudah dideteksi dan segera diperbaiki. Atap pelana memiliki 2 bidang miring yang pada ujung atasnya bertemu pada satu garis lurus.
  • Atap Perisai, atap ini merupakan penyempurnaan dari atap pelana, terdiri dari dua bidang atap miring yang berbentuk trapesium dan dua bidang atap berbentuk segitiga dengan kemiringan yang juga sama.
  • Atap Tenda, atap dengan 4 bidang atap dengan 4 jurai yang punya ukuran, bentuk, dan juga lereng yang sama, serta bertemu pada satu titik.

Syarat Membuat Atap Rumah

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Untuk dapat membuat atap rumah dengan baik, maka akan lebih baik jika memperhatikan syarat – syarat berikut:

  • Bentuk atap sesuai dengan konsep dari bangunan yang sudah direncanakan dari awal.
  • Pada tingkat kemiringan atap, sebaiknya juga memperhatikan pada bahan apa yang digunakan untuk penutup atap.
  • Untuk pemilihan pada bahan penutup atap, sebaiknya disesuaikan dengan tujuan dari dibangunnya bangunan tersebut dan juga tentunya harus dengan bahan yang tahan terhadap segala macam cuaca dan juga temperatur.
  • Konstruksi atap harus kuat sehingga dapat menahan beban sendiri dan juga segala beban yang mengenainya.

Atap Kayu dan Atap Baja Ringan

Atap Kayu

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Sebelum adanya penebangan hutan secara liar dan juga besar – besaran serta tidak memperhatikan lingkungan, rangka atap kayu sangat murah dan banyak digemari oleh masyarakat daripada rangka atap baja ringan. Kelebihan dari atap kayu pun bermacam – macam. Balok kayu akan lebih tahan terhadap api jika dibandingkan dengan baja. Dengan menggunakan atap kayu juga tidak membutuhkan seseorang yang ahli dalam pemasangannya, karena pemasangannya cukup mudah dalam pemasangannya.

Dalam menggunakan rangka atap kayu, penggunaannya akan lebih fleksibel, mengingat atap kayu dapat dibentuk dan dipotong sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan secara fleksibel. Dengan menggunakan atap kayu juga akan membuat penampilan dari bangunan terlihat lebih alami.

Namun dibalik kelebihan dari atap kayu, kekurangan yang dimiliki dari menggunakan atap kayu adalah atap kayu tidak tahan terhadap rayap, sehingga dapat merusak struktur atap dan juga mudah terbakar. Atap kayu juga dapat menyusut dan mengembang sesuai dengan temperatur yang ada.

Atap Baja Ringan

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Sekarang ini rangka baja ringan mulai menggantikan kayu yang notabene dari dulu hingga sekarang sudah digunakan untuk sebuah kerangka pada bangunan utama dan juga atap rumah. Akibat dari penebangan hutan secara liar membuat bangunan dengan bahan baku kayu mulai berkurang, hal ini merupakan sebuah wujud kepedulian terhadap lingkungan dan melestarikan bumi. Sehingga kini kayu mulai digantikan dengan baja ringan.

Banyaknya penebangan kayu secara liar dan juga besar – besaran serta tidak ramah lingkungan membuat berbagai produk industri berbondong – bondong menghasilkan inovasi baru. Salah satu yang menghasilkan produk baru adalah perusahaan konstruksi atau bahan bangunan. Seiring munculnya konsep pembangunan ramah lingkungan yang lebih menekankan pada peningkatan efisiensi dalam menggunakan air, material bangunan, dan energi, berawal dari pembangunan, desain, hingga pemeliharaan bangunan itu ke depannya.

Saat ini material baja ringan menjadi tren tersendiri sebagai material bangunan, pada rangka atap baja ringan lebih populer jika dibandingkan dengan material baja yang lainnya. Hal ini disebabkan gencarnya pengiklanan mengenai rangka atap baja ringan yang menggantikan rangka kayu, yang notabene dari dahulu sudah menjadi bahan bangunan utama. Selain itu sekarang ini rangka kayu semakin mahal sehingga menggunakan rangka baja ringan menjadi salah satu alternatif pengganti rangka kayu.

