Jenis-Jenis Bahan Bangunan yang Banyak Digunakan

Posted by purnosidi
on 20/03/2015
Bahan Bangunan yang Banyak Digunakan

Salah satu unsur penting dalam sebuah bangunan adalah bahan yang digunakan. Bahan dengan kualitas tinggi tentunya akan menjadikan bangunan tersebut mempunyai kualitas yang tinggi pula, baik dari sisi daya tahan, kekuatan dan lain sebagainya. Tulisan ini adalah sekelumit yang akan menginformasikan pada anda tentang jenis-Jenis bahan bangunan yang banyak digunakan.

6 Bahan bangunan yang banyak digunakan

Banyak perusahaan yang memang memperhatikan dan meneliti dengan lebih dalam mengenai bahan yang akan digunakan dalam proyek, agar hasil bangunan mereka berkualitas dan tahan berbagai masalah. Salah satu cara yang digunakan untuk melihat dan memilih, apakah bahan yang akan digunakan mempunyai kualitas yang baik adalah dengan melihat penampilan fisik bahan tersebut. Selain itu, diperlukan juga proses uji bahan di laboratorium, untuk mengetahui lebih dalam mengenai kualitas bahan tersebut.

Tetapi, yang tidak kalah penting adalah memilih bahan-bahan yang tepat. Mungkin, untuk kalangan yang berkecimpung dalam bidang ini, mereka sudah hafal dan paham mengenai jenis-jenis bahan untuk membangun sebuah bangunan. Namun, bila Anda masih awam dengan masalah ini, berikut beberapa penjelasan, mengenai bahan-bahan yang sering digunakan dalam bangunan.

1. Beton

Beton merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk membangun bangunan. Beton dibentuk dari campuran beberapa bahan lainnya, yaitu pasir, semen, batu dan lainnya. Setelah dicampur, bahan-bahan ini dituangkan dalam cetakan yang ada dalam bangunan. Nantinya, bahan yang dicetak ini akan menjadi bagian dari bangunan tersebut. Dari sisi kekuatan, beton mempunyai beberapa kriteria tingkat kuat tekan. Tetapi, Anda dapat melihat ukuran kekuatan ini dari simbol yang ada pada beton, misalnya K-250 artinya beton tersebut mempunyiak tingkat kuat tekan sebesar 250 kg/m2.

2. Semen

Semen merupakan bagian terpenting dari bangunan. Tanpanya, bahan-bahan bangunan tidak akan dapat menyatu. Fungsi semen adalah sebagai bahan pengikat agregat-agregat dan nantinya, bahan-bahan tersebut akan membentuk bahan yang lebih kuat, yaitu batu beton. Untuk mendapatkan semen, Anda dapat membelinya dari toko bangunan. Semen dijual dalam satuan Zak atau kg. 1 Zak semen sendiri mempunyai berat sekitar 40 kg hingga 50 kg.

3. Besi Beton

Besi beton mempunyai fungsi untuk menahan gaya tarik yang terjadi pada konstruksi bangunan yang menggunakan bahan beton. Besi beton mempunyai bentuk seperti besi batangan dan mempunyai penampang berbentuk lingkaran yang berfungsi untuk menyatukan besi tersebut. Bila Anda ingin mengetahui berat besi per m, Anda dapat menggunakan tabel berat besi.

4. Bekisting

Bekisting adalah bahan atau lebih tepat disebut konstruksi yang digunakan untuk membentuk beton. Dapat pula dikatakan, bekisting adalah cetakan beton. Bekisting dibuat dengan bahan kayu yang mudah dibentuk. Bentuk bekisting sesuai dengan bentuk bangunan atau bagian bangunan yang ingin dibangun dengan menggunakan bahan beton.

5. Pasir

Pasir juga dapat dikatakan sebagai bahan utama dari sebuah bangunan, layaknya semen. Pasir sebagai bahan bangunan yang banyak digunakan, menjadi campuran untuk mengikat bahan-bahan lainnya. Pasir juga digunakan untuk membuat beton pada bagian sebuah bangunan. Untuk mengetahui kualitas pasir, dibutuhkan beberapa tes. Biasanya, terdapat 3 jenis tes yang digunakan, yaitu tes besat butiran, tes kadar lumpur dan juga tes organik.

6. Batako

Batako sebagai bahan bangunan yang banyak digunakan pada dasarnya mempunyai bahan yang sama dengan beton. Akan tetapi, proses pencetakan beton pada batako tidak dilakukan pada saat membangun bangunan. Batako dicetak lebih dahulu agar mudah digunakan untuk membangun bangunan. Dapat dikatakan, batako seperti batu bata, tetapi lebih kuat. Batako dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari dinding, lantai, taman maupun lainnya. Biasanya, batako yang dapat dibeli di pasaran mempunyai ukuran 10 cm x 20 cm x 40 cm.

Selain 6 jenis material diatas, ada juga banyak material jenis lainnya, seperti ubin keramik, cat, bahan pembuat pintu, jendela dan lainnya. Kini, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis material bangunan yang baru yang diciptakan menggunakan teknologi modern saat ini. Bahan-bahan bangunan baru ini mempunyai kekuatan lebih baik, serta penggunaan yang lebih mudah yang membuatnya digunakan oleh PT Nikifour karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman dan perusahaan besar lainnya.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id