Dengan menggunakan atap baja ringan akan mampu menopang beban berat yang ada di bagian atap rumah anda. Efisiensi waktu dalam proses pemasangan juga menjadi salah satu alasan sekarang ini banyak yang menggunakan kerangka atap baja ringan, mudahnya dalam pemasangan juga menjadi salah satu alasan yang mendasari penggunaan atap baja ringan kini semakin populer. Produk atap baja ringan yang baik memiliki sifat yang ramah lingkungan, hal ini disebabkan karena menggunakan material yang juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi maraknya penebangan secara liar.

Kelebihan Atap Baja Ringan

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Penggunaan atap baja ringan tentu saja memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan menggunakan rangka atap kayu. Berikut kelebihan yang diperoleh dengan menggunakan rangka atap baja ringan pada hunian atau bangunan anda:

  • Konstruksi baja tentunya berbeda dengan bahan kayu yang bisa rapuh dimakan rayap. Pada baja tentunya anti rayap yang dapat membuat rangka atap keropos dan merusak struktur bangunan.
  • Kualitas dari rangka atap baja tentunya akan bertahan lama, dan tidak akan lapuk dimakan usia mengingat baja tahan terhadap temperatur tinggi maupun rendah.
  • Dalam hal proses pemasangannya, konstruksi baja akan lebih cepat selesai dan tidak memakan waktu lama, sebab segala sesuatu sudah siap di pabrik dan pada saat di lapangan hanya memasang bagiannya.
  • Rangka atap baja ringan ini sangat ringan sehingga tidak memberatkan struktur bangunan anda.
  • Konstruksi baja tentunya tidak akan membuat api semakin besar apabila terjadi kebakaran, dan berbeda dengan kayu yang dapat membuat api semakin besar.

Kekurangan Atap Baja Ringan

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Pada setiap bahan dan barang jika memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Demikian pula dengan konstruksi atap baja ringan, ada beberapa kekurangan yang dimiliki, berikut adalah kekurangan dari rangka atap baja ringan:

  • Dalam membuat atap baja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan memerlukan gambaran kerja yang benar sehingga nantinya atap dapat dibangun dan berfungsi dengan baik.
  • Dalam memilih material perlu dilakukannya perhitungan struktur yang teliti dan kuat serta akurat. Hal ini dikarenakan, jika terjadi suatu kesalahan maka atap baja akan roboh dan tidak dapat digunakan.
  • Konstruksi baja termasuk kedalam golongan material bangunan yang cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan bangunan yang lainnya. Akan tetapi sekarang ini dengan langkanya bahan kayu sehingga membuat bahan baja lebih murah jika dibandingkan dengan kayu, dan mulai banyak digunakan.
  • Apabila dilihat dari tampilannya, rangka atap baja tidak menarik dan perlu adanya platform atap untuk langit – langit rumah anda agar terlihat cantik dan indah.
  • Konstruksi baja tentunya tidak dijual secara bebas yang dimana saja ada, anda harus memesan kepada supplier rangka atap baja ringan yang juga menawarkan harga perencanaannya.

Untuk melindungi bumi dan menjaga kelestarian bumi, akan lebih baik jika mengurangi penggunaan kayu sebagai bahan pembangunan. Dan dengan menggunakan baja ringan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk anda yang ingin meninggikan bangunan atau membuat rumah dua lantai dengan cepat dan hemat, sekarang ini banyak jasa kontraktor yang menyediakan jasa untuk pembangunan rumah anda.

Konstruksi rangka atap rumah kayu atau baja ringan? Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta merupakan jasa penyedia kontraktor bangunan dengan bahan baja ringan yang tentunya dapat menjaga kelestarian lingkungan.

Save

Save

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